Jangan Panik Saat HP Hilang, Simak Cara Melacak HP Hilang melalui IMEI

Kehilangan hp menjadi hal yang merepotkan bagi sebagian orang terutama yang memiliki banyak file yang tersimpan di dalamnya.

Jangan Panik Saat HP Hilang, Simak Cara Melacak HP Hilang melalui IMEI

Di era globalisasi sekarang, HP merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas bergantung pada HP mulai dari berkomunikasi, mengabadikan momen hingga penggunaan aplikasi. Dengan kemajuan teknologi membuat HP menjadi suatu barang yang sangat bermanfaat baik untuk bekerja dan proses belajar.

Oleh karena itu, ketika saat mendapati HP hilang maka menyebabkan orang merasa panik terlebih ketika banyak data penting yang tersimpan di dalamnya. Saat ini tidak perlu khawatir ketika HP hilang karena dapat dilakukan pelacakan dengan menggunakan IMEI yang terdapat pada HP.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode 15 digit unik yang disahkan oleh GSMA. Fungsi dari IMEI yaitu sebagai sertifikat identitas untuk HP. Setiap kali telepon menggunakan jaringan tertentu untuk melakukan atau menerima panggilan, mengirim atau menerima pesan maka nomor IMEI secara otomatis dipancarkan dan dilacak.

Cara mengetahui IMEI pada HP

Cara mengetahui IMEI dapat dilakukan dengan fitur Panggilan.

  • Ketik *#06#
  • Nomor IMEI muncul otomatis pada layar HP

Cara mengetahui IMEI dapat dilakukan dengan pengaturan pada HP.

  • Buka Pengaturan atau Settings pada HP
  • Klik About Phone atau Tentang Ponsel
  • Nomor IMEI muncul otomatis pada layar HP

Sebelum melacak HP hilang, terlebih dahulu harus mengetahui IMEI dari nomor provider yang terhubung di HP hilang tersebut. Agar dapat melacak HP hilang menggunakan IMEI maka harus meminta bantuan call center provider

Cara melacak HP hilang melalui IMEI

1. Mengetahui Nomor IMEI pada HP hilang

Untuk mengetahui nomor IMEI pada HP hilang, dapat dilakukan dengan memeriksanya pada bagian belakang kardus HP hilang tersebut. Apabila tidak ditemukan di bagian belakang kardus maka dapat dilihat di dalamnya biasanya berbentuk stiker. Setelah mengetahui nomor IMEI HP hilang itu kemudian catat untuk mempermudah proses pencarian.

2. Mengurus Surat Keterangan Hilang ke Pihak Berwajib

Setelah mengetahui nomor IMEI HP hilang, selanjutnya mengurus surat keterangan hilang ke pihak berwajib. Tujuannya yaitu agar proses selanjutnya untuk mencari HP hilang dapat berjalan dengan baik.

3. Hubungi Call Center

Setelah mengurus surat keterangan hilang ke pihak berwajib, selanjutnya menghubungi call center operator HP hilang tersebut dengan mengatakan bahwa HP hilang atau dicuri. Berikan nomor IMEI kepada pihak operator agar dapat membantu melacak HP hilang itu lewat nomor IMEI.

Cara Melacak HP Hilang Melalui IMEI dengan Aplikasi

Selain cara-cara yang telah disebutkan, ada jug acara melacak HP hilang melalui IMEI dengan menggunakan aplikasi.

1. Google Find My Device

Cara melacak HP hilang melalui IMEI dapat dilakukan dengan Google Find My Devive. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat mengetahui keberadaan HP hilang. Selain itu juga bisa memeriksa kapasitas baterai dan koneksi internet HP.

2. Phone Tracker By Number

Cara melacak HP hilang melalui IMEI dengan menggunakan aplikasi Phone Tracker By Number. Dengan aplikasi ini dapat mencari HP hilang menggunakan nomor keluarga yang tersimpan pada HP hilang tersebut.

3. Find My Phone

Cara melacak HP hilang melalui IMEI dengan menggunakan aplikasi Find My Phone. Dengan menggunakan aplikasi ini juga dapat membantu melacak HP yang hilang.

Dengan beberapa cara yang telah dijabarkan di atas, semoga dapat membantu kamu ketika mendapati HP kesayangan hilang. Cara melacak HP hilang melalui IMEI tersebut dianggap salah satu cara yang solutif.