7 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit, Melembabkan hingga Mencegah Penuaan Dini

Air mawar sangat memiliki banyak manfaat. Yuk ketahui 7 di antaranya melalui ulasan berikut ini!

7 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit, Melembabkan hingga Mencegah Penuaan Dini
ilustrasi manfaat air mawar (Pexels.com/Charlotte May)

Air mawar merupakan sebuah cairan yang berasal dari rendaman kelopak mawar. Oleh karena itu, cairan air mawar ini akan memiliki bau wangi yang khas.

Menariknya, ada berbagai manfaat luar biasa dari air mawar. Oleh karena itu, air mawar sering digunakan dalam proses perawatan kulit. Terkait hal itu, yuk ketahui lebih lanjut mengenai manfaat air mawar bagi kulit.

Inilah 7 Manfaat Air Mawar Bagi Kulit

 1. Meningkatkan kelembapan kulit

Air mawar cocok digunakan untuk semua jenis kulit, tak terkecuali tipe kulit kering. Hal itu karena air mawar mampu mengembalikan kelembapan dan menghidrasi kulit sehingga efek kering pada kulit dapat tertutupi.

Selain itu, air mawar juga berfungsi untuk membantu meremajakan kulit. Bahkan, mencampur air mawar dengan bahan lain seperti lidah buaya akan membuat kulit lebih halus dan bercahaya.

 2. Meratakan warna kulit

Air mawar bekerja sangat baik dalam membantu meratakan warna kulit. Selain itu, cairan yang satu ini juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit, mengurangi minyak, hingga menghilangkan kotoran dari kulit.

Adapun caranya yaitu kamu hanya perlu menyemprotkan air mawar ke wajah dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Untuk lebih menambah manfaatnya, air mawar juga bisa digunakan bersama dengan campuran perasan lemon.

 3. Menjaga kesehatan kulit bibir

Siapa nih yang bibirnya sering kering? Nah, selain menggunakan produk kosmetik seperti lip balm, maka penggunaan air mawar juga dapat membantu masalah bibir kering.

Air mawar tidak hanya sekadar berguna untuk kulit wajah melainkan juga untuk bibir. Cairan ini dapat membantu melembabkan bibir dan membuatnya tampak lebih merah secara alami.

 4. Menenangkan kulit

Tak hanya baik untuk kulit berminyak dan kering, air mawar juga sangat baik digunakan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Kamu pun tak perlu khawatir karena air mawar memiliki sifat anti inflamasi.

Kandungan tersebut berkhasiat untuk membantu menenangkan kulit yang merah dan iritasi. Selain itu, penggunaan air mawar juga akan memberikan efek dingin secara instan sehingga dapat mengurangi rasa gatal di kulit.

 5. Mencegah jerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami oleh banyak orang. Hal itu pun tentu sangat menyebalkan karena munculnya jerawat dapat membuat penampilan wajah terganggu.

Nah menariknya, air mawar mengandung minyak esensial yang memiliki efek antimikroba. Hal itulah yang berperan dalam membantu meminimalkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

 6. Menyembuhkan luka di kulit

Terkadang karena suatu hal kulit bisa terluka. Tentu ada berbagai macam obat yang bisa digunakan untuk mengobati luka tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa cairan air mawar bisa menjadi salah satu solusi untuk menanganinya.

Minyak mawar memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Hal itu membuat air mawar dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka. 

 7. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Semakin bertambahnya usia tanda-tanda penuaan juga perlahan akan mulai muncul. Namun tentu saja ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi timbulnya tanda-tanda penuaan tersebut. Salah satu cara terbaik adalah menggunakan air mawar.

Ekstrak yang terkandung pada mawar memiliki sifat radikal bebas. Hal itu bisa mengurangi stres, membantu meremajakan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, air mawar sangat bagus digunakan setiap hari khususnya bagi kamu yang ingin terlihat lebih awet muda. 

Itulah 7 manfaat air mawar bagi kulit. Semoga dapat menambah wawasanmu, ya.