Mengenal Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari Langsung

Tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari langsung dapat menjadi pilihan tepat bagi yang tidak memiliki waktu khusus untuk merawat tanaman.

Mengenal Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari Langsung
Tanaman Hias di Dalam Ruangan (pexels.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau sinar matahari merupakan salah satu unsur penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sinar matahari membantu tanaman tumbuh dengan baik. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga tanaman yang mampu tumbuh dan tetap berkembang walaupun tanpa sinar matahari? Tanaman ini biasanya difungsikan sebagai tanaman hias.

Tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari ini sangat sesuai untuk menghias bagian dalam rumah kamu. Kira-kira apa sajakah tanaman tersebut?

Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Lidah Buaya

Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan sukulen yang dapat kamu tanam di dalam ruangan. Perlu beberapa teknik untuk menanamnya. Tempatkan lidah buaya di ruangan yang terdapat cahaya terang, maka akan tumbuh dan berkembang walaupun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Spider Plant

Dengan bentuk daunnya yang memanjang berwarna hijau, spider plant dapat dijadikan tanaman hias di dalam rumah bahkan di kamar mandi sekalipun. Namun, kamu perlu mengganti airnya setiap 2 hingga 3 hari sekali agar spider plant atau Chlorophytum comosum tidak berlumut. Selain sebagai tanaman hias, spider plant juga mampu membersihkan udara dalam ruangan hingga menyerap racun.

Tanaman Sukulen

Akhir-akhir ini, sebagian besar masyarakat tertarik untuk merawat tanaman sukulen di dalam rumah. Tanaman ini sangat beragam jenisnya, diantaranya adalah lidah buaya spiral, donkey tail, kaktus, sukulen zebra, dan masih banyak lagi. Yang menarik dari tanaman sukulen adalah warnanya yang cantik.

Bagi kamu yang kesulitan mencari waktu untuk menanam dan merawat tumbuhan, tanaman sukulen bisa menjadi alternatif. Dengan ukurannya yang mini dan cocok diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini seakan-akan menjadi primadona. Ditambah pula dengan bentuknya yang menarik menjadi nilai tambah tersendiri.

Sirih Gading

Tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari berikutnya adalah sirih gading. Kamu tidak perlu khawatir jika melewati jam penyiramannya karena tanaman ini tidak memerlukan air tiap saat. Menyiram Secara berlebihan hanya akan membuatnya cepat membusuk.

Sebelum memberinya air, cek pot terlebih dahulu. Apabila saat pot diangkat terasa ringan, itu pertanda bahwa jam menyiram sudah tiba. Saat sirih gading semakin panjang, kamu dapat membuat tanaman baru dengan memotong batangnya dan menempatkan di pot lain.

Lidah Mertua

Lidah mertua atau Sansevieria memiliki daun yang meruncing ke atas, dapat diletakkan dalam pot besar maupun kecil. Tanaman lidah mertua termasuk jenis tanaman yang mampu beradaptasi dengan cepat dan dalam suhu apapun, bahkan di ruangan ber-AC sekalipun mampu tubuh.

Peace Lily

Walaupun hanya dengan sinar matahari yang minim, peace lily juga dapat tumbuh dan berbunga. Tanaman ini memiliki ciri khas dari daunnya yang berwarna gelap, memiliki guratan, dan berbunga putih yang cantik. Selain menjadi dekorasi, secara tidak langsung peace lily juga mampu menyerap polusi. Kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari karena hal tersebut akan membuat akar peace lily menjadi busuk.

Bromelia

Bromelia yang memiliki nama latin Bromeliaceae ini merupakan tanaman yang cocok untuk mempercantik dekorasi ruangan. Bromelia mampu tumbuh di ruangan yang teduh tanpa sinar matahari sekali pun. Karakteristiknya yang unik membuat tanaman ini menjadi idaman sebagian masyarakat, mulai dari daunnya yang tajam hingga bunganya yang berwarna-warni.

Jadi, itulah berbagai jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung. Kamu lebih pilih tanaman yang mana untuk dekorasi rumahmu?