Sumber Air Panas Alami Patut Dikunjungi

Sumber air panas merupakan salah satu keuntungan berada di Indonesia. Tersebar di beberapa penjuru, sumber air ini menjadi favorit semua orang.

Sumber Air Panas Alami Patut Dikunjungi
Photo by Google Maps Mong Ah

Sumber air panas merupakan salah satu keuntungan berada di Indonesia. Tersebar di beberapa penjuru, sumber air ini menjadi favorit semua orang.

Apakah Anda suka menikmati alam? Maka Anda perlu menjelajahi beberapa sumber air panas alami di Indonesia. Karena Indonesia dikelilingi oleh begitu banyak pegunungan yang indah, itu membuat negara ini memiliki begitu banyak sumber air panas alami.

Sebagian besar sumber air panas alami di Indonesia menjadi salah satu kunjungan paling populer bagi wisatawan. Itulah sebabnya tempat-tempat tersebut biasanya menjadi lebih ramai di akhir pekan atau musim liburan.

Berbicara tentang sumber air panas alami, berikut kami punya beberapa di antaranya. Anda harus pergi ke sana setidaknya sekali seumur hidup Anda. Mari kita periksa di bawah ini!

Sumber Air Panas Alami Patut Dikunjungi

1. Aek Rangat Pangururan

Jika Anda menjelajahi pulau Samosir di Sumatera Utara, Anda akan menemukan sumber air panas alami yang paling populer. Orang menyebut tempat itu dengan Aek Rangat Pangururan, yang terletak di kawasan Pangururan.

Air Aek Rangat Pangururan berasal dari gunung Pusuk Buhit. Mereka muncul dari batugamping dan menyebar di sekitar area. Warga Pangururan membuat beberapa kolam sehingga airnya bisa digunakan untuk mandi.

Pemandangan di sekitar Aek Rangat Pangururan begitu indah. Dikelilingi oleh perbukitan yang dilengkapi dengan begitu banyak pepohonan hijau. Anda akan senang menikmati pemandangan sekitar dan berlama-lama di kolam Aek Rangat.

2. Pemandian Air Panas Alami Ciater

Menjelajahi Jawa Barat tidak lengkap tanpa mengunjungi pemandian air panas alami paling populer di Ciater. Tempat ini menjadi begitu populer dalam kunjungan wisata tidak hanya untuk lokal tetapi juga asing.

Pemandian air panas alami Ciater sangat cocok untuk dinikmati, dengan perpaduan kawasan Ciater yang terkenal dengan hawa dingin disekitarnya. Apalagi tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam, yang membuat wisatawan bisa menikmati pemandian air panas dengan santai.

3. Pemandian Air Panas Ciwidey

Bandung menjadi salah satu kota terpopuler dengan tempat dengan suhu terdingin di Indonesia. Itu sebabnya Anda akan menemukan beberapa sumber air panas alami di sana, seperti di daerah Ciwidey. Ada sumber air panas alami yang berkonsep waterpark.

Pemandian air panas alami Ciwidey menawarkan beberapa varian kolam yang bisa Anda pilih. Ada beberapa seluncuran air yang cocok untuk mengajak si kecil menikmati pemandian air panas. Apalagi tempatnya agak besar sehingga tidak perlu khawatir akan ramai dengan orang seperti di tempat camping di Indonesia.

4. Umbul Sidomukti

Menjelajahi Semarang, Jawa Tengah tidak lengkap tanpa mengunjungi Ungaran. Daerah ini memiliki sumber air panas alami yang populer yang mereka sebut Umbul Sidomukti. Daerah ini agak jauh untuk dijangkau dari Semarang sebagai ibu kota provinsi.

Umbul Sidomukti menjadi begitu populer tidak hanya bagi wisatawan lokal tetapi juga asing. Orang percaya jika mereka mandi di sana, mereka akan memiliki banyak penyakit kulit yang hilang dalam waktu singkat. Itulah sebabnya banyak orang pergi ke sana untuk berobat dari air panas yang baik.

5. Pemandian Air Panas Banjar

Menjelajahi Bali akan lengkap setelah Anda mengunjungi pemandian air panas Banjar, Kabupaten Buleleng. Tempat ini begitu populer dalam kunjungan wisata dan selalu ramai oleh pengunjung. Air bersih yang bermanfaat untuk kesehatan dan beberapa proses penyembuhan dari mitos setempat menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandian air panas Banjar berasal dari air alami yang berasal dari tengah hutan. Ini agak berbeda dari beberapa hotel termewah di Bali. Orang percaya bahwa air berasal dari gunung yang menyebar secara alami di sekitar hutan.

Saat mengunjungi pemandian air panas Banjar, Anda akan diizinkan untuk mandi dan juga mendapatkan beberapa layanan pijat dari tuan rumah setempat. Anda perlu membayar sekitar Rp75.000 untuk menikmati layanan pijat.