Final Piala Dunia Qatar 2022: Laga Argentina vs Prancis Jadi Kemenangan Indah Messi Sebelum Pensiun

Final Piala Dunia Qatar 2022: Laga Argentina vs Prancis Jadi Kemenangan Indah Messi Sebelum Pensiun

Pertandingan final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina vs Prancis  diadakan di Lusail Stadium pada Minggu Malam (18/12). Pada laga ini nama-nama bintang sepak bola dunia sekelas Messi, Mbappe, Dembele, Fernandez dll bertanding untuk mendapatkan gelar juara Piala Dunia 2022. 

Kedua tim tentunya bermain dengan skuad terbaik mereka. Skuad Argentina memainkan 11 pemain utama, diantaranya Martinez (GK), Messi, Di Maria, Alvarez, De Paul, Fernandez, Allister, Tagliafico, Otamendi, Romero, Molina. Dan skuad Prancis di isi oleh Lloris, Mbappe, Giroud, Dembele, Rabiot, Tchouameni, Griezmann, Hernandez, Upamecano, Varane, Kounde. 

Pada pertandingan babak pertama, skuad Argentina sangat mendominasi, bukan hanya dari total posisi, serangan demi serangan yang dilancarkan Messi dkk juga sangat dominan. Di babak pertama Argentina berhasil membuat 6 tendangan, dan 3 diantaranya tendangan ke arah gawang. Sedangkan Prancis sama sekali tidak bisa membuat tandangan ke arah gawang Argentina. 

Tak butuh waktu lama, di menit ke 23 Messi sukses menorehkan gol dari titik putih setelah Di Maria dilanggar di dalam kotak pinalti. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Argentina. 

Skor semakin bertambah setelah di menit ke-36 Di Maria berhasil menggandakan keunggulan melalui skema serangan balik Argentina, terhitung sampai babak pertama berakhir skor 2-0 tidak berubah. 

Permainan kedua tim di babak kedua sedikit berbeda, Prancis yang awalnya hanya terkekang di bawah tekanan Argentina, berhasil menciptakan peluang yang mengancam gawang Martinez. Salah satunya peluang Mbappe yang hampir sukses menjadi gol di menit ke 70 melalui percobaan sepakan di dalam kotak pinalti lawan. 

Beberapa menit kemudian tepatnya di menit 80, Prancis berbalik mendapatkan sepakan penalti. Mbappe yang melakukan eksekusi pinalti, sukses mencetak gol. Skor menjadi 2-1, baru hitungan detik setelah itu Mbappe kembali menggandakan golnya di menit ke 81, dan skor menjadi imbang 2-2. 

Setelah gol kedua di cetak Mbappe, permainan seolah berubah 180%. Prancis yang tadinya tidak bisa berkutik sama sekali, setelah berhasil menyamakan keunggulan menjadi begitu mendominasi pertandingan. 

Para penonton sepak bola juga menjadi riuh dan bergemuruh, para pemain dari kedua kesebelasan juga bermain semakin sengit dan semakin sering melakukan pelanggaran. 

Sampai menit ke 90 Prancis semakin menunjukkan dominasi mereka. Di menit tambahan Prancis berkali-kali hampir sukses mencetak gol, namun skor 2-2 bertahan sampai babak kedua berakhir. Dan laga dilanjutkan ke babak extra time. 

Babak extra time pertama belum ada gol yang tercipta dari kedua tim, baru di awal babak extra time kedua di menit ke-108 Messi kembali menambah gol untuk Argentina, skor pun menjadi 3-2. 

Kejutan terjadi di menit ke-117,  Prancis kembali mendapatkan hadiah pinalti setelah salah satu pemain Argentina melakukan hand-ball.  Mbappe kembali sukses membuat skor menjadi imbang 3-3, sekaligus mencatatkan namanya untuk gol ketiga Prancis, alias mencetak hatrick. 

Skor imbang sampai akhir extra time babak kedua. Laga berlanjut ke babak adu pinalti. Mesi dan Mbappe sama-sama menjadi penendang pertama dari pemain Prancis dan Argentina, dan mereka sama-sama mampu mencetak gol. 

Berbeda dengan Mbappe, gol kedua dan ketiga pemain Prancis gagal berbuah gol, sedangkan semua tendangan pemain Argentina sukses menjadi gol. Dengan hasil 4-2 ini Argentina sukses menjadi pemenang Piala Dunia Qatar 2022. Dan berstatus sebagai Pemenang Piala Dunia Untuk yang ketiga kalinya.

Dengan status berhasilnya Argentina menjadi Piala Dunia ini berarti sudah membuat karir Messi bisa dikatakan sempurna, sebab pria yang sudah berusia 35 tahun ini berkata jika ingin pensiun dari dunia sepak bola setelah mendapatkan trophy kemenangan Piala Dunia untuk Argentina.