Tips Alami Atasi Kucing Muntah Dengan Bahan Di Sekitar Anda

Kenapa kucing muntah? Bagaimana cara untuk atasi kucing muntah secara alami? Adakah bahan di sekitar kita yang baik untuk meredakan kucing muntah?

Tips Alami Atasi Kucing Muntah Dengan Bahan Di Sekitar Anda

Anda termasuk cat lover yang belakangan dibuat panik karena kucing kesayangan di rumah jadi suka muntah. Sebenarnya bisa lho untuk atasi kucing muntah dengan cara alami.

Sebenarnya kucing muntah tak selalu menjadi tanda bahaya. Sesekali kucing justru perlu untuk muntah terutama bila anabul kita ini memiliki bulu cukup tebal atau panjang.

Ketika mereka menjilat bulunya sendiri saat grooming, sebenarnya ada beberapa bulu rontok yang turut masuk ke mulutnya dan tertelan. Satu-satunya solusi untuk atasi ini adalah dengan muntah.

Karena dengan muntah bulu-bulu ini tidak menyatu dan menyumbat saluran pencernaannya. Justru bila terbentuk sumbatan, bisa menjadi masalah serius untuk kesehatan si anabul.

Tetapi, kadang kucing muntah terus menerus, apalagi bila disertai gejala tidak doyan makan dan terlihat lesu. Bisa jadi kucing Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

Atasi kucing muntah dengan cara alami

Untuk membantu atasi kucing muntah secara alami, Anda bisa coba beberapa cara alami berikut ini.

Berikan kunyit

Kunyit termasuk herbal yang dianggap aman untuk kucing. Kunyit terbukti efektif atasi keluhan asam lambung tinggi, iritasi lambung atau radang tenggorokan pada kucing yang juga bisa memicu efek muntah.

Apalagi bila ketika Anda membersihkan muntahan kucing, Anda juga mencium aroma asam. Ini besar kemungkinan asam lambung anabul sedang tinggi. Cara alami dengan memberikan kunyit bisa menjadi solusi dengan pemberian 1 hari sekali dalam 3-5 hari.

Anda bisa lakukan beberapa pilihan cara berikut untuk memasukan kunyit pada kucing. Masalahnya kucing biasanya kurang suka dengan aroma dan rasa getir dari kunyit.

Jadi, Anda bisa parut 1 ruas kunyit, tambahkan 1 sendok teh air panas dan peras, kemudian masukan air larutan tadi kedalam pipet, kemudian masukan  dengan didorong tepat di dekat pangkal tenggorokan kucing.

Cara kedua, Anda bisa gunakan parutan tadi atau gunakan bubuk kunyit, masukan ke dalam kapsul kosong. Lalu berikan pada kucing layaknya memberikan obat kapsul atau tablet biasa.

Berikan batang Sereh

Yang satu ini malah sebenarnya lebih mudah Anda lakukan. Bila kucing terlihat tidak fit apalagi sampai muntah muntah, Anda bisa coba berikan batang sereh segar ke kucing.

Tidak perlu dihaluskan, ajak saja kucing bermain dengan sereh yang panjang dan menjuntai layaknya bermain dengan tongkat kucing. Biarkan dia sesekali mengunyah batang sere tersebut.

Pastikan tidak ada potongan besar yang masuk supaya tidak tersedak. Tetapi biarkan bila dia menelan potongan kecil dari sereh yang dia gigiti dan kunyah tadi.

Dalam sereh terdapat varian atsiri yang bekerja efektif mengatasi iritasi pada lambung. Kandungan sereh juga baik untuk atasi muntah kucing karena radang tenggorokan atau karena asam lambung tinggi.

Sereh juga baik untuk atasi keluhan tubuh dengan demam sedang hingga rasa pegal-pegal. Jangan salah kucingpun kadang mengalami keluhan semacam ini. Lakukan dalam 3-4 hari untuk hasil terbaik.

Berikan larutan Jahe Madu

Cek muntah kucing, bila terlihat seperti berbuih dan perutnya kembung, maka kasus muntah kucing terjadi karena adanya tumpukan gas dalam perutnya. Kadang kita berasumsi ini karena masuk angin.

Untuk keluhan semacam ini, terapi dengan air madu dan jahe bisa menjadi pilihan. Parut jahe dan tambahkan air panas 1 sendok teh. Kemudian peras dan tambahkan sedikit madu.

Masukan cairan tadi ke dalam pipet dan masukan ke dalam mulut kucing dengan sedikit Anda dorong ke pangkal mulut. Biasanya, nanti kucing akan terus menerus buang angin setelahnya.

Jahe memiliki manfaat baik untuk atasi mual dan kembung. Jadi terapi ini akan efektif atasi keluhan tersebut pada kucing.

Jadi, ternyata Anda bisa bukan atasi kucing muntah dengan cara-cara alami. Pahami dulu kenapa kucing muntah dan bagaimana kondisi kucing untuk menemukan herbal yang tepat. Bila kondisi muntah tak kunjung berhenti, segera larikan ke dokter hewan terdekat.