Pantai Wohkudu, Surga Kecil di Pelosok Jogja

Pantai Wohkudu, Surga Kecil di Pelosok Jogja
Foto: Haiban Najid

Sudah bukan rahasia lagi jika daerah Gunungkidul terkenal dengan pantainya. Tepat di Kampung Nglaos, Pedukuhan  Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul kalian akan menemukan keindahan Pantai Wohkudu. Tidak seperti pantai lainnya, pantai ini adalah salah satu pantai kecil yang masih belum dikembangkan sebagai tempat wisata. Rutenya pun cukup tersembunyi dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Informasi petunjuk arahnya juga belum banyak tersedia, jadi satu-satunya sumber informasi adalah dengan bertanya pada warga setempat.

Rute Pantai Wohkudu

Perjalanan untuk mencapai Pantai Wohkudu melalui jalan setapak tidaklah semudah yang dibayangkan. Untuk mencapai Pantai Wohkudu bisa dari Jl. Raya Imogiri sampai lewat Jembatan Sungai Oyo. Dari sini perjalanan memakan waktu kurang lebih 15 menit dengan melakukan trekking di medan yang cukup ekstrem. Setelah memarkir motor di sebuah gubug tanpa ada penjagaan, pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang juga akan melewati ladang pertanian warga. Sebagian jalan yang disusuri juga penuh dengan semak belukar dan tanaman liar lebat sehingga harus berhati-hati saat melaluinya.

Setelah melewati rimbunan pohon jati dan semak-semak belukar, pengunjung akan tiba pada sebuah jalan setapak yang tepat di atas tebing. Dari tempat ini akan terlihat dengan jelas panorama khas vegetasi alam tepi laut seperti rumput ilalang, dan pandan laut. Dari samping tanah lapang juga akan terlihat batu kapur, dan tebing karang yang menjulang. Bila sudah mendengar deburan ombak semakin keras dan merasakan angin khas uap air laut, perlahan jalanan setapak akan berubah menjadi pasir pantai berwarna putih. Sampailah di surga kecil Pantai Wohkudu.

Daya Tarik Pantai Wohkudu

Karena masih jarang dikunjungi, sebagian kawasan pasir Pantai Wohkudu dipenuhi rumput liar berduri. Satu-satunya daya tarik dari pantai wohkudu ini adalah termasuk pantai perawan yang masih jarang terjamah manusia. Pantai ini diapit oleh tebing karang yang cukup tinggi sehingga menambah pesona keindahannya.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang alami. Jika kondisi pantai sedang surut, akan terlihat dasar laut berupa karang yang memanjang sekitar 50 meter ke arah dalam laut. Dicelah-celah karang tak jarang juga akan ditemui ikan-ikan kecil, bintang laut, ubur-ubur, dan bulu babi. Waktu yang sangat tepat untuk menikmati Pantai Wohkudu yaitu saat menjelang siang hari dimana kondisi pantai sedang mengalami surut.

HTM dan Fasilitas

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Wohkudu ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per orang dengan tambahan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp3.000 untuk pemotor. Kamu bisa datang kapanpun karena kawasan pantai ini dubuka selama 24 jam. Paling pas saat ke sini adalah di sore hari sambil menikmati panorama senja yang cantik. Selain itu Pantai Wohkudu ini juga sudah disediakan beberapa fasilitas yang mendukung seperti warung, tempat parkir, camping ground, toilet dan masih banyak lainnya.

Akomodasi

Bagi yang ingin bermalam bisa membawa perlengkapan tenda dari rumah. Namun untuk kamu yang ingin menginap terdapat penginapan berupa OYO the Paris Ocean yang ada di Jl. Parangtritis No.KM-28, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menginap di sini akan dikenai biaya mulai dari Rp82.000 dengan beragam fasilitas seperti kamar ber-ac, kolam renang, parkir gratis, dan akses wifi gratis. Jika ingin reservasi bisa melalui 0804 104 0040.

Yuk segera agendakan liburan ke Pantai Wohkudu bareng teman atau sanak saudara.