Diet Anti Jerawat Untuk Kulit Lebih Sehat Dan Mulus

Diet anti jerawat terbukti efektif membantu meredakan jerawat dengan cara mengatur menu dan pola makan. Bagaimana detail jenis menu dari diet ini?

Diet Anti Jerawat Untuk Kulit Lebih Sehat Dan Mulus

Taukah Anda bahwa jerawat juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Bahkan ternyata dengan mempraktekan diet anti jerawat Anda bisa mendapatkan kulit lebih sehat dan mulus, bebas dari jerawat.

Jerawat merupakan perpaduan antara masalah hormonal, anti bodi tubuh, perawatan kulit yang tidak optimal dan masalah oksidasi yang tidak tepat.

Beberapa di antaranya bisa berkaitan dengan pola makan, seperti masalah hormonal, anti bodi dan oksidasi. Karena itu menjalankan diet anti jerawat akan sangat membantu meredakan keluhan jerawat yang Anda alami.

Bagaimana sebenarnya diet anti jerawat itu?

Diet anti jerawat adalah mengatur pola makan Anda untuk meredakan oksidasi yang terjadi, sekaligus membantu mengendalikan kecenderungan tubuh untuk membentuk peradangan.

Jadi pola makan yang tepat akan membantu keluhan Anda. Tentu saja Anda tidak bisa mengharapkan hasil cepat. Anda perlu disiplin dan tekun dengan pola diet anti jerawat ini untuk hasil terbaik.

Apa saja yang masuk dalam konsep diet anti jerawat?

Kendalikan asupan gula

Gula memiliki peran sangat kuat dalam meningkatkan peradangan dalam tubuh. Bila Anda cenderung mudah berjerawat, ada baiknya Anda coba untuk kendalikan asupan gula yang Anda konsumsi.

Hindari minuman dan makanan padat gula seperti soda, desert manis, permen dan lain sebagainya. Perhatikan bila setelah sepekan Anda mulai merasakan kulit Anda membaik, bisa jadi memang sumber masalah jerawat Anda adalah pola asupan gula Anda yang berlebihan.

Konsumsi rempah-rempah

Beberapa jenis rempah dan rimpang memiliki peran sangat baik untuk meredakan jerawat. Herbal rempah dan rimpang ini secara alami membantu meredakan gejala jerawat pada kulit dengan mengatasi sumber masalahnya.

Jadi Anda bisa coba sesekali konsumsi larutan kunyit yang memberi efek anti peradangan, teh kayu manis yang baik untuk meredakan gangguan hormonal atau teh oregano yang juga baik untuk imunitas dan gangguan hormonal.

Konsumsi buah dan sayur dengan tepat

Sayur dan buah adalah asupan penting untuk membantu meredakan jerawat. Di dalamnya kaya serat untuk melancarkan pencernaan, vitamin dan mineral untuk imunitas dan sejumlah antioksidan yang baik atasi kerusakan sel.

Ketahuilah, semua unsur tersebut dapat secara langsung dan tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Jadi memperbanyak asupan sayur dan buah baik untuk diet anti jerawat.

Hanya saja jangan berlebihan karena ketika buah dan sayur Anda konsumsi berlebihan dapat memberatkan kerja ginjal dan liver. Ini pun dalam jangka panjang bisa memicu jerawat.

Perbanyak konsumsi ikan segar

Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk mencegah peradangan. Berbeda dengan kacang kacangan yang kaya asam lemak omega 6 yang memiliki dua wajah. Bersifat anti peradangan dalam jumlah terbatas, tetapi pro peradangan pada jumlah berlebihan.

Asam lemak omega 3 sangat baik untuk memperbaiki kerusakan sel tubuh, meningkatkan imunitas, memperbaiki sirkulasi darah menuju kulit dan membantu memperbaiki peradangan.

Hindari sumber kolesterol

Makanan yang menjadi sumber kolesterol seperti jeroan, daging sapi yang berlemak, makanan fastfood, kulit ayam, merupakan asupan yang mengandung banyak kolesterol.

Kolesterol bisa memicu sirkulasi darah menuju kulit tidak lancar. Ini membuat kulit mengalami proses oksidasi lebih berat akibat menarik oksigen langsung dari udara. Karena ternyata oksigen bebas tidak cukup sehat untuk kulit dibandingkan oksigen dari dalam pembuluh darah.

Konsumsi makanan fermentasi

Makanan fermentasi berperan dalam memperbaiki pencernaan. Karena pencernaan tidak sehat bisa memicu jerawat. Ini juga baik untuk imun sehingga tubuh dapat lebih efektif mengatasi bakteri dan jamur pemicu infeksi jerawat.

Separah apapun itu jerawat yang menyerang wajah Anda, Sebenarnya terapi dengan diet ini akan membantu. Tentu saja Anda tidak bisa menuntut setiap orang akan memberikan hasil yang sama.

Karena sejatinya penyebab jerawat pada setiap orang juga berbeda-beda. Bahkan pada beberapa orang jerawat bisa berkaitan dengan kondisi genetik yang tentu saja tidak bisa serta merta teratasi hanya dengan diet anti jerawat.