Mulai Tumbuh Uban? Simak 5 Penyebab Tumbuh Uban

Penyebab tumbuh uban atau rambut memutih disebabkan oleh beberapa faktor.

Mulai Tumbuh Uban? Simak 5 Penyebab Tumbuh Uban
Penyebab tumbuh uban dapat berasal dari berbagai faktor

Terkadang tanpa disadari, gatal yang dirasa di kulit kepala disebabkan oleh mulainya tumbuh uban. Penyebabnya bukan karena lanjut usia atau tanda-tanda proses penuaan.

Tumbuh uban atau rambut memutih tidak memiliki batas minimal usianya bahkan dapat dialami sejak usia muda. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tumbuh uban. Penyebab tumbuh uban ini merupakan kondisi-kondisi yang mempengaruhi dalam terbentuknya uban.

Berikut ini terdapat lima penyebab tumbuh uban yang perlu diketahui.

1. Faktor Usia

Kinerja melanin dengan bertambahnya usia juga akan semakin menurun. Kerja dari sel-sel yang memproduksi melanin akan melambat kerjanya.

Dari proses berkurangnya produksi melanin maka menyebabkan warna rambut semakin menghilang. Tumbuh uban umunya dimulai dari rentang usia akhir 30an.

 

Oleh karena itu, tumbuh uban dapat terjadi karena seiring dengan bertambahnya usia apalagi di usia yang tidak lagi muda. Sehingga faktor usia ialah faktor utama yang menjadi penyebab tumbuh uban.

2. Faktor Genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab tumbuh uban yang dapat mempengaruhi sel induk folikel dan melanosit.

Kebanyakan orang dengan genetik bawaan ini dapat menyebabkan tumbuh uban lebih cepat . Hal ini karena mewariskan faktor genetik yang ada pada keluarganya.

Jadi ketika mengalami tumbuh uban di usia muda maka dapat menanyakan kondisi tersebut kepada  keluarga. Jika kondisi ini juga terjadi pada keluarga maka penyebabnya yaitu adanya faktor genetik.

3. Faktor Lingkungan

Penyebab tumbuh uban lainnya yaitu karena adanya faktor lingkungan. Interaksi terhadap lingkungan dimaksudkan ketika terjadinya kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari.

Sinar ultraviolet tentu tidak baik bagi kesehatan rambut sebab dapat merusak bagian terluar pada rambut. Dalam hal ini merusak keratin dan melanin, lama kelamaan rambut menjadi tidak lembab, kering dan rapuh.

4. Faktor Kesehatan

Faktor kesehatan juga menjadi penyebab tumbuh uban dan dapat menunjukkan adanya penyakit yang sedang dialami. Oleh  karena itu harus diketahui dengan baik kesehatan tubuh.

Terdapat beberapa masalah pada kesehatan yang kemungkinan dapat menyebabkan tumbuh uban meski pada usia yang masih muda.

  1. Penyakit turunan neurofibromatosis, penyakit ini sejenis tumor yang tumbuh pada saraf dan pertumbuhan tulang dan kulit secara tidak normal.
  2. Penyakit gangguan hormon tiroid, penyakit ini turunan dari penyakit tiroid.
  3. Penyakit alopecia areata, penyakit autoimun yang menyebabkan hilangnya sebagian rambut bahkan tumbuh uban dalam semalam.
  4. Penyakit vitiligo, penyakit autoimun yang menyebabkan hilangnya atau hancurnya melanosit.
  5. Penyakit gangguan kardiovaskuler yang dialami pria, penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah.
  6. Penyakit gangguan pendengaran, seseorang yang memiliki masalah pendengaran juga berpotensi tumbuh uban.

5. Faktor Pengobatan

Selanjutnya penyebab tumbuh uban ialah efek dari adanya pengobatan yang sedang dijalani. Misalnya pengobatan kemoterapi atau radioterapi.

Seseorang yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi atau radioterapi dapat menghambat terbentuknya melanin sehingga tumbuh uban atau rambut memutih.

Selain itu diketahui jika obat anti kanker berdampak menjadikan rambut memutih. Tumbuh uban tersebut merupakan efek samping yang dari pengobatan.

Namun adanya tumbuh uban menjadi pertanda awal yang baik sebagai reaksi dari obat yang dikonsumsi. Prosesnya dimulai dengan warna alis yang memutih kemudian dilanjutkan dengan rambut memutih.

Demikianlah lima faktor penyebab tumbuh uban yang bisa berasal dari berbagai faktor. Ada baiknya ketika mengalami tumbuhnya uban lebih cepat apalagi di usia muda, dapat segera di konsultasikan segera ke dokter.