Doa Memulai Pekerjaan Agar Dimudahkan dan Penuh Berkah

Berikut adalah 2 doa memulai pekerjaan yang bisa anda amalkan agar dimudahkan dan penuh berkah.

Doa Memulai Pekerjaan Agar Dimudahkan dan Penuh Berkah
Doa Memulai Pekerjaan/Unsplash

Membiasakan berdoa sebelum beraktivitas bagi seorang muslim sangatlah dianjurkan.

Untuk urusan pekerjaan, seorang muslim sudah sepatutnya membiasakan diri mengamalkan doa memulai pekerjaan. Doa sendiri merupakan perkara yang penting dalam ajaran Islam.

Mengutip buku “Adab dan Doa Sehari-hari Untuk Muslim Sejati” oleh Thoriq Aziz Jayana, Abu Hafsh Umar dalam Kitab Al Lubab menyebutkan;

“bahwa doa yaitu menyeru kepada Allah, serta memohon bantuan dan pertolongan-Nya. Doa juga merupakan sebuah perintah dari Allah dan sarana penghubung akan hamba dan Tuhan-Nya.”

Oleh sebab itu, berdoa menjadi penting dilakukan khususnya saat akan memulai pekerjaan.

Dilansir dari detikhikmah, tujuannya adalah agar selama kita bekerja, akan mendapat perlindungan, kemudahan, dan kelancaran. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil terbaik.

2 Doa Memulai Pekerjaan

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum bekerja yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Memulai Pekerjaaan Versi Pertama

اللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْلَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Bacaan latin: Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijabah wa anta laa tukhliful wa'dah wa laa tukadzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassir lanaa wa maa karahta min syai'in fa karihu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku meminta dari keutamaan dan pemberianmu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

2. Doa Memulai Pekerjaan Versi Kedua

Atau bisa membaca doa lain yaitu,

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

 

Bacaan latin: Allahummarzuqni rizqon halalan thoyyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika'alayya'inda kibari sinnii wanqithoo'i'umrii. Allahummakfinii bihalaalika'an haraamika. wa aghninii bifadhlika amman siwaaka. Allahumma inni as-aluka rizqon waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-alukan na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

 

Artinya: "Ya Allah, berilah padaku rizki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezekiMu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karuniaMu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni'mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

 

Selain doa diatas jangan lupa untuk senantiasa perbanyak zikir dan mengingat Allah, agar setiap waktu yang terlewat penuh dengan keberkahan lagi terhindar dari dosa-dosa yang disengaja maupun tidak disengaja.

Itulah doa memulai pekerjaan yang bisa diamalkan sebelum memulai bekerja. Semoga bermanfaat.