Mengenal Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Anyar Indonesia yang Bermain di Liga Negaranya Haaland

PSSI telah mengajukan naturalisasi 3 pemain berdarah Belanda dan Spanyol agar bisa membela skuad senior Timnas Garuda.

Mengenal Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Anyar Indonesia yang Bermain di Liga Negaranya Haaland

Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia, sudah gencar melakukan naturalisasi sejak belasan tahun yang lalu. Silih berganti pemain naturalisasi hampir selalu masuk dalam daftar skuad pemain Timnas Indonesia. 

Yang terbaru, PSSI telah mengajukan naturalisasi 3 pemain berdarah Belanda dan Spanyol agar bisa membela skuad senior Timnas Garuda. Nama-nama itu diantaranya ada Sandy Walsh, Jordi Amat, dan yang terbaru ada Shayne Pattynama. 

Isu tentang pemberitaan naturalisasi ketiga pemain tersebut sudah lama. Namun, PSSI baru bisa mengajukan naturalisasi mereka pada awal tahun 2022. Dan sejauh ini, baru Sandy Walsh dan Jordi Amat yang direncanakan paling cepat mendapat gelar sebagai pemain baru Timnas Indonesia. 

Tepat Selasa pagi (8/11), Komisi X DPR RI dan KEMENPORA mengadakan rapat terkait proses naturalisasi atlet sepak bola, dan mereka mengumumkan bahwa permohonan naturalisasi Shayne Pattynama telah resmi disetujui oleh Komisi X DPR RI.

Dengan begitu Shayne Pattynama hanya perlu melewati tahapan selanjutnya untuk segera bisa bergabung dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat yang direncanakan akan melakukan sumpah WNI pada bulan November ini. 

Alasan Coach Shin Tae Yong memilih Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi cukup jelas, karena beliau ingin Timnas Indonesia diperkuat oleh pemain-pemain berkualitas sebelum mengarungi gelaran Piala Asia di Qatar tahun 2023 nanti. 

Diketahui Shayne Pattynama sekarang aktif sebagai pemain klub Viking Fotballklubb (Viking FK), yakni sebuah klub yang bermain di liga teratas Norwegia. Viking FK menjadi salah satu tim tertua di Norwegia, karena tim ini sudah terbentuk sejak tahun 1899. 

Performa pemain naturalisasi anyar Indonesia, Shayne Pattynama dinilai luar biasa oleh para pendukung timnas saat membela klubnya dalam Playoff Liga Konferensi Eropa (UECL).  Dia terus dipercaya pelatihnya untuk bermain melawan tim-tim Eropa lain, bahkan Shayne Pattynama diturunkan sejak menit awal menentang salah satu klub besar asal Rumania bernama FCSB yang tercatat pernah memenangkan Piala Liga Champions.  

Meskipun Viking FK tidak lolos Playoff, tapi tidak sedikit netizen Indonesia yang mengagumi gaya permainan Shayne Pattynama, sebab performa apik yang ditunjukkan pemain naturalisasi berdarah Belanda ini mampu berkontribusi untuk timnya dalam mencetak goal & menjaga pertahanan Viking FK. 

Dalam video yang diposting oleh instagram resmi Ketua Umum (Ketum) PSSI @mochamadiriawan84, pemain naturalisasi berusia 24 tahun ini berkata jika dia sangat antusias & ingin segera bermain dengan Timnas Indonesia. Video ini diunggah tepat 1 hari sebelum Shayne Pattynama diundang untuk mengikuti rapat naturalisasi dengan Komisi X DPR RI. 

Menyusul hasil positif dengan disetujuinya proses naturalisasi Shayne Pattynama. Tidak sedikit pihak yang ikut bahagia mendengarnya, salah satunya diungkapkan oleh Ketum PSSI. "Saya banyak membaca dukungan dari masyarakat terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama. Kita semua menginginkan proses ini berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan. Alhamdulillah, Komisi X DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama. Semoga proses-proses berikutnya berjalan dengan lancar sehingga Garuda dapat segera bersarang didada Shayne Pattynama. Terima kasih kepada seluruh teman-teman komisi X DPR RI yang telah menaruh perhatian terhadap proses naturalisasi Shayne." Postingan ini diunggah oleh Ketum PSSI tepat setelah naturalisasi Shayne Pattynama disetujui. 

Terlihat jelas banyak sekali netizen dan supporter Indonesia yang merasa bahagia dengan pegumuman ini. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menyampaikan ungkapan di kolom komentar agar Ketum Iwan Bule (ibul) stay menjadi Ketum PSSI, dan berharap agar proses naturalisasi mereka dipercepat.