Wisata Kuliner Yuk di Mamuju, Berikut 5 Makanan Khas Sulawesi Barat

Ketika mengunjungi Mamuju tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Sulawesi Barat yang menggugah selera dengan cita rasa yang nikmat.

Wisata Kuliner Yuk di Mamuju, Berikut 5 Makanan Khas Sulawesi Barat
Binte biluhuta makanan khas Sulawesi Barat

Mamuju sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Barat menyajikan kuliner yang memiliki cita rasa khas nusantara. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Mamuju wajib menyantap makanan khas Sulawesi Barat.

Banyak diantaranya menjadi ketagihan setelah mencicipi makanan khas Sulawesi Barat. Kuliner nusantara terkenal dengan bumbu-bumbu masakan yang kaya rempah sehingga tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Berikut ini beberapa makanan khas Sulawesi Barat yang harus dicicipi ketika berkunjung atau berlibur ke Mamuju.

1. Toppa Ikan Tuna

Toppa ikan tuna merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang paling populer. Bahan utamanya tentu berasal dari ikan tuna.

Pengolahan ikan tuna yakni setelah dibersihkan lalu dimasak dengan bumbu toppa ikan tuna. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, jeruk nipis dan kunyit.

Rasa yang disajikan dari toppa ikan tuna yaitu gurih dan nikmat. Dengan warna kuning yang berasal dari bumbu menjadi daya tarik untuk segera menyantapnya.

2. Bau Peapi

Bau Peapi adalah makanan khas Sulawesi Barat yang disajikan untuk disantap dengan nasi. Bahan utama bau peapi adalah ikan seperti ikan tuna atau ikan cakalang.

Kuliner asli dari suku Mandar ini merupakan masakan yang berkuah dengan rempah pilihan. Adapun bumbunya terdiri dari bawang merah, cabai, kunyit, merica, asam mangga dan garam.

Bau peapi berasal dari bahasa Mandar, bau artinya ikan dan peapi artinya memasak. Jadi bau peapi maksudnya ikan yang dimasak atau direbus.

Proses memasak bau peapi ini masih secara tradisional yaitu menggunakan tungku kayu bakar. Sehingga aroma dari bau peapi ini benar-benar menggugah selera.

3. Binte Biluhuta

Binte biluhuta ialah salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang memiliki cita rasa yang komplit. Khususnya rasa pedas dari cabai rawit menambah kenikmatan bagi pecinta pedas.

Makanan khas Sulawesi Barat ini bahan utamanya yakni jagung manis. Pada dasarnya binte biluhuta seperti sup jagung karena jagung manis disajikan dengan kuah.

Dalam proses memasak binte biluhuta, jagung manis tidak hanya direbus namun juga dimasukkan ikan, udang dan sayuran yang telah dibumbui.

Bahan-bahan untuk membuat binte biluhuta selain jagung manis dan ikan antara lain kelapa parut, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi dan air jeruk nipis. Serta bumbunya seperti bawang merah, cabai merah dan cabai rawit.

4. Tumpi-tumpi

Sulawesi Barat memiliki kekayaan alam berupa ikan sehingga tak heran jika makanan khas Sulawesi Barat kebanyakan berasal dari olahan ikan.

Masyarakat Sulawesi Barat memanfaatkan ikan hasil laut untuk diolah menjadi makanan yang lezat bahkan diminati pecinta kuliner di seluruh Indonesia.

Tumpi Tumpi dibikin dengan bahan utama yaitu ikan kecil seperti ikan teri. Ikan teri tersebut ditambah dengan kelapa parut goreng dan diberi tepung.

Kemudian adonan tersebut dibentuk segitiga. Setelah itu dibalur dengan telur dan digoreng. Tumpi tumpi biasanya disantap sebagai menu berbuka puasa.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat tumpi-tumpi antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, merica dan asam.

5. Ikan Terbang Asap

Makanan khas Sulawesi Barat lainnya adalah ikan terbang asap. Ikan terbang asap yaitu ikan terbang yang dimasak dengan cara pengasapan.

Cara pengasapan ikan terbang adalah ikan terlebih dahulu direndam dengan air garam kemudian diletakkan di atas rak pengasapan yang terbuat dari bambu.

Kemudian pengasapan ikan terbang sampai berwarna kecoklatan. Ikan terbang dikatakan matang apabila kulitnya menggelap dan daging ikan menjadi keras. Saat proses pengasapan, semakin banyak asap maka semakin cepat proses matangnya.

Setelah matang ikan terbang asap dapat langsung dimakan. Biasanya menyantap ikan terbang asap bersama lontong yang sudah dimasak dengan santan beserta sambal khas dan acar sebagai pelengkapnya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Sulawesi Barat yang wajib dicoba ketika melancong ke Mamuju.