Kenalan Dengan Materai Online Dan Cara Pemakaiannya

Berikut adalah informasi seputar materai online, cara pembelian dan penggunaannya serta masalah yang kerap muncul dalam proses pembeliannya.

Kenalan Dengan Materai Online Dan Cara Pemakaiannya

Mulai sejak Oktober 2021, pemerintah mulai memberlakukan penggunana materai online. Ini adalah bentuk digital dari materai konvensional yang selama ini kita kenal.

Penerbitan materai online ini sejalan dengan penerapan Undang-undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) Pasal 5 ayat (1) yang menyatakan bahwa berkas dan dokumen elektronik memiliki kekuatan hukum kuat. Bahwa semua dokumen digital dapat menjadi alat bukti hukum yang syah.

Sebenarnya kebutuhan akan materai online ini sudah ada sejak lama. Karena dalam beberapa periode terakhir penggunaan dokumen elektronik tanpa cetak mulai marak digunakan.

Sementara di Indonesia, pengesyahan dokumen secara hukum dikenal menggunakan materai. Sehingga sebelum materai online terbit, cukup rumit untuk mengesyahkan dokumen digital atau elektronik secara hukum.

Apa Sebenarnya Materai Elektronik Ini?

Materai Elektronik sebagaimana sudah dijelaskan di atas adalah fasilitas untuk simplifikasi penggunaan materai pada berkas dan dokumen elektronik. Penerbitan materai secara elektronik ini berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020.

Fungsi utama dari materai online ini sebenarnya tidak banyak berbeda dengan materai konvensional yang biasa Anda gunakan. E-materai berfungsi menguatkan secara hukum sebuah berkas atau dokumen.

Bisa Anda gunakan pada dokumen elektronik untuk perjanjian, akta notaris, surat berharga dan surat terkait dengan surat berharga, dokumen lelang, atau dokumen yang melibatkan uang senilai minimal Rp 5 juta.

Secara hukum penggunaan materai online ini sepenuhnya syah dan kuat. Sebagaimana Anda membubuhkan materai pada dokumen cetak dan tertulis sebagaimana biasa.

Bentuk Materai Online

dari sisi tampilan, desain dari materai online ini akan sangat mengingatkan Anda dengan materai konvensional. Nilai dari materai sebesar Rp 10 ribu dengan bentuk persegi dan warna dominasi merah muda.

Anda bisa menemukan logo Pancasila sebagaimana juga Anda temukan dalam materai konvensional dengan tulisan Materai Elektronik dan angka 10000 sebagai penanda nilai nominal dari materai.

Setiap materai memiliki nomor seri berbeda beda. Ini menjadi identitas dari setiap materai dan dokumen bersangkutan.

Cara Mendapatkan E-Materai

Untuk Anda dapat menggunakan materai online ini, Anda perlu membelinya pada sejumlah media. Salah satunya adalah melalui laman resmi e-meterai.co.id. Selain itu Anda juga bisa membeli dari

·         PT Peruri Digital Security (PDS)

·         PT Mitra Pajakku

·         PT Finnet Indonesia

·         PT Mitracomm Ekasarana

·         Koperasi Swadharma.

Ketika Anda bermaksud untuk membeli E-materai, maka Anda perlu membuka salah satu laman portal penjualan di atas kemudian melakukan registrasi. Tentukan dulu di awal apakah Anda pengguna personal, enterprise atau wholesale.

Pada proses registrasi Anda perlu melakukan upload sejumlah dokumen untuk menunjukan identitas Anda. Masukan pula email resmi Anda karena nantinya ID log in akan terkirim ke dalam email Anda.

Anda bisa masuk sebagai konsumen murni, penjualan berjaring sampai penjual borongan. Dengan kata lain, portal penjualan ini menyediakan pula cara untuk Anda yang ingin berbisnis dengan penjualan E-materai.

Bila Anda sudah bisa login ke dalam portal penjualan, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini untuk membeli dan membubuhkan materai online.

1.     Log in ke portal penjualan materai

2.     Klik tombol pembelian

3.     Masukan jumlah materai yang akan Anda beli dalam e-form yang muncul

4.     Klik Bayar, akan muncul lembar pilihan teknik pembayaran

5.     Pilih teknik pembayaran yang akan Anda gunakan

6.     Lakukan pembayaran dengan scan QR code

7.     Bila pembayaran berhasil maka transaksi pembelian materai online selesai Anda lakukan

8.     Cek kuota yang telah Anda beli pada profil akun Anda

Anda juga bisa melakukan pembubuhan materai elektronik ini secara langsung pada portal dengan mengupload dokumen yang akan Anda bubuhi materai. Anda bisa gunakan kuota materai yang sudah Anda beli, atau membeli langsung dengan klik tombol pembubuhan.

Nantinya akan muncul lembar dokumen dan Anda dapat menata letak e-materai pada lembar dokumen. Akan muncul lembar pengisian pin untuk nantinya menjadi verifikasi pembubuhan e-materai.

Anda juga bisa melihat review dari tampilan dokumen dengan materai elektronik yang tersemat di dalamnya. Sebelum nantinya Anda verifikasi dengan mengklik tombol Unduh.

Masalah Yang Kerap Muncul Pada Materai Online

Meski dalam banyak aspek materai online ini sangat memudahkan And menguatkan status hukum sebuah dokumen elektronik. Faktanya muncul banyak keluhan soal sulitnya pembelian, pembubuhan e-materai dan pengelolaan kuota yang tersedia.

Dalam penjelasan laman e-meterai.co.id, dijelaskan bahwa ketika proses pembelian gagal, Anda dapat mengulangi lagi beberapa saat. Bisa jadi ada kendala pada sistem kuota yang perlu sedikit loading.

Namun bila proses pembubuhan yang gagal, Anda bisa cek kembali form jenis dokumen dan PIN. Bila ketika pembubuhan yang gagal ini kuota Anda turut berkurang, Anda bisa ulangi proses pembubuhan dengan membuka riwayat pembubuhan.

Kuota Anda yang terlihat hilang tadi sebenarnya tidak benar benar hilang hanya proses loading data saja yang membutuhkan waktu.

Itulah sedikit gambaran mengenai materai online dan bagaimana cara menggunakannya untuk dokumen elektronik Anda. Pastikan Anda memahami langkah langkahnya supaya dapat menimalisir kendala.