5 Cara Mengatasi Trauma Psikologis yang Patut Dicoba

Jika Anda baru saja terseret dalam peristiwa traumatis, Anda mungkin mengkhawatirkan tentang proses penyembuhan yang berpotensi memakan banyak waktu. Jangan khawatir, berikut lima cara mengatasi trauma psikologis yang dapat Anda coba untuk membuat Anda merasa lebih baik dalam waktu singkat.

5 Cara Mengatasi Trauma Psikologis yang Patut Dicoba

Trauma adalah cara pikiran manusia menanggapi suatu pengalaman yang memicu stres berat secara emosional. Misalnya, bencana alam, kecelakaan, atau perang. Trauma sendiri dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi trauma psikologis.

Apabila Anda baru-baru ini mengalami kejadian traumatis, Anda akan merasakan berbagai gejolak emosi secara bersamaan. Umumnya, perasaan itu meliputi ketidakberdayaan, terkejut, merasa kewalahan, dan kesulitan memproses pengalaman tersebut.

Setelahnya, Anda juga akan menjumpai gejala-gejala fisik, seperti sakit kepala, mual, otot tegang, dan lelah. Dalam jangka panjang, psikologi trauma dapat berujung pada gangguan stres pascatrauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD).

Lantas, apa saja cara menghilangkan trauma berkepanjangan? Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

1. Terbuka terhadap Segala Jenis Bantuan yang Ditawarkan

Pertama-tama, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki keinginan yang kuat untuk sembuh dan bersedia menerima dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.

Barangkali selama ini Anda selalu melewati masa-masa sulit sendiri. Ke depannya, ubah mindset Anda untuk melibatkan lebih banyak orang dalam proses penyembuhan Anda.

Menghadiri terapi juga disarankan. Singkatnya, apa pun cara yang Anda pilih, hasilnya akan lebih baik daripada ketika Anda berjuang seorang diri.

2. Temukan Bantuan yang Tepat

Selanjutnya, Anda sebaiknya mencari jenis bantuan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Jika terapi tampaknya merupakan langkah yang tepat untuk Anda, Anda dapat mencari terapis yang secara khusus menangani trauma untuk kasus Anda.

Atau, Anda mungkin lebih menyukai menghadiri konseling secara berkelompok. Dengan demikian, Anda dapat berada di antara orang-orang yang juga pernah mengalami situasi serupa dan memperoleh penghiburan dari mereka.

Terapi berkelompok juga ideal untuk mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendirian dalam mengatasi trauma Anda.

3. Olahraga

Olahraga telah terbukti meringankan gejala PTSD. Selain memberikan efek penyembuhan secara langsung, olahraga juga memproduksi zat kimia yang dibutuhkan tubuh seperti endorfin.

Jika Anda tidak terbiasa untuk aktif secara fisik, Anda dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti bersepeda, mengikuti video yoga, atau mendaftar kelas menari. Gerakan apa pun yang melibatkan setiap anggota tubuh Anda akan sangat bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan Anda.

4. Terapkan Self Care

Praktik self care dapat mengurangi stres secara signifikan. Lakukan self care dengan rutin untuk membantu Anda merasa lebih baik, dan yang terpenting, mengembalikan kasih sayang terhadap diri sendiri.

Self care tidak harus mahal. Hal sesederhana mandi busa atau memasak makanan kesukaan Anda sama efektifnya dengan spa dengan harga selangit. Yang terpenting adalah Anda menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri dan melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa dicintai.

5. Asah Kreativitas Diri

Terakhir, bersenang-senang juga tergolong trik yang ampuh untuk mengatasi trauma. Salah satu caranya yakni dengan mengasah kreativitas diri. Misalnya, membuat lagu, menulis puisi, atau sekadar membaca novel.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Am J Public Health membuktikan bahwa melibatkan otak Anda dalam aktivitas-aktivitas berbau seni dapat meningkatkan kondisi fisiologis dan psikologis Anda. Dengan kata lain, melakukan sesuatu yang kreatif dapat menciptakan perasaan positif di dalam jiwa Anda.

Menyembuhkan diri Anda dari bayang-bayang masa lalu yang terus menghantui tentunya melelahkan. Akan tetapi, ketahuilah ada banyak cara mengatasi trauma psikologis yang dapat Anda praktikkan. Jika Anda menekuni cara-cara di atas, bukan tidak mungkin Anda akan segera merasa lebih baik.