Ke Madura? Jangan Lupa Mampir Melihat Eksotisme Pantai Goa Petapa

Ke Madura? Jangan Lupa Mampir Melihat Eksotisme Pantai Goa Petapa
Foto: Google Maps/Ryo Aulia

Madura terkenal dengan sebutan pulau garam, karena banyaknya pantai dan penambang garam yang ada di sini. Salah satunya di Bangkalan. Memang, Bangkalan identik dengan banyaknya pantai yang menjadi tujuan utama wisatawan ke sini.

Terdapat satu pantai di Bangkalan yang bernama Pantai Goa Petapa. Pantai ini terletak tidak jauh dari gerbang tol jembatan Suramadu di sisi Madura, tepatnya di Desa Kejawan, Sukolilo Timur, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Jika teman Brisik datang dari arah Surabaya, kamu hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 10 menit setelah melewati jembatan Suramadu.

Daya Tarik Pantai Goa Petapa

Objek wisata Pantai Goa Petapa baru dibuka sekitar awal lebaran 2020 lalu.  Dinamakan dengan Goa Petapa karena menurut dari cerita yang berkembang dulunya ada seorang pendatang yang mencipatakan dua lubang di sekitar pantai, satu lubang untuk bertapa, dan satu lubang lainnya memanjang sekitar 25 kilometer ke utara yang konon dihuni oleh ular piton, namun lubang ini sudah disumbat. Lubang yang berdiameter sekitar 2 meter ini terletak tepat di sisi timur area parkir kendaraan roda dua, disampingnya terdapat papan berwarna biru yang bertuliskan “Welcome to Goa Petapa”.

Pantai Goa Petapa ini membentang sekitar 300 meter dengan keindahan pasir putih dan gugusan karang yang tampak eksotis ketika laut surut. Selain itu tampak pula deretan pohon bakau yang tumbuh subur menempel diatas batu karang menambah suasana asri di sekitar pantai. Pohon bakau ini selain berfungsi sebagai pemasok oksigen juga sebagai penahan abrasi pantai. Dan jika kamu melihat ke arah barat, kamu akan mendapati pemandangan jembatan Suramadu yang megah.

Selain wisatawan lokal ternyata pengunjung Pantai Goa Petapa juga ada yang datang dari warga negara asing seperti Korea, Kanada, hingga Jerman. Hal yang menyebabkan banyak wisatawan berkunjung adalah panorama pantai yang bersih dan terawat. Selain itu banyak juga pengunjung yang menikmati pantai hingga malam hari untuk menyaksikan keindahan kerlipan lampu dari ujung Surabaya.

Harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Goa Petapa hanya Rp5.000 saja per pengunjung. Menurut pihak pengelola pantai, niat dari membangun Pantai Goa Petapa adalah untuk melestarikan lingkungan. Uang retribusi yang terkumpul digunakan untuk pengelolaan pantai, sebagian lagi digunakan untuk upah pengelola dan penjaga parkir, dan sebagian lainnya digunakan untuk membantu karang taruna di desa setempat.

Fasilitas Pantai Goa Petapa

Terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati  oleh pengunjung diantaranya perahu kayu, hammock, spot foto, gazebo, playground, dan lainnya. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan berayun di atas hammock atau menikmati makanan dan minuman yang ada disini sambil duduk di santai di gazebo. Untuk kamu yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir karena mereka bisa bermain perosotan atau bermain diatas perahu kayu yang terdapat di tengah pantai. Selain itu kamu juga bisa berswafoto diantara spot-spot foto yang telah disediakan. 

Akomodasi

Karena pihak pengelola cukup ketat dengan protokol kesehatan selama pandemi, jadi untuk kamu yang ingin datang ke sini pastikan selalu memakai masker ya. Buat kamu yang ingin bermalam bisa datang ke Penginapan Syariah Prenjak dengan tarif per malamnya mulai dari 100 ribuan. Kamu dapat menikmati fasilitas lengkap seperti kamar ber-AC, Wifi, tempat parkir gratis, dan sarapan pagi gratis.

Selamat berlibur!