Pentingnya Kesehatan Mental Untuk Bisa Menjalani Kehidupan

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena, hal tersebut dibutuhkan untuk bisa menjalani kehidupan.

Pentingnya Kesehatan Mental Untuk Bisa Menjalani Kehidupan
Pentingnya Kesehatan Mental Untuk Kehidupan - Photo by HR Management

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena, hal tersebut dibutuhkan untuk bisa menjalani kehidupan. Apabila manusia memiliki mental yang sehat, makan pikirannya akan ikut menjadi positif.

Selain itu, kesehatan tubuh akan ikut terjaga, khususnya dari segi emosi, psikis, pola pikir, dan juga perilaku. Manusia dengan kesehatan mental yang baik, memiliki kecenderungan dapat mengelola stres dan membuat keputusan secara terukur.

Namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah, semakin tinggi level stress seseorang, maka akan lebih rentan terkena penyakit berat. Beberapa diantaranya, seperti stroke, penyakit jantung dan lambung, diabetes, dll. Sehingga, kualitas kehidupannya pun ikut menurun.

Kriteria Utama Kesehatan Mental

Untuk bisa mendapatkan suatu kesehatan mental, maka ada beberapa kriteria utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat menerima kenyataan secara positif, serta mampu mengkondisikan dan melakukan penyesuaian diri dengan baik.
  • Mampu merasakan suatu kepuasan dan kebahagiaan terhadap dirinya, terutama setelah melakukan kegiatan yang sifatnya memberi. 
  • Menyukai hubungan yang bersifat sosial antar manusia. Contohnya, seperti perilaku suka membantu atau bekerjasama dengan orang lain.
  • Kemampuan dalam  melakukan introspeksi diri. 
  • Dapat menyelesaikan perselisihan, baik secara konstruktif maupun kreatif.
  • Memiliki sensitivitas untuk mengasihi sesama. 

Dari seluruh kriteria utama tersebut dapat terlihat, bahwa perasaan, pikiran, perilaku maupun kesehatan seseorang, dapat mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Rusaknya mental seseorang juga dapat berakhir dengan kematian hingga bunuh diri. Terutama, jika seseorang sudah tidak dapat lagi menyesuaikan diri, atau menerima suatu permasalahan dengan cara positif.

Gejala - Gejala Kesehatan Mental Yang Terganggu

Beberapa gejala yang dapat menjadi tanda akan kesehatan mental seseorang mulai terganggu adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan makan dan  tidur yang terlalu ekstrim.
  • Kesulitan untuk fokus akan suatu hal, mudah lupa, hingga kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas rutin seperti bekerja, sekolah, dll.
  • Mengalami gangguan fisik seperti seperti leher kaku, pusing kepala, mual dan tanda - tanda lain yang tidak biasa. Meski telah berobat, namun umumnya hanya akan sembuh sementara.
  • Rasa cemas yang berlebihan.
  • Memperlihatkan rasa emosional yang berlebihan, seperti gampang marah atau kesedihan yang tiada henti.
  • Suka melukai dirinya sendiri, merusak barang, histeris, dll.
  • Menutup diri dan tidak menyukai kehidupan sosial.
  • Cepat berputus asa, lebih sensitif dan mudah lelah.
  • Mengkonsumsi minuman keras hingga mabuk, menggunakan obat terlarang atau merokok berlebihan.

Kesehatan Mental yang Perlu Diwaspadai

Cukup faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental manusia. Beberapa diantaranya, seperti trauma dan pelecehan fisik di masa lalu maupun yang masih berlangsung.

 Selain itu juga bisa karena genetik, akibat terjadi cedera otak, penyimpangan gaya hidup, hingga sakit yang berkepanjangan.

Beberapa kasus kesehatan mental yang banyak terjadi belakangan ini, contohnya seperti:

  • Gangguan Bipolar

  • Depresi berat 

  • Schizophrenia

  • Halusinasi

  • Gangguan kecemasan

  • Fobia

  • Serangan panik

  • OCD atau Obsessive Compulsive Disorder

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mental

Meskipun tidak mudah untuk dapat menjaga kesehatan mental dengan baik, namun ada beberapa tips efektif yang dapat dilakukan.

  • Cobalah untuk bisa meyakini, bahwa setiap orang memiliki kehormatan yang harus dihargai. Tidak perlu untuk membandingkan diri kita dengan orang lain, karena setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda.
  • Sayangi diri sendiri, seperti layaknya menyayangi orang lain.
  • Memahami dan menerima kekurangan diri dengan cara positif.
  • Belajarlah untuk bisa menerima kenyataan dari sudut pandang yang positif.
  • Biasakan untuk selalu dapat memperbaharui diri. Karena pada dasarnya, tidak ada yang abadi dalam kehidupan.
  • Mulailah untuk mengelola stress dengan cara yang baik. Contohnya, menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.
  • Jalani kehidupan secara seimbang, seperti mengkonsumsi makan yang sehat, berolahraga, cukup tidur hingga memiliki waktu untuk diri sendiri.
  • Mencoba hal baru yang bermanfaat dan menyenangkan.
  • Menjaga hubungan sosial dengan orang terdekat maupun sekitar.
  • Tingkatkan keimanan.
  • Belajar untuk menghargai dan menghormati kehidupan sebagai anugerah.
  • Jangan lupa untuk selalu bersyukur.
  • Rajinlah berolahraga, agar tubuh dapat mengeluarkan endorfin. Zat ini terbilang ampuh sebagai penghalau stress, dan dapat memberikan rasa bahagia.

Mulailah melakukan berbagai aktivitas positif dan sederhana sebagai langkah awal, untuk menjaga kesehatan mental, hingga bisa menjalani kehidupan yang sehat. Caranya tidaklah selalu sulit dilakukan, karena dapat dilakukan secara bertahap dan dengan kesabaran.