Catat! Ini Keutamaan Membaca Alquran yang Harus Kita Ketahui

Ternyata masih banyak yang belum tahu keutamaan membaca Al Qur'an yang sangat besar. Berikut keutamaan membaca Al-Qur'an yang jangan sampai terlewat

Catat! Ini Keutamaan Membaca Alquran yang Harus Kita Ketahui
Keutamaan membaca Al Quran/Pixabay
Keutamaan Membaca Al Quran - Di zaman sekarang ini, banyak dari kita membiarkan Al-Qur'an tertutup debu. Padahal di dalamnya terdapat petunjuk untuk kehidupan dunia dan akhirat. Barangkali kita lebih sibuk dengan gawai masing-masing, seolah tak punya waktu membaca ayat ayat Allah.

Padahal jika kita tahu banyak sekali keutamaan dari membaca Alquran, niscaya kita akan termotivasi untuk melafalkannya. Oleh karena itu, mari kita simak Keutamaan membaca Alquran di bawah ini.

Keutamaan membaca Alquran

  • Membaca Alquran adalah perdagangan yang tidak pernah merugi

 

{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

 

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

 

Selain itu, pahala membaca Alquran bukanlah tiap satu kalimat, akan tetapi pahala membaca Alquran dihitung perhuruf.

  • Satu huruf dicatat sebagai 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

 

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

 

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ.

 

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Masya Allah, dengan dicatatnya membaca Alquran sebagai kebaikan tersebut, maka sudah saatnya kita mulai berlomba lomba membacanya. Kita rutinkan setiap harinya.

 

  • Penghapus Dosa

 Kebaikan-kebaikan tersebut akan menghapuskan kesalahan, sebagaimana yang tertulis di surat Hud ayat 114.

 

{إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ} [هود: 114]

 

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

 

  • Mendatangkan Syafa'at

Keutamaan lain dari membaca Al Quran yaitu akan mendatangkan syafa’at

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

 

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Tentu masih banyak lagi keutamaan membaca Alquran yang belum kami sebut. Meski demikian, dari sedikit yang kami tulis, mudah mudahan menjadi motivasi bagi kita semua untuk membaca Alquran secara rutin dan terjadwal setiap harinya.

Sebagimana generasi terdahulu yang shalih, mereka memiliki jadwal masing-masing untuk membaca Alquran. Mari kita bandingkan dengan diri kita, apa yang sehari harinya lebih banyak kita pegang? 

Barangkali ada yang menjawab gawai, ada yang menjawab koran dan yang semisalnya. Sedangkan membaca Alquran, seperti tidak ada waktu yang tersisa untuk membacanya. Padahal  dengan mengikuti Al-Qur'an kita tidak akan tersesat dunia dan akhirat. 

 

Oleh karena itu, setelah membaca keutamaan membaca Alquran, segera kita ambil mushaf kita. Janganlah kita tunda-tunda amalan kebaikan. Sehingga kebaikan-kebaikan itu memenuhi catatan amal di akhirat.

 

Penulis: Dwi Lestari

Sumber: https://muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html