HP Hilang? Tenang, Berikut Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Ketika mendapati HP hilang entah karena lupa meletakkannya atau benar-benar sedang dicuri maka ada cara melacak hp yang hilang dengan Google Maps.

HP Hilang? Tenang, Berikut Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Saat ini HP menjadi salah satu barang yang paling penting untuk dibawa ke berbagai aktivitas. Selain HP dapat digunakan sebagai alat komunikasi, HP tentunya memiliki banyak fungsinya seperti untuk mengakses berbagai aplikasi.

Apabila ingin melakukan perjalanan atau bepergian, HP biasanya digunakan untuk mengabadikan momen dan menyimpan file-file berupa video dan foto.

Bentuk HP yang tergolong kecil maka sangat rentan mengakibatkan HP hilang dengan mudah. Kehilangan HP tidak hanya karena orang lain yang mencuri tetapi bisa juga karena lupa meletakkan HP android tersebut.

Saat kamu mendapati HP milikmu hilang, kamu tidak perlu panik karena ada beberapa cara melacak HP yang hilang dengan Google Maps. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba agar dapat menemukan kembali HP yang hilang tersebut.

  1. Buka akses situs Google Find My Device melalui https://www.google.com/android/find.
  2. Beri izin Google untuk melacak lokasi HP.
  3. Login ke akun Google yang terhubung pada HP.
  4. Pilih pada bagian kiri atas, model atau jenis HP yang hilang.
  5. Muncul notifikasi dari Google Play Service pada HP yang hilang.
  6. Muncul informasi mengenai lokasi HP yang hilang di maps. Lokasi yang ditampilkan akurat, apabila HP terhubung internet dan GPS aktif.
  7. Dengan Find My Device juga dapat melacak lokasi terakhir dari lokasi Google Maps.
  8. Klik Map Timeline untuk mencari lokasi terakhir HP yang hilang sesuai tanggal, bulan dan tahun HP.
  9. Selain lokasi juga dapat memantau sisa daya baterai dan nama jaringan seluler atau WiFi yang terhubung pada HP.
  10. Situs Google Find My Device dapat digunakan untuk mengelola aktivitas HP yang sedang hilang.
  11. Pilih Play Sound untuk mengaktifkan suara dering pada HP. Nada dering ini akan berbunyi selama lima menit dan terdengar sangat lantang walaupun HP dalam keadaan mode Silent.
  12. Pilih Secure Device untuk mengunci HP dan log out dari akun Google. Meskipun HP yang hilang tersebut terkunci tetapi masih dapat melacak lokasi HP dan menampilkan catatan bahkan nomor telepon yang dapat dibaca oleh orang lain yang menemukan perangkat.
  13. Pilih Erase Device untuk menghapus seluruh file yang tersimpan pada HP. Apabila opsi ini dipilih maka tidak dapat lagi memantau lokasi HP yang hilang.

Google juga memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan ketika melacak HP yang hilang sehingga semakin memudahkan penggunanya. Berikut ini fitur-fiturnya:

  • Putar Suara (Play Sound)

Fungsinya dapat membuat HP yang hilang berdering selama 5 menit tanpa henti. Fitur ini dapat berfungsi ketika HP dalam keadaan silent sehhingga sangat memudahkan untuk mendeteksi HP yang hilang itu.

  • Amankan Perangkat (Secure Device)

Fungsinya mengunci perangkat dengan menggunakan PIN, pola atau password. Selain itu dapat mengirimkan pesan layar kunci HP yang hilang. Sehingga fitur ini sangat berguna untuk membantu orang yang menemukan HP apabila ingin mengembalikan HP hilang tersebut.

  • Hapus Perangkat (Eraser Device)

Berfungsi apabila sudah merelakan HP hilang sehingga dengan memanfaatkan fitur ini dapat menghapus file-file yang tersimpan didalamnya. Fitur ini hanya dapat digunakan untuk menghapus file di memori internal HP dan untuk file di memori eksternal berupa SD card tidak dapat dihapus melalui fitur ini.

Nah, dengan Google Maps maka kamu bisa mendeteksi keberadaan HP yang hilang dan menjadi lebih tenang ketika mendapati kehilangan HP. Agar tidak mengalami kejadian tersebut maka kamu harus berhati-hati dalam menjaga benda penting tersebut.