Pernah Tekuk Chelsea, Berikut Fakta Livakovic Sang Goal Keeper Pahlawan Kemenangan di Laga Jepang vs Kroasia

Pernah Tekuk Chelsea, Berikut Fakta Livakovic Sang Goal Keeper Pahlawan Kemenangan di Laga Jepang vs Kroasia

Pertandingan babak 16 Piala Dunia Qatar 2022 yang mempertemukan Jepang dan Kroasia telah digelar pada Senin malam pukul 22.00 WIB (5/12).

Dari pertandingan ini, skuad Vatreni yang memiliki kapten Modric, keluar sebagai juara dan membuat mereka lolos ke babak 8 besar Piala Dunia. 

Berbeda dari pertandingan sebelumnya yang hampir semuanya berakhir di menit ke 90. Pertandingan perebutan posisi 8 besar antara Jepang vs Kroasia berjalan sedikit lebih lama, hal itu terjadi karena kedua belah negara bermain imbang sampai menit terakhir. 

Sebelum pertandingan digelar manajer Kroasia, Zlatko Dalic telah memprediksi jika pertandingan ini tidak akan menjadi pertandingan yang mudah bagi anak asuhnya, hal itu dia yakini setelah Jepang mampu mengalahkan 2 raksasa Eropa (Jerman & Spanyol)

"What I find to be of utmost important is to demonstrate respect for our opponents. They’ve beaten two World Cup winners: Spain and Germany. They were losing each in the first half, but they showed their mentality, their mental strength, their consistency." Ungkapnya.

Dalic juga mengingatkan kepada pemain Kroasia untuk tidak menganggap enteng skuad yang didalangi Hajime Moriyasu. "What I launched as a message to my players is never underestimate anyone, respect your opponent. They will apply the Samurai philosophy in their game. We will also do our part." Terangnya, seperti yang tertulis di website thenationalnews.com.

Setelah peluit akhir babak kedua dibunyikan, pertandingan berlanjut ke babak extra time, dan karena masih imbang kedua negara akhirnya menjalani laga adu pinalti. 

Dari total 4 pemain Jepang yang menendang penalti hanya 1 tendangan pemain Jepang yang berbuah gol. Sebaliknya, dari 4 pemain Kroasia yang menendang penalti, hanya 1 yang gagal menjadi gol. Dengan hasil itu Kroasia dipastikan lolos dengan skor 3:1, dan melaju ke babak selanjutnya menentang Brazil.

Tentu dengan raihan di atas sang goal keeper Kroasia layak dijadikan Man of the Match. Selain itu, karena aksi briliannya menepis 3 gol pemain Jepang, juga berhasil membuat netizen dunia kepo soal goal keeper tampan dari Kroasia ini. 

Dominik Livakovic adalah pria yang lahir tanggal 9 Januari 1995 di Zadar, Kroasia. Dia merupakan pemain yang memiliki agen yang sama dengan Ritsu Doan (pemain Timnas Jepang), agen yang menaungi pemain ini adalah CAA Stellar. 

Sebelum bergabung sebagai pemain senior Tim Nasional (Timnas) Kroasia. Livakovic sudah lebih dulu membela Timnas kelompok umur Kroasia baik Timnas U-17, U-19, U-20, dan U-21. 

Jika ditotal, pria yang berusia 27 tahun ini sudah menjalani 56 laga dengan Timnas Kroasia baik di tingkat kelompok umur dan senior. 

Untuk klub yang pernah Livakovic bela, dia pernah bermain untuk NK Zadar dan NK Zagreb. Lalu sejak awal tahun 2016 dia sudah bermain untuk klub Dinamo Zagreb, meskipun begitu sebelumnya Livakovic sempat dipinjamkan selama beberapa bulan ke NK Zagreb di tahun 2015. 

Aksi cemerlang ditampilkan goal keeper ini juga sempat terjadi sebelum Piala Dunia di awal bulan September lalu. Dengan Dinamo Zagreb, Livakovic sukses menekuk Chelsea dengan skor tipis 1-0 di kompetisi Champions League.

Dari statistik laga tertulis apabila dari total 15 tendangan yang diarahkan ke gawangnya, tak ada satupun yang berbuah gol. Sungguh pemain yang luar biasa, dengan prestasinya di usia yang matang. Livakovic sangat pantas bermain di liga yang lebih kompetitif dari liga Kroasia seperti di liga Jerman dan Belanda.