Elon Musk Turun! Inilah Pria Terkaya Dunia Sekarang

Baru-baru ini dunia di ramaikan dengan Elon Musk yang tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya dunia

Elon Musk Turun! Inilah Pria Terkaya Dunia Sekarang
ilustrasi karikatur Elon Musk Bukan lagi orang terkaya dunia/pixabay

Elon Musk bukan lagi orang terkaya dunia – Baru-baru inidunia di ramaikan dengan Elon Musk yang tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya dunia oleh Bernard Arnauld. Perubahan posisi ini terjadi sebab merosotnya harga saham Tesla pada penutupan perdagangan saham pada Senin, 12 Desember 2022.

Bernard Arnault/Forbes

(Foto: Bernard Arnault/Forbes)

Diketahui Forbes pun telah merombak daftar orang terkaya dunia setelah harga saham Tesla merosot 6,3%. Penurunan pada Senin itu membuat harga saham Tesla merosot hingga 50% sepanjang tahun.

Sebelumnya diketahui harga saham Tesla terpengaruh oleh ambisi Elon Musk di Twitter. Untuk mengakuisisi Twitter, upaya Musk di antaranya, dengan menjaminkan saham Tesla untuk menggalang dana US$44 juta yang dibutuhkan guna membeli seluruh saham perusahaan media sosial tersebut.

Dikutip dari NBC, Di sematkannya Musk sebagai orang terkaya dunia saat itu, mayoritas harta Musk adalah dalam bentuk saham Tesla. Harga saham Tesla yang sebelumnya melesat 1.000% dalam 2 tahun terakhir membawa nama Musk meroket melewati miliarder lain di daftar orang terkaya.

Arnault sendiri mengendalikan sekitar 60% dari saham pengendali LVMH lewat perusahaan induk milik keluarga. Dikutip dari Forbes, Arnault saat ini memiliki harta US$186,2 miliar.

Sementara itu, Musk kini memiliki 14,11% dari saham yang diterbitkan Tesla yang kini memiliki kapitalisasi pasar US$530 miliar. Selain itu, Musk memegang 40% saham SpaceX yang masih merupakan perusahaan privat dengan valuasi US$125 miliar.

Berbeda dengan Tesla, sepanjang tahun ini LVMH - pemilik merek mewah seperti Louis Vuitton, Dior, hingga Tiffany & Co - hanya turun 1,5% sepanjang tahun saat pasar finansial global tertekan.