Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sarapan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Penting untuk mengonsumsi makanan sehat saat sarapan. Lalu apa saja rekomendasi makanan sehat yang dimaksud? Yuk simak!

Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sarapan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
ilustrasi makanan sarapan untuk tingkatkan kekebalan tubuh (freepik)

Kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting dijaga karena hal itu akan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya dengan memperhatikan pola makan saat sarapan.

Penting untuk mengonsumsi makanan sehat pada waktu sarapan karena itu akan menjadi makanan pertama yang dikonsumsi. Dilansir dari Health Shots, berikut telah dirangkum 5 rekomendasikan makanan sarapan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh 

 1. Buah jeruk dan lemon

Jeruk dan lemon merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Keduanya dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya kanker. Selain itu, makanan buah tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membuat kulit menjadi mulus. 

Bagi kamu yang sedang diet pun tak perlu khawatir karena jeruk dan lemon merupakan buah yang rendah kalori. Kendati demikian, buah ini mengandung serat yang baik dan dapat mengurangi risiko batu ginjal.

 2. Yogurt

Makanan berikutnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sarapan adalah yogurt. Makanan yang satu ini tidak hanya kaya akan protein melainkan juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Hal itu karena yogurt merupakan sumber vitamin D yang baik .

Produk susu yang satu ini juga dinilai dapat membantu mengendalikan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Studi juga menunjukkan bahwa yogurt bisa melawan flu biasa karena memiliki kandungan probiotik.

Oleh karena itu, sepertinya tidak ada alasan untuk memilih yogurt sebagai makanan yang dikonsumsi saat sarapan, kan? Kamu bisa mengonsumsi yogurt bersama dengan campuran salad agar rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih banyak.

 3. Buah pepaya

Sejumlah orang tidak menyukai buah pepaya lantaran bau khasnya yang cukup menyengat. Padahal buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Mulai dari kandungan antioksidan yang dapat mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, buah ini juga mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, tembaga, dan potasium serta mengandung vitamin A, B, C, hingga K sehingga berkhasiat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah pepaya dapat dikonsumsi langsung atau juga diolah dengan tambahan sejumlah makanan lainnya. Namun sebagai rekomendasi, maka disarankan agar buah ini dikonsumsi dalam bentuk mentah karena hal itu dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

 4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Kedua jenis makanan ini mengandung omega-3, magnesium, hingga seng yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan juga merupakan makanan yang kaya akan sumber vitamin A, D, E, dan K yang bermanfaat untuk membantu mencegah flu.

Adapun sejumlah makanan yang termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan yakni almond, aprikot, kacang tanah, kurma, wijen, hingga biji bunga matahari. Sejumlah makanan tersebut pun bisa dicampurkan dengan makanan lainnya untuk menambah variasi rasa agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

 5. Teh hijau

Selain mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, penting pula untuk melengkapi sarapan dengan mengonsumsi minuman yang sehat, salah satunya teh hijau. Tak hanya cocok dikonsumsi untuk keperluan diet, jenis minuman ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

Hal itu karena teh hijau memiliki kandungan nutrisi dan sifat antioksidan yang baik. Tak hanya itu, minuman ini juga berperan dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan, berperan pula dalam proses pembuangan racun dalam tubuh karena kandungan mineralnya.

Itulah 5 jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sarapan. Tak hanya nikmat sejumlah makanan tersebut juga kaya nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.