Minim Pesaing, 4 Media Online Ini Berikan Honor Dari Rp.20-100 Ribu Per Sekali Kirim Artikel

Minim Pesaing, 4 Media Online Ini Berikan Honor Dari Rp.20-100 Ribu Per Sekali Kirim Artikel

Artikel menjadi salah satu tulisan yang paling banyak dibuat oleh penulis, entah artikel tentang olahraga, hiburan, artis, film dan sebagainya sering diunggah di banyak media online.

Dalam website Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel bisa dimaknai dengan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. 

Atau bagian undang-undang atau peraturan yang berupa ketentuan; pasal. Artikel juga diartikan sebagai unsur yang dipakai untuk membatasi atau memodifikasi nomina, misalnya the dalam bahasa Inggris. 

Umumnya dalam media online, artikel dibuat dalam berbagai bidang (niche). Selain itu ada juga artikel yang dibuat sesuai dengan topik yang tengah trend, dan yang paling banyak dibicarakan oleh para netizen di media sosial. 

Dalam beberapa website media online, artikel tidak hanya khusus ditulis oleh penulis, maupun tim redaksi media terkait. Umumnya mereka juga memberi peluang kepada kontributor untuk mengirimkan karya tulis mereka. 

Benefitnya, selain karya akan diunggah dalam website yang menerima kiriman tulisan dari penulis. Banyak juga media online yang mengapresiasi penulis dengan memberikan honorarium, dan berikut beberapa diantaranya. 

1. Tedieka.com

Tedieka.com merupakan sebuah website milik pria bernama Tedi Eka. Dalam website ini tersaji beberapa informasi mengenai tutorial, tips & trik sampai artikel edukasi. 

Dalam  keterangan websitenya, Tedi Eka mempersilahkan bagi para penulis untuk mengirimkan karya artikel mereka, dengan cara mengirimnya melalui link bertanda biru yang sudah disediakan di halaman kirim artikel. 

Tertulis dalam halaman kirim artikel mengenai ketentuan artikel yang ingin dikirim. Mulai dari jumlah kata yang harus terdiri dari 600 kata, artikel harus orisinal dan lain sebagainya. Jika karya tulisan Anda terpilih, maka berhak mendapatkan uang sebesar Rp.30.000. 

2. Ngodop.com

Ngodop.com merupakan sebuah media online yang dibuat dengan tujuan sebagai bentuk dedikasi dalam dunia literasi yang digagas oleh Komunitas One Day One Post (ODOP), menayangkan artikel karya anggota ODOP yang turut berpartisipasi mewarnai dunia kepenulisan Nusantara. 

Media yang diketuai oleh Jihan Mawaddah ini, juga menerima kiriman artikel dari para pembaca.Terdapat berbagai pilihan rubrik yang tersedia, yang mana masing-masing rubrik memiliki fokus pembahasan yang berbeda. Ada bait, kiat, lakon dan sebagainya. 

Terdapat keterangan jika penulis di website ini merupakan anggota dari ODOP, selain itu penulis artikel juga harus menyertakan no.rekeningnya saat melakukan pengiriman tulisan. Adapun jumlah honorarium setiap artikel yang termuat berkisar antara Rp.25.000-30.000. 

3. Belajartani.com

Bagi Anda yang pertama kali membaca nama belajartani.com  pasti tahu, atau setidaknya bisa menerka apa fokus pembahasan yang di bahas dalam media online

Belajartani.com, merupakan media online yang berfokus membahas mengenai serba-serbi pertanian, pun soal bisnis di bidang pertanian. 

Bagi anda yang memiliki background, atau ilmu dalam hal pertanian. Khususnya dari mahasiswa jurusan pertanian, atau agribisnis sangat cocok mengirim tulisan ke media online ini. 

Jika anda tertarik, silahkan mengirim tulisan ke email belajartani2016@gmail.com, tertulis juga dalam website Belajartani.com apabila rentang jumlah kata minimal 500 kata, dan maksimal 1000 kata persatu artikel. 

Perhitungan jumlah honorarium yang diberikan kepada penulis bergantung kepada jumlah kata yang dibuat, misal Anda menulis 700 kata, maka Anda berhak mendapatkan uang Rp.21.000. dan berlaku kelipatannya. 

4.Satupena.id

Satupena.id merupakan sebuah media online yang terbentuk dari organisasi yang menjadi wadah untuk menyatukan semua  penulis dati berbagai genre kepenulisan di seluruh Indonesia, media ini digagas oleh Persatuan Penulis Indonesia (Satu Pena). 

Dalam website mereka, satu pena memberikan kesempatan bagi para penulis di seluruh Indonesia untuk mengirimkan berbagai karya tulisan. 

Salah satu karya tulis yang diterima yakni artikel dalam bentuk esai. Esai yang ditulis bisa membahas mengenai seni, kepenulisan, politik, sejarah, sosial, dan sebagainya, dengan catatan panjang naskah esai minimal 6.000 karakter dengan spasi.  

Jika tertarik menulis di media ini, Anda bisa mengirimkannya ke email satupena17@gmail.com, dengan subjek esai. Setiap esai yang berhasil terbit, maka penulis akan mendapatkan honorarium sebesar Rp.100.000. 

Nama-nama media online di atas tidak setenar media sekelas Kompas, Jawa Pos atau Detik, dengan begitu bisa dipastikan jika jumlah pengirim tulisan ke media-media di atas jauh labih sedikit. Dan itu artinya peluang karya Anda diterima juga semakin terbuka lebar. 

Untuk itu jika kalian sudah memiliki karya berupa berbagai artikel, bisa langsung dikirim ke 4 media online tersebut. Dan kalau lolos maka ada cuan yang berhak Anda dapatkan.