3 Cara Jitu Untuk Mendapatkan Lead

Lead merupakan pasar potensial untuk bisnis di dunia digital. Tetapi bagaimana cara untuk mendapatkan lead? Adakah trik jitunya?

3 Cara Jitu Untuk Mendapatkan Lead

Pernah mendengar kata Lead dalam beberapa waktu belakangan ini? Untuk dunia digital, utamanya bisnis berbasis digital, konsep lead ini memiliki peran besar. Dan pada kesempatan ini kita akan bicara soal bagaimana untuk mendapatkan lead.

Apa Sebenarnya Lead?

Lead merupakan kelompok orang atau pengguna layanan digital yang memiliki minat atas suatu produk, baik itu barang atau jasa. Ketertarikan ini bisa terbentuk karena brand image suatu produk juga bisa karena efektivitas cara cara pemasarannya.

Dalam pandangan bisnis, lead ini merupakan pasar potensial. Mereka adalah kelompok orang yang secara psikologis memiliki keterikatan atau ketertarikan dengan suatu produk. Anda tinggal menggali ketertarikan ini untuk mereka melakukan aksi pembelian.

Untuk mendapatkan lead bisa Anda peroleh dengan otomatis karena mereka terpuaskan dengan produk yang mereka gunakan. Tetapi juga bisa berasal dari proses marketing Anda.

Mereka puas dengan informasi yang Anda berikan, keramahan Anda, bantuan yang mereka dapatkan, kemudahan yang mereka rasakan. Dari sana terbentuk pola terpikat dengan produk yang Anda tawarkan hingga akhirnya membentuk lead.

Lead ini juga bisa terbentuk dari mereka yang memiliki rasa penasaran akan produk Anda. Atau setidaknya memiliki kebutuhan yang dapat berkaitan dengan produk Anda.

Memanfaatkan Lead untuk Bisnis

Ketika Anda sudah sukses membentuk atau menemukan lead dari produk yang Anda tawarkan. Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

·         Kemudahan untuk mentargetkan penjualan

·         Mendapatkan feedback efektif dari produk yang terjual

·         Menemukan pasar potensial baru dari koneksi yang berada di sekitar  komunitas lead

·         Efektivitas dalam membangun komunikasi dua arah dengan konsumen dan calon konsumen

·         Menjangkau konsumen dengan efektif bahkan menemukan kebutuhan mereka dengan optimal.

Bagaimana Cara Jitu Untuk Mendapatkan Lead

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana untuk mendapatkan Lead. Faktanya dengan bantuan internet dan layanan digital, tidak sulit untuk bisa menemukan lead yang sesuai dengan produk Anda.

Berikut ini beberapa cara jitu untuk mendapatkan lead

Lakukan soft marketing

Soft marketing adalah penawaran halus yang dilakukan kepada pasar potensial. Tentukan dulu target pasar Anda dan temukan cara efektif untuk membangun komunikasi. Anda bisa lakukan dengan email, sosial media hingga web.

Alih-alih terang-terangan menjual produk, Anda justru berbagi informasi bermanfaat terkait dengan produk dan hal-hal yang berkaitan dengan produk. Sertakan gambar yang menarik minat viewers.

Buat pasar potensial melihat Anda kompeten karena pengetahuan Anda, juga bahwa Anda memiliki itikad baik dalam membantu dan berbagi.

Penilaian positif ini akan menjadi dasar untuk mereka merasa tertarik dan terikat dengan produk Anda. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan lead.

Temukan Grup

Biasanya mereka dengan kebutuhan atau ketertarikan yang sama akan membentuk grup dalam sosial media untuk bisa berinteraksi dengan sesama mereka yang memiliki kebutuhan dan ketertarikan yang sama.

Misalkan mereka yang tengah membutuhkan rumah akan masuk ke dalam grup facebook yang membahas soal jual beli rumah. Mereka yang menyukai Kpop akan masuk ke dalam grup sosial media yang terdiri dari penggemar kpop.

Temukan grup yang sesuai dengan produk Anda untuk menjadikan mereka pasar potensial. Anda bisa join ke dalam grup pecinta kucing di facebook bila Anda adalah pelaku usaha petshop.

Bangun kemitraan

Beberapa orang memiliki pola membentuk kepercayaan pada pihak tertentu. Seperti percaya pada promosi influencer, atau cenderung mengikuti pandangan artis tertentu. Bisa pula dengan mengikuti pandangan dari sebuah grup base.

Manfaatkan pola seperti ini dengan membangun kemitraan. Dari sini follower mereka akan cenderung mengikuti hingga nantinya membentuk lead baru.

Itu sedikit gambaran soal bagaimana cara untuk mendapatkan lead. Di tengah perkembangan dunia digital, ada banyak kemudahan bisa Anda dapatkan untuk bisnis Anda. Kuncinya adalah selalu peka dengan perkembangan trend dan selalu update dengan perkembangan teknologi.