Hutan Bakau di Indonesia Yang Eksotis

Hutan bakau atau hutan mangrove merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang patut dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan.

Hutan Bakau di Indonesia Yang Eksotis

Hutan bakau atau hutan mangrove merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang patut dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan.

Pernahkah Anda mendengar tentang hutan Mangrove? Pohon mangrove menjadi begitu populer untuk mencegah tsunami yang lebih buruk ke beberapa wilayah desa di sekitar laut. Di Indonesia, beberapa pantai juga ditanam oleh beberapa di antaranya.

Sebagian besar pohon Mangrove di Indonesia dikelola dengan baik. Seiring berjalannya waktu, itu menjadi hutan dengan area yang lebih luas yang ditutupi oleh mereka di sekitar pantai. Kebanyakan dari mereka tidak hanya berguna tetapi juga memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati.

Berbicara tentang hutan Mangrove di Indonesia, berikut kami rangkum beberapa daftarnya yang layak untuk dijelajahi dengan pemandangan yang eksotis. Mari kita lihat beberapa di antaranya di bawah ini!

Hutan Bakau di Indonesia Yang Eksotis

1. Hutan Mangrove Muara Angke

Menjelajahi Jakarta tidak selalu tentang pusat perbelanjaan di Jakarta dan kota yang ramai dengan begitu banyak orang melakukan bisnis mereka. Jika Anda ke utara Jakarta sedikit saja, Anda akan menemukan hutan mangrove di sekitar keadaan pantai yang ditumbuhi mangrove.

Hutan mangrove Muara Angke menjadi salah satu hutan mangrove terbesar di Indonesia yang patut dikunjungi. Lokasinya di sekitar Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Hanya membutuhkan waktu sekitar Rp35.000 untuk menjelajahi seluruh hutan mangrove Muara Angke di akhir pekan untuk wisatawan lokal. Jika Anda orang asing, Anda perlu membayar sekitar Rp170.000 pada akhir pekan. Apakah Anda siap untuk sampai ke sana?

2. Hutan Mangrove Tarakan

Pulau Kalimantan tidak hanya populer dengan hutan hujannya, tetapi juga hutan bakau. Jika Anda menjelajahi Kalimantan bagian timur, Anda akan menemukan salah satu hutan mangrove terbesar di Kabupaten Tarakan.

Secara spesifik terletak di sekitar negara bagian pantai Tarakan, provinsi Kalimantan yang menjadi salah satu provinsi dengan hutan terluas di Indonesia.

Hutan mangrove Tarakan tidak hanya berfungsi untuk hal-hal ekologi, tetapi juga untuk membantu beberapa nelayan dan pariwisata. Selain itu, mangrove juga menjadi salah satu pohon terbaik yang mampu menyerap karbon dioksida juga.

3. Hutan Mangrove Margomulyo

Menjelajah Kalimantan Timur tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi hutan mangrove Margomulyo. Terletak di sekitar desa Margomulyo, Balikpapan, Kalimantan Timur. Hutan ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan untuk menjelajahi hutan setelah hutan mangrove Tarakan.

Hutan mangrove Margomulyo menjadi salah satu hutan mangrove konservasi di Indonesia. Tidak hanya menjadi hutan yang mampu mencegah abrasi, tetapi juga kunjungan wisata edukasi dan beberapa sumber herba.

4. Hutan Mangrove Kampung Nipah

Sumatera Utara tidak hanya populer dengan pasar bermerek yang murah tetapi juga hutan bakau. Jika Anda menjelajah di sekitar pantai pantai timur di Sumatera Utara, Anda akan menemukan hutan bakau di Kampung Nipah.

Setelah tsunami besar melanda desa itu sekitar tahun 2004 dan juga Gempa Nias sekitar tahun 2005, sebagian besar penduduk desa sangat takut pada mereka. Hal tersebut membuat beberapa warga desa memutuskan untuk membuat hutan mangrove di sekitar pantai.

Hutan bakau tidak hanya mencegah abrasi tetapi juga melindungi Kampung Nipah dari angin topan dan tsunami.

5. Hutan Mangrove Bintan

Pulau Bintan di Kepulauan Riau menjadi salah satu pulau yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Begitu banyak keindahan pantai di sana untuk mengeksplorasi keindahan yang sempurna untuk menyelam menjadi salah satu alasannya.

Jika Anda menjelajah sedikit ke beberapa desa di sana, Anda akan menemukan hutan bakau di sekitar tepi pantai. Hutan memiliki keindahan hijau pohon bakau yang hidup di sana selama bertahun-tahun