Resep Bumbu Rendang Sunda, Pedas, Manis, Gurih, Dijamin Bikin Nagih Sekeluarga!

siapa yang tidak kenal rasa pedas, manis dan gurih khas masakan sunda? Kini sudah bisa anda nikmati dengan perpanduan bumbu rendang tanah minang yang pedas menggigit.

Resep Bumbu Rendang Sunda, Pedas, Manis, Gurih, Dijamin Bikin Nagih Sekeluarga!
Resep Rendang Sunda/cookpad

Rendang Sunda – sebelum kita menuju resep Rendang Sunda, tahukah anda?

Sejarah Rendang

Asal usul rendang ditelusuri berasal dari Sumatra, khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi masakan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan keseharian.

Sebagai masakan tradisi, rendang diduga telah lahir sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya. Kemudian seni memasak ini berkembang ke kawasan serantau berbudaya Melayu lainnya; mulai dari Mandailing, Riau, Jambi, hingga ke negeri seberang di Negeri Sembilan yang banyak dihuni perantau asal Minangkabau. Karena itulah rendang dikenal luas baik di Sumatra dan Semenanjung Malaya.

Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. “Karena perjalanan melewati sungai dan memakan waktu lama, rendang mungkin menjadi pilihan tepat saat itu sebagai bekal.”katanya. Hal ini karena rendang kering sangat awet, tahan disimpan hingga berbulan lamanya, sehingga tepat dijadikan bekal kala merantau atau dalam perjalanan niaga.

Rendang dapat dijumpai di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-beda menurut daerah.

Pada 2011, rendang pernah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Pada 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Filosofi Rendang

Rendang memiliki posisi istimewa dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat, yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Secara simbolik, dagiang (daging sapi) melambangkan "niniak mamak" (para pemimpin suku adat), karambia (kelapa) melambangkan "cadiak pandai" (kaum Intelektual), lado (cabai) melambangkan "alim ilama" yang tegas untuk mengajarkan syariat agama, dan pemasak (bumbu) melambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Nah sudah tahu sejarah rendang yang sebenarnya? Kini kita simak resep Rendang ala sunda yang jangan sampai terlewat.

Siapa yang tidak kenal rasa pedas, manis dan gurih khas masakan sunda? Kini sudah bisa anda nikmati dengan perpanduan bumbu rendang  tanah minang yang pedas menggigit.

Bisa buat sajian lebaran Idul Adha yang bikin kangen. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Waktu masak: -+150 menit

Bahan:

1 kg daging sapi atau ayam

500 ml santan kental dr 2 butir kelapa (bisa diganti 2-3 sachet santan instan)

1500 ml santan cair

 

Bumbu yg dihaluskan :

15 siung bawang merah

10 siung bawang putih

5 buah cabai merah besar buang biji

12 buah cabai merah kriting (jumlah sesuai selera)

4 butir kemiri

1 sdt merica butir

1 sdt ketumbar sangrai

1/2 sdt pala bubuk

1/2 sdt jinten

2 cm jahe

1 jempol kunyit

Bumbu bahan cemplungan:

2 cm lengkuas

5 cm kayu manis

2 batang serai

3 lbr daun salam

5 lbr daun jeruk

2 lbr daun kunyit

5 buah cengkeh

2 buah bunga lawang (jika ada)

Seasoning:

2 sdm air asam jawa

1 sdm gula merah sisir

Garam secukupnya

Kaldu jamur secukupnya

Gula pasir (sesuai selera)

Tumis bumbu yg dihaluskan sampai matang, masukan bumbu cemplungan, aduk hingga harum. lalu masukan daging yang sudah dipotong-potong, aduk, masak hingga kaku.

Tuangkan santan cair, aduk perlahan dan pakai penutup panci/wajan agar daging masak sempurna, masak hingga daging empuk.

Gunakan api sedang cenderung kecil agar bumbu meresap.

jangan lupa cek air dan tambahkan bila telah susut.

Setelah daging empuk, masukan asam jawa, garam dan gula.

Setelahnya, masukan 2 sachet santan kental, aduk perlahan agar santan tidak pecah dan bumbu meresap sempurna sampai airnya menyusut.

Tes rasa,angkat,sajikan dengan taburan bawang goreng...serumah wangi rendang. Sedaap

Demikianlah Resep Bumbu Rendang Ala Sunda Yang Pedas, Manis, Dan Gurih Yang Pasti Bikin Nagih sekeluarga. Jangan lupa coba buat di rumah ya! Semoga bermanfaat.