Laga Perdana Timnas di AFF 2022: Menang Atas Kamboja, Tapi Dapat Hujatan

Laga Perdana Timnas di AFF 2022: Menang Atas Kamboja, Tapi Dapat Hujatan

Laga akbar sepak bola 2 tahunan di ASEAN kembali digelar, kali ini Tim Nasional (Timnas) Indonesia kebagian bermain di Grub A, yang mana selain Indonesia juga di isi oleh negara Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Phillipina. 

Sebelum Indonesia bertanding, jadwal AFF Mitsubishi Electric Cup sudah menampilkan laga antara Brunei Darussalam vs Thailand dengan skor 5-0 untuk kemenangan Thailand. Dan laga Kamboja vs Phillipina dengan skor akhir 3-2 untuk keunggulan Kamboja. 

Timnas sendiri baru menjalani laga pertama pada hari Jumat (23/12) di laga ini skuad Garuda menjamu Kamboja di kandang kebanggaan negara, Stadion Gelora Bung Karno dan secara langsung boleh dihadiri oleh puluhan ribu penonton. 

Banyak yang akan memprediksi jika Timnas akan "menang mudah" melawan Kamboja, karena selain diuntungkan dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah. Indonesia juga diuntungkan dengan kondisi kebugaran para pemain yang belum melakukan pertandingan di hari-hari sebelumnya. 

Hal ini sangat berbeda dengan kondisi skuad  Ryu Hirose yang mesti melakukan perjalanan jauh, & sudah bertanding lebih dulu menentang Phillipina. 

Meskipun begitu, pelatih Timnas Shin Tae Yong (STY) nampaknya tidak mau menganggap enteng laga perdana Timnas di AFF. " Pertandingan pertama menurut saya akan menjadi pertandingan yang sulit." Pungkasnya dalam video yang diunggah oleh akun Youtube PSSI. 

Benar saja, laga perdana Timnas di AFF 2022 terjadi selayaknya apa yang dikatakan oleh pelatih asal Korea Selatan ini. Dengan bersusah payah Timnas hanya bisa menang dengan skor 2-1 atas Kamboja. 

Gol pertama dicetak oleh Egy di menit ke 7 setelah mampu memanfaatkan umpan cantik dari Arhan, dan gol kedua dicetak oleh Witan di menit ke 35 dari asis yang disepak oleh Marselino Ferdinan. 

Secara permainan Indonesia mampu menampilkan gameplay yang bagus di babak pertama, namun di babak kedua permainan itu seolah hancur setelah beberapa pemain utama Timnas diganti. 

Rasa kekecewaan supporter semakin terasa saat Egy tidak mampu memanfaatkan peluang satu lawan satu dengan penjaga Gawang Laos. Selain itu Witan juga gagal memanfaatkan peluang yang tak jauh beda. 

Melihat permainan beberapa pemain Timnas yang belum maksimal, banyak sekali netizen bersumbu pendek yang langsung bereaksi di media sosial. Tidak sedikit dari mereka yang menghina pemain Timnas seperti Egy dan Spaso.

Karena dirasa terlalu keterlaluan, beberapa akun sepak bola juga ikut menyikapi hal ini, beberapa diantara akun itu adalah @garudarevolution.ina @blangkon.football @garudafanspage @garudafansbook dll. Mereka menyerukan kepada netizen untuk menghentikan aksi biadab ini. 

Pelatih STY pun mengungkapkan kekesalannya kepada para pemain, karena dia merasa pemain Timnas tidak bisa bermain secara maksimal di depan ribuan pendukungnya sendiri. 

"Pertama-tama saya ucapkan selamat walau laga pertama ini kami jalani dengan secara sulit. Terus terang saya sangat menyayangkan dan peforma pemain di lapangan membuat saya marah. Saya marah saat meeting setelah pertandingan, saya tegaskan ke depan, semua pemain harus tampil lebih bagus lagi." Pungkasnya ketika diwawancara. 

Kekecewaan pelatih STY sebenarnya juga sangat masuk akal, banyak sekali peluang yang diciptakan oleh Timnas. Secara statistik Timnas juga mampu mendominasi permainan dan menghasilkan posisi sampai 55%. 

Dari segi tendangan Timnas mampu menciptakan  3 sepak pojok, & 17 tendangan, di mana 7 diantaranya on target. Tapi hanya 2 yang bisa berbuah menjadi gol. 

Di laga berikutnya Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam.  Bisa dipastikan jika skuad Merah Putih mampu bermain bagus di laga mendatang, maka akan memperbesar peluang lolos ke semi-final  AFF 2022 juga akan membantu Indonesia naik klasemen.