4 Obat Maag Alami yang Aman Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Beberapa orang biasanya mengalami efek samping seperti sakit kepala dan diare ketika mengonsumsi obat-obatan maag yang dijual di apotek. Apabila Anda juga menjumpai masalah yang sama, tidak ada salahnya beralih ke alternatif dengan mencoba empat obat maag alami ini.

4 Obat Maag Alami yang Aman Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Maag atau tukak lambung adalah luka terbuka yang terbentuk pada lapisan lambung. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung menggerogoti lapisan pelindung perut. Obat-obatan seperti antibiotik dan antasida umumnya diresepkan untuk mengobati sakit maag.

Di samping itu, ada sejumlah obat maag alami yang dapat meredakan sensasi tidak nyaman di perut ketika asam lambung naik. Selain bekerja ampuh mengatasi maag, obat-obatan tradisional di bawah ini juga dapat diperoleh dengan mudah, pun harganya relatif murah.

Soal keamanannya pun tidak usah diragukan karena obat maag alami ini telah terbukti secara ilmiah.

Berikut daftarnya:

1. Jahe

Dikarenakan efek gastroprotektif yang terkandung di dalamnya, jahe merupakan salah satu obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati maag.

Menurut tinjauan yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, efek gastroprotektif jahe dapat meredakan sejumlah gejala terkait tukak lambung, seperti mual, muntah, gangguan pencernaan, dan kembung.

Cara termudah untuk mengonsumsi jahe yakni dengan menyeduh teh atau membuat wedang. Yang Anda butuhkan adalah seruas jahe (kurang lebih tiga sentimeter) dan air mendidih.

Pertama, cuci dan kupas jahe, potong menjadi beberapa bagian, dan letakkan irisan dalam cangkir tahan panas. Selanjutnya, tuangkan air mendidih dan rendam hingga 10 menit. Saring irisan jahe dan sajikan.

Tambahkan lebih banyak air panas jika rasa jahe terlalu kuat. Minum maksimal dua cangkir teh jahe per hari setelah makan untuk mempercepat penyembuhan.

2. Kunyit

Cara menyembuhkan maag secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi kunyit.

Penelitian menunjukkan bahwa polisakarida kunyit dapat meringankan tukak lambung. Cara kerjanya yaitu dengan melindungi lapisan lendir lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab maag. Selain itu, polisakarida berpotensi digunakan sebagai agen terapeutik untuk mengobati tukak lambung.

Untuk meredakan gejala maag menggunakan kunyit, siapkan dua kunyit. Berikutnya, cuci bersih dan parut, peras untuk mendapatkan sarinya. Pisahkan air dari parutan kunyit. Minum di pagi atau malam hari saat perut kosong.

Metode ini dianggap dapat mengatasi maag secara signifikan dalam tiga sampai tujuh hari apabila sari kunyit dikonsumsi secara teratur.

3. Madu

Tak hanya berfungsi untuk menyedapkan aneka makanan dan minuman, madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah maag. Tidak terkira banyaknya penelitian yang telah dilakukan dan membuktikan efektivitas madu dalam menyembuhkan tukak lambung.

Madu kaya akan flavonoid yang diyakini mampu mengobati maag melalui mekanisme antisekresi dan antioksidan. Madu juga mengandung berbagai zat lain seperti asam organik, vitamin, enzim, mineral, dan faktor antibakteri.

Penggunaan madu untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan dipercaya sudah ada sejak zaman Yunani, Romawi, Cina, dan Mesir Kuno.

Untuk sakit maag sendiri, Anda bisa langsung mengonsumsi satu sendok teh madu bersama dengan beberapa teguk air. Selama kadar gula Anda normal, Anda dapat mengonsumsi madu kapan pun jika dirasa perlu.

Akan tetapi, biasanya dokter merekomendasikan madu untuk diminum saat perut kosong di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur.

4. Lidah Buaya

Orang-orang umumnya mengetahui lidah buaya karena khasiatnya dalam menyuburkan rambut dan menghaluskan kulit. Sayangnya, hanya sedikit yang memanfaatkannya untuk mengobati maag.

Padahal, lidah buaya mengandung zat-zat anti-inflamasi yang dapat digunakan secara aman untuk tukak lambung. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus lidah buaya cukup membantu penyembuhan sakit maag.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Osteopathic Society, lidah buaya dapat meningkatkan produksi pepsin, yaitu enzim lambung yang berfungsi untuk mencerna protein dalam makanan.

Akan tetapi, tidak semua orang diperbolehkan untuk mengonsumsi jus lidah buaya, terutama wanita yang sedang menstruasi, ibu hamil dan menyusui, dan mereka yang minum pil kontrasepsi secara teratur. Juga, asupan dalam jangka panjang pun tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan masalah ketidakseimbangan dalam tubuh.

Ada bermacam-macam cara untuk mengonsumsi lidah buaya, di antaranya yaitu dengan mencampurkan daging lidah buaya ke smoothie atau minuman lainnya.

Nah, itulah keempat obat maag alami yang dapat membantu meringankan mual, muntah, dan tanda-tanda lainnya dengan aman ketika asam lambung naik. Walaupun demikian, pastikan untuk menghubungi dokter apabila gejala maag tidak juga membaik setelah Anda mengonsumsi obat-obatan apa pun, seperti nyeri yang semakin parah, muntah darah, penurunan berat badan, dan kesulitan bernapas.