Gaya Hidup Berkelanjutan, Kenapa Ini Layak Anda Jalankan?

Apa sebenarnya gaya hidup berkelanjutan? Apa yang istimewa dari sistem ini serta mengapa gaya hidup kekinian ini layak menjadi pilihan untuk Anda jalankan

Gaya Hidup Berkelanjutan, Kenapa Ini Layak Anda Jalankan?

Gaya hidup berkelanjutan atau disebut juga sebagai sustainable lifestyle mulai populer dikalangan masyarakat modern. Ini berangkat dari kesadaran bahwa gaya hidup tersebut akan berperan besar pada kesinambungan alam dan lingkungan di masa depan.

Tetapi sebenarnya konsep berkesinambungan saat ini tidak lagi hanya soal lingkungan hidup. Bahkan kesinambungan juga  dapat dijalankan dalam dunia bisnis, pekerjaan dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan, kita bahas dulu apa sebenarnya sustainable lifestyle? Apa bedanya dengan gaya hidup konvensional yang selama ini kita kenal?

Apa Sebenarnya Gaya Hidup Berkelanjutan?

Gaya hidup berkesinambungan dalam pemahaman lingkungan adalah gaya hidup yang mengedepankan penggunaan bahan alam secara berketerusan, berulang, berputar dan tidak terbuang percuma.

Dalam bahasa ilmiahnya juga dikenal konsep gaya hidup yang mengutamakan penggunaan energi terbarukan. Makna terbarukan di sini adalah energi yang tidak habis pakai, tetapi bisa dibarukan kembali setelah terpakai. Juga bisa bermakna energi yang selalu baru sebanyak apapun kita menggunakannya.

Ketika bicara energi, maka kita akan bicara soal energi dari sinar matahari yang akan selalu melimpah setiap siang, sebanyak apapun kita gunakan. Juga energi dari angin dan air yang juga akan dengan mudah terbentuk kembali sebanyak apapun kita gunakan.

Tetapi, gaya hidup berkesinambungan lebih kompleks dari sekedar bicara soal energi. Kita bicara soal seluruh sumber daya alam. Termasuk kayu, air, hewan, tumbuhan dan masih banyak lagi.

Kita bicara soal kertas yang setelah tidak lagi berguna bisa melalui proses recycle untuk kemudian menjadi kertas baru yang bisa Anda gunakan kembali. Bicara soal air yang setelah Anda gunakan mandi, masih bisa melalui proses filter dan kembali menjadi air bersih siap pakai.

Sejatinya energi dan upaya yang Anda hasilkan akan sama. Bila Anda bandingkan dengan ketika memproduksi kertas baru dari kayu baru setiap hari, dengan memproduksi ulang kertas dari kertas bekas. Bedanya, pada pilihan kedua tidak banyak kayu yang perlu Anda korbankan untuk menghasilkan kertas baru.

Inilah prinsip utama dan pengertian mendasar dari gaya hidup berkesinambungan. Utamanya ketika Anda kaitkan dengan masalah lingkungan dan perlindungan alam.

Mengapa Pilihan Sustainable Ini Layak Anda Jalankan?

Ada sejumlah alasan mengapa pilihan untuk menjalankan gaya hidup berkelanjutan sebenarnya opsi terbaik untuk Anda. Beberapa alasan tersebut antara lain :

Sebenarnya energi dan upaya yang Anda keluarkan kurang lebih sama

Hal ini sudah menjadi bahasan sebelumnya, bahwa penggunaan energi dan upaya untuk menggunakan produk secara konvensional atau dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan akan kurang lebih sama.

Anda yang menggunakan barang habis pakai, akan terus menerus mengeluarkan energi dan upaya untuk belanja barang yang sama.

Sedang bila Anda menggunakan sistem sustainable, maka barang yang sudah Anda gunakan akan masuk proses daur ulang. Proses ini bisa jadi membutuhkan upaya untuk bisa terproses sempurna dan kembali siap dipakai.

Jadi, sebenarnya keduanya akan memakan waktu, energi, upaya Anda. Bila demikian, bukankah lebih baik bila Anda memilih gaya hidup berkelanjutan?

Anda bisa lebih hemat dengan pengeluaran terkendali

Menggunakan bahan daur ulang untuk keperluan Anda, apalagi bila proses pembuatannya Anda lakukan sendiri. Jelas akan membantu mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan.

Bahkan kemampuan Anda dalam memproses daur ulang juga memungkinan Anda mendapatkan pendapatan dari produk recycle yang Anda hasilkan.

Anda berperan menjaga lingkungan

Tentu saja, gaya hidup berkelanjutan akan sangat membantu kelestarian lingkungan. Semakin banyak penggunaan barang daur ulang, semakin banyak penghematan sumber daya dan energi yang Anda keluarkan semakin optimal perlindungan lingkungan yang Anda jalankan.

Jangan memandang remeh peran Anda dalam menjaga lingkungan. Meski hanya dalam skala kecil, setiap upaya akan memberi manfaat untuk lingkungan secara akumulasi.

Ini merupakan gaya hidup positif yang membantu Anda mengembangkan diri lebih baik di lini lain.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, gaya hidup berkelanjutan bisa berkembang pada hal-hal diluar aspek lingkungan. Ini adalah pola kebiasaan baik yang nantinya berkembang pada dunia kerja, bisnis, pendidikan hingga sosial.

Ini akan berkaitan demikian luas hingga soal bagaimana membangun hunian yang akan bertahan lama dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan dalam jangka panjang. Ini juga akan berbicara soal bisnis yang memiliki nilai jual produk cukup stabil dalam jangka panjang. Serta lain sebagainya.

Dari gambaran di atas soal bagaimana gaya hidup berkelanjutan ini, dapat Anda tarik kesimpulan bahwa sistem berkelanjutan adalah solusi kekinian untuk perlindungan lingkungan, skema keuangan yang lebih sehat hingga untuk perkembangan bisnis dan karier yang Anda perjuangkan.