Cocok Bagi Penimbun Tugas Kuliah, 3 Media Online Ini Menerima Kiriman Makalah Mahasiswa

Cocok Bagi Penimbun Tugas Kuliah, 3 Media Online Ini Menerima Kiriman Makalah Mahasiswa

Mahasiswa Strata 1 (S1) sangat sering diberi tugas untuk mengerjakan makalah, biasanya tugas itu diberikan oleh dosen untuk dikerjakan sesuai dengan mata kuliah yang dosen tersebut ajarkan. 

Makalah bisa dikatakan mirip dengan artikel atau jurnal. Akan tetapi makalah memiliki standar minimal jumlah kata, dan termasuk ke dalam karya tulis ilmiah. Dengan begitu makalah memiliki standar ketentuan yang harus diikuti dalam proses pengerjaanya. 

Dalam salah satu website media yang menjadi penerbit buku kenamaan Indonesia. Tertulis apabila makalah bisa dimaknai dengan sebuah karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu topik tertentu yang tercakup ke dalam ruang lingkup pengetahuan.  

Yang mana strukturnya dalam standar Perguruan Tinggi, terdiri atas pendahuluan (kover, kata pengantar, daftar isi dsb), studi kepustakaan, pembahasan (isi makalah), dan penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran. 

Sebagai salah satu karya yang banyak sekali dikerjakan oleh mahasiswa. Sedihnya, karya ilmiah hanya menjadi "pajangan tulisan" dari para mahasiswa, karena umumnya setelah dikerjakan/dibahas, makalah akan disimpan rapi, baik dalam file (soft file)/lemari (hard file). 

Untuk itu jika Anda para mahasiswa/mahasiswi yang mengalami masalah di atas, jangan mubazir dengan kesempatan. Kirimkan tulisan makalah kalian ke media-media berikut ini. 

1. Mahasiswaindonesia.id

Mahasiswaindonesia.id  adalah sebuah media online yang diharapakan mampu mewadahi segala aspirasi dan gagasan mahasiswa yang lahir di tanah Indonesia, baik yang berada di dalam dan luar negeri. 

Selain itu dengan kehadiran website mahasiswaindonesia.id diharapkan mampu melatih mahasiswa untuk menulis dengan baik, dan tentunya secara tidak disadari hal ini akan mengajak mahasiswa untuk rajin membaca.  

Dalam website pada bagian rubrik akademik, tertulis apabila mereka menerima tuliasan yang membahas mengenai hal-hal yang menyangkut kegiatan akademik, salah satunya soal makalah. 

Setiap tulisan yang dikirim harus minimal berjumlah 300 kata, di samping itu format file dokumen harus berbentuk word. Dan pengiriman file, bisa dilakukan melalui email mahasiswanusantara@gmail.com

2. Imadiklus.or.id

Imadiklu.or.id adalah sebuah media online dalam bentuk website yang menyajikan berbagai informasi terkait Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan non formal, Pendidikan Masyarakat, serta kegiatan Mahasiswa PLS/PNF/PENMAS. Lahir dari semangat mensosialisasikan PLS lebih luas, Imadiklus.or.id, berusaha memberikan informasi kepada masyarakat luas. 

Sesuai dengan pengertian media online ini, mereka menerima berbagai tulisan soal pendidikan. Terkhusus soal tulisan, satu diantaranya tentang tugas kuliah (makalah). 

Berbeda dengan media sebelumnya yang harus mengirim melalui email, media imadiklus.or.id memberikan kebebasan bagi pengirim untuk mengunggah langsung tulisan para kontributor melalui website mereka. 

Saat melakukan proses pengungahan, media online ini hanya mewajibkan pengirim menulis biodata diri, & upload file makalah. 

3. Duniaperpustakaan.com

Duniaperpustakaan.com merupakan media online yang bergerak di bidang literasi. Sesuai dengan nama media ini, duniaperpustakaan.com juga tidak jauh dari yang namanya perpustakaan. Karena selain sebagai penyaji informasi, media online itu juga memasarkan produk mereka bagi lembaga-lembaga atau siapapun yang mau mendirikan perpustakaan. 

Media yang dibawahi dp. Group ini memiliki artikel-artikel bermutu, seperti sejarah Perpustakaan Nasional (Perpusnas), dan artikel tentang 3 Profesor di bidang perpustakaan yang ada di Indonesia. 

Media duniaperpustakaan.com, mengkhususkan kepada orang-orang yang memiliki background di dunia perpustakaan. Seperti mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP), dosen JIP, pustakawan, dan para pegiat literasi yang suka menulis untuk mengirimkan karya tulisan mereka. 

Meskipun banyak orang yang bisa mengirim tulisan ke media ini, untuk bagian tugas kuliah, pengirim hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. 

Untuk pengiriman karyanya bisa dilakukan melalui website duniaperpustakaan.com, namun sebelum mengirim tulisan. Para penulis diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Sangat disayangkan jika para mahasiswa melewatkan kesempatan ini. Sebab sebenarnya banyak media yang mau menerima kiriman makalah yang sudah banyak mahasiswa buat. 

Karena itu, jikalau Anda ingin tulisan karya ilmiah kalian dibaca, dan bermanfaat bagi banyak orang. Sila untuk segera kirim makalah kalian ke berbagai media online di atas.