Tempat Wisata Seru Selain Mekkah dan Madinah di Arab Saudi

Tempat Wisata Seru Selain Mekkah dan Madinah di Arab Saudi
Foto: Google Maps/Osama Mansour

Arab Saudi merupakan negara penjaga dua Kota Suci umat muslim yaitu Mekkah dan Madinah. Kedua kota ini menjadi tonggak penting bagi para pendatang. Jamah haji dan umroh yang datang dari segala penjuru negeri. Akan tetapi negeri yang terkenal dengan gurunnya ini juga memiliki beberapa tempat yang unik selain Mekkah dan Madinah.

Beberapa tempat lainnya yang juga layak untuk dikunjungi demi melihat keindahan tanah Arab adalah:

1. Al Hijr

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi selain Mekkah dan Madinah adalah Madain Saleh, berada di kota Al Ula, yang berjarak sekitar 400 km dari kota Madinah. Tempat ini dinobatkan menjadi salah satu situs warisan budaya oleh UNESCO pada 2008 lalu. Nama asli dari tempat ini sebenarnya adalah Al Hijr, tapi juga dikenal dengan Madain Saleh, karena dulu pernah dianggap sebagai tempat mukim kaum Nabi Saleh, yaitu kaum Tsamud. Jejak sejarah jaman dulu masih banyak ditemukan di sini. Kebanyakan berasal dari Kaum Nabatean yang hidup sekitar pada abad 1 Masehi. Bangunan batu yang di kelilingi hamparan padang pasir menjadi ciri khas tempat ini.

2. Thaif

Selain itu tempat lainnya yang juga tak kalah indah adalah Thaif. Hanya butuh sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke sini dengan mengendarai bus/mobil dari kota Mekkah. Thaif merupakan kawasan dataran tinggi, akan tetapi Anda tak perlu khawatir jika ingin berkunjung melihat keindahannya, karena sejumlah jalan tol dan sejumlah pengaman untuk melindungi para pengemudi telah selesai dibangun. Tebing-tebing disisi jalan juga telah dipasangi pembatas kawat untuk menghindari bebatuan yang mungkin jatuh. Seluruh sisi lembahnya telah dilindungi oleh pembatas beton. Dua jalur juga telah dipasang pembatas untuk menghindari adanya tabrakan dengan pengendara dari arah berlawanan. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, maka kota ini terlihat cukup hijau dan sejuk.

3. Al Baha

Selain itu ada juga Al Baha, tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan mobil kurang lebih selama 3-4 jam dari Kota Jeddah. Sama halnya dengan Thaif, Al Baha juga berada di wilayah dataran tinggi sehingginya suhunya akan jauh lebih dingin. Suhu tertinggi disini bisa mencapai 30 derajat celsius sangat kontras dengan wilayah lain Arab Saudi yang terkenal menyengat saat musim panas. Biasanya tempat ini menjadi salah satu tempat peristirahatan saat musim panas bagi para pemukim berbagai wilayah Arab Saudi, karena suhu di sini jauh lebih cukup. Disini juga memiliki taman yang bernama Ragadan Park yang berada di salah satu tepian lembahnya yang kerap menjadi destinasi wisata utama Al Baha untuk dikunjungi.

4. Thuwal Beach

Selain itu bagi Anda yang ingin menghindari panasnya gurun dan ingin bermain air bisa mengunjungi pantai Thuwal. Sebagian wilayah Arab Saudi bersissian langsung dengan laut merah. Sehingga pantai-pantai juga berjajaran di sepanjang pesisir Barat Arab Saudi. Salah satunya adalah Thuwal Beach. Pantai ini berjarak sekitar 80 km di sebelah utara kota Jeddah. Pantai ini dibuka untuk umum secara gratis, jadi Anda bebas berenang disini sepuasnya. Pantai ini terletak di wilayah teluk, sehingga airnya cukup tenang tanpa ada banyak ombak. Meski dibuka secara gratis, fasilitas yang disediakan di Pantai Thuwal ini terbilang lengkap seperti jumlah kamar mandi umum yang memadai, dan petugas pantai yang berlalu lalang untuk membersihkan areal pantai dan memberikan pertolongan jika diperlukan.

5. Padang Badar

Bagi Anda tentu pernah mendengar nama Kota Badar. Kota ini pernah menjadi salah satu saksi sejarah terjadinya peperangan penting bagi umat Islam kala itu. Tempat ini menjadi lokasi terjadinya perang besar pertama semenjak umat muslim berhijrah dari Mekkah ke Madinah yaitu Perang Badar. Pada saat itu ajaibnya jumlah pasukan Islam yang berjumlah lebih sedikit, mampu memenangkan peperangan. Areal padang Badar ini cukup luas dan hampir mengelilingi seluruh kota Badar. Sejauh mata memandang Anda akan melihat tumpukan pasir yang berbukut-bukit. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini sebaiknya tidak datang pada saat puncak musim dingin, karena angin akan sangat kencang dengan suhu rendah. Untuk dapat mencapai kesini membutuhkan waktu sekitar 1 jam yang ditempuh dari kota Mekkah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke 5 tempat wisata lain di Arab Saudi ini?