Sukses Buat Ronaldo Nangis, Berikut 7 Fakta Kemenangan Timnas Maroko Atas Portugal

Sukses Buat Ronaldo Nangis, Berikut 7 Fakta Kemenangan Timnas Maroko Atas Portugal

Laga antara negara  Maroko dan Portugal digelar pada pukul 22.00 WIB (10/12) di stadium Al Thumama, yang mana berlokasi di kota Doha Qatar. 

Alih-alih tersingkir, skuad Singa Atlas membuat takjub penikmat sepak bola di seluruh dunia. Hal ini terjadi setelah mereka mampu menyingkirkan negara Ronaldo di babak 8 besar Piala Dunia Qatar 2022. 

Selain menyajikan laga hidup dan mati antar negara perwakilan Afrika dan Eropa, pertandingan ini juga memiliki beberapa fakta lain yang patut Anda ketahui. 

1. Walid Regragui Ingin Maroko Buat Sejarah 

Tentu laga melawan Portugal tidak akan mudah bagi Timnas Maroko, sebab skuad asuhan Walid Regragui ini belum pernah menang melawan negara Ronaldo cs, dan belum pernah sekalipun lolos ke babak semi-final selama ikut Piala Dunia. 

Meskipun track record mereka biasa saja, akan tetapi Walid yakin Timnas Maroko akan membuat sejarah. "We want to go down in history with the mindset we've had from the start, with the quality of our performance." Ungkapnya pada saat press-conference menjelang bertanding melawan Portugal. 

2. Gol Mirip Ronaldo

Laga antara Maroko vs Portugal berjalan semakin sengit dan panas. Apalagi setelah pemain Timnas Maroko bernama Y. En-Nesyri berhasil menyundul bola dan membuat sundulan itu berubah menjadi gol di menit ke 42. 

Tentu bagi Anda yang jadi fans ronaldo seolah tidak asing dengan aksi gol seperti itu, sebab di tahun 2019 lalu Ronaldo berhasil melakukan gol dengan gaya yang sama untuk klub yang dibelanya Juventus ketika bermain menghadapi Sampdoria. 

3. Saingan Livakovic

Jika bisa disandingkan, penjaga gol Maroko bernama Yassine Bounou ini seolah-olah sangat  "dihindari" bola. Di gelaran Piala Dunia Qatar 2022, prestasinya mirip dengan pencapaian yang diraih penjaga gol Timnas Kroasia. 

Sepertinya jika kedua negara ini bertemu di final maka pertandingan akan sangat seru, sebab kedua penjaga gol ini sama-sama ahli dalam menepis dan menyelamatkam gawang dari gol lawan. 

Karena penampilannya yang gemilang, Bounou menyandang status sebagai Man of The Match (MOTM) di laga Maroko vs Portugal, dan ini berarti dia sudah mendapatkan gelar MOTM kedua setelah mendapatkan penghargaan yang sama di laga menentang Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. 

4. Pencetak Sejarah

Timnas Maroko hampir tidak memiliki prestasi apa-apa di ajang Piala Dunia. Yang menarik, mereka hanya pernah satu kali lolos ke babak 16 besar  puluhan tahun yang lalu pada Piala Dunia di tahun 1986 di Mexico. 

Dengan kemenangan ini berarti Maroko telah mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos ke semi-final Piala Dunia. 

5. Paling Sedikit Kebobolan

Selain mampu menyingkirkan lawan raksasa seperti Spanyol dan Portugal, Maroko juga menjadi negara yang paling sedikit kebobolan di Piala Dunia Qatar 2022. 

Terhitung dari babak fase grub, Maroko bermain imbang 0-0 melawan Kroasia, menang 2-0 atas Belgia, dan menang 2-1 atas Kanada. 

Meskipun di fase quarter-final Maroko bermain sampai babak adu pinalti melawan Spanyol, tapi gawang Bounou masih tetap cleensheet, dan tidak ada 1 gol pun yang mampu bersarang di gawangnya. 

6. Buat Ronaldo Menangis

Mungkin banyak yang sudah lihat, sesaat setelah peluit akhir babak kedua dibunyikan, langsung mengarahkan kamera untuk melakukan shoot ke satu per satu pemain yang berlaga di laga Maroko vs Portugal. 

Sangat jelas terlihat jika sang goat Ronaldo tertunduk lesu dengan keadaan mata berkaca-kaca, tak lama setelah itu dia berjalan ke ruang ganti dengan keadaan menangis. 

7. Didukung Negara-Negara Arab

Sudah bukan rahasia lagi meskipun Maroko negara Afrika, tapi negara ini sering dikaitkan sebagai bagian dari negara Arab (middle east). Hal itu terjadi tak lain karena banyak warga mereka dan kultur mereka yang kental dengan Arab. 

Oleh karena itu jangan heran jika di berbagai media sosial banyak netizen dari negara-negara Arab seperti dari Saudi Arabia, Mesir, dan lainnya yang senang  atas pencapaian dan memberikan dukungan kepada Timnas Maroko.