Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Lengkap Dengan Artinya

Berikut ini adalah doa-doa untuk orang tua yang sudah meninggal sebagai salah satu wujud bakti seorang anak untuk orang tua yang sudah meninggal

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Lengkap Dengan Artinya
Doa untuk orang tua yang sudah meninggal/freepik

Salah satu wujud bakti seorang anak ialah memanjatkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal. Amalan ini bisa dilakukan setiap hari untuk memohonkan ampunan orang tua.

Saat orang tua masih hidup, anak memiliki kewajiban untuk berbuat baik terhadap keduanya. Misalnya dengan menjaga sikap di depan orang tua, memberi nafkah ataupun menjamin kebahagiaannya. Namun ketika orang tua sudah meninggal maka cara anda berbakti pun berubah.

Dikutip dari buku “Tuntunan Akhlak Dalam Al-Quran dan Sunnah” oleh Dr. Hardisman, MHID, PhD, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda tentang doa kepada orang tua yang telah meninggal.

"Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya." (HR. Muslim).

Doa kepada orang tua dapat memberikan kebaikan dan manfaat tatkala amal-amal di dunia sudah terputus. Berbuat baik kepada orang tua hukumnya adalah wajib. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat An Nisa ayat 36:

 

۞ وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

 

Arab-Latin: Wa'budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā

 

Artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

 

Doa Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Berikut beberapa pilihan doa untuk orang tua yang bisa dipanjatkan saat memohon ampunan kepada Allah SWT. Doa ini bisa menjadi amalan yang dibaca setiap hari.

·       Doa untuk Orang Tua yang Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

 

Bacaan latin: Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā'i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā'inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu'allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi 'alaynā.

 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

 

Doa ini bukan hanya bisa dibaca untuk kedua orang tua kandung saja. Tetapi juga bisa ditujukan kepada kakek, nenek ataupun keluarga yang telah lebih dahulu meninggal dunia dan awalilah dengan niat yang baik.

 

·       Doa Memohonkan Ampunan

Selanjutnya ada juga doa yang bisa dibaca sebagai permohonan rahmat, ampunan, dan syafaat.

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

 

Bacaan latin: Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa 'āfihim, wa'fu 'anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā'ata 'alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

 

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat."

 

·       Doa Sapu Jagad

Ketika memanjatkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia bisa ditutup dengan doa sapu jagad. Kemudian bisa dilanjutkan dengan melantunkan shalawat Nabi Muhammad SAW dan membaca Al-Fatihah.

 

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ ...

 

Bacaan latin: Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūna, wa salāmun 'alal mursalīna, wa shallallāhu 'alā sayyidinā Muhammadin, wa 'alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil 'alamīn. Al-Fatihah.

 

Artinya: "Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah)."

 

·       Doa untuk kedua Orang Tua

Selain pilihan doa tersebut, setiap umat muslim juga bisa membaca doa untuk orang tua yang sudah dikenal secara umum. Doa ini bisa dibaca untuk orang tua yang masih hidup ataupun sudah meninggal dunia.

 

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

 

Bacaan latin: Rabbigh firlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaani shaghiiraa

 

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku serta kedua orang tuaku dan sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku waktu kecil."

 

Amalkanlah doa-doa diatas untuk bakti terbaik anda kepada orang tua yang sudah meninggal.

Demikian doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia. Semoga kedua orang tua anda ditempatkan di tempat yang paling baik oleh Allah Subhanahu Wata’ala.