10 Keluarga Terkaya di Asia Tenggara 2022 Versi Forbes, 3 dari Indonesia, Siapa Saja?

Tahukah kamu siapa 10 keluarga terkaya di Asia Tenggara 2022? Siapa yang menyangka jika di antara 10 daftar tersebut, tiga di antaranya merupakan keluarga konglomerat dari Indonesia.

10 Keluarga Terkaya di Asia Tenggara 2022 Versi Forbes, 3 dari Indonesia, Siapa Saja?
Keluarga Hartono sebagai salah satu dari 10 keluarga terkaya di Asia Tenggara 2022. (Source: bisnis.com)

Tahukah kamu siapa 10 keluarga terkaya di Asia Tenggara 2022? Siapa yang menyangka jika di antara 10 daftar tersebut, tiga di antaranya merupakan keluarga konglomerat dari Indonesia.

Jika merujuk istilah "sultan", justru masyarakat mungkin tidak akan mengenal nama-nama mereka, tapi justru nama para selebriti. Ternyata, tiga "sultan" Indonesia yang sebenarnya ini memiliki bisnis yang tak main-main dan lekat sekali dengan produk-prouk yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Siapa saja 10 keluarga terkaya di Asia Tenggara 2022? Dilansir dari Forbes, berikut daftarnya.

1. Keluarga Salim

Salim Group dari Indonesia milik keluarga Salim, dengan salah satu anggota Anthony Salim merupakan perusahaan keluarga dari berbagai sektor dengan total kekayaan mencapai US$8,8 miliar atau setara dengan Rp132 triliun.

Dengan kekayaan itu, mereka menempati posisi ke-10 dari daftar 10 keluarga terkaya di Asia Tenggara 2022. Perusahaan mereka yang terkenal adalah PT Indofood Sukses Makmur dan PT Indoofood CBP Sukses Makmur.

2. Keluarga Ng

Keluarga Ng dari Singapura memiliki Far Eeast Organization, perusahaan di bidang real estate terbesar di Asia. Perusahaan ini menyediakan berbagai usaha, seperti residensial, hospitality, properti komersial, dan ruang sewa kantor ataupun ritel.

Dengan usaha tersebut, keluarga Ng memiliki kekayaan sebesar USD$9,7 miliar atau setara Rp145,5 triliun.

3. Keluarga Widjaja

Selain keluarga Salim, keluarga Widjaja dari Indonesia, yaitu pemilik perusahaan Sinarmas memiliki kekayaan sebesar US$10,4 miliar atau setara Rp 156 triliun.

Tokoh dari Sinarmas Grup ini adalah Eka Tjipta Widjaja sebagai pendiri dan Muktar Widjaja, sang anak, sebagai CEO dari Sinar Mas Land Group.

4. Keluarga Chirativat

Chirativat family merupakan keluarga kaya dari Thailand yang memiliki kekayaan sebesar US$19,3 miliar atau setara Rp289 triliun. Kekayaan ini berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang ritel.

5. Keluarga Kuok

Keluarga Kuok dari Malaysia memiliki total kekayaan sebesar US$16,6 miliar atau setara Rp249 triliun. Pemiliki bisnis Shangri-La Hotels ini juga memiliki bisnis lain seperti pabrik gula, tepung, minyak, pertambangan, angkutan, media, dan sebagainya.

6. Keluarga Sy

Perusahaan SM Investments Corp menjadikan keluarga Sy dari FIlipina memiliki total kekayaan mencapai US$20,1 miliar atau setara dengan Rp301,5 triliun.

7. Keluarga Kwek

Selain keluarga Kuok, keluagra Kwek dari Malaysia juga menduduki posisi keluarga terkaya di Asia. Perusahaan mereka adalah Hong Leong Grup yang bergerak di bidang keuangan, properti, hotel, dan industri perdagangan. Kekayaan mereka pun mencapai YS$23,3 miliar atau sekitar Rp349triliun.

8. Keluarga Yoovidhya

Dari Thailand, keluarga Yoovidhya memiliki usaha di bidang minuman, salah satunya Red Bull, memiliki kekeyaan sebesar US$13,1 miliar atau sekitar Rp196,5 triliun. Nama keluarga ini juga menduduki peringkat ke-22 keluarga terkaya se-Asia.

9. Keluarga Chearavanont

Chirathivat family dari Thailand memiliki total kekayaan sebesar US$19,3 miliar atau Rp289 triliun. Kekayaan itu mereka dapatkan dari bisnis di bidang ritel.

10. Keluarga Hartono

Tak disangka, posisi pertama keluarga terkaya di Asia Tenggara ditempati oleh keluarga dari Indonesia yaitu Hartono bersaudara, Robert Budi dan Michael Hartono.

Nama mereka tentu sudah tak asing lagi. Bagaimana tidak, bisnis mereka mulai dari PT Djarum, PT Bank Central Asa Tbk (BCA), dan lain-lain menjadikan kekayaan mereka mencapai US$32 miliar atau setara Rp480 triliun.

Dengan kekayaan yang luar biasa tersebut, keluarga Hartono pun menduduki posisi ke-5 keluarga terkaya se-Asia.