5 Cara Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

Hanya dengan satu klik, hacker dapat menyusup ke perangkat Anda dan mengambil alih akses menuju akun Instagram Anda. Untuk mencegah mimpi buruk ini, pelajari cara mengamankan akun Instagram dari hacker sekarang.

5 Cara Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

Instagram adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia, dengan total sekitar 99,9 juta per April 2022 menurut Data Indonesia.

Selain digunakan untuk terhubung dengan keluarga dan teman, Instagram juga merupakan alat yang ideal untuk branding sebuah badan usaha.

Mengingat pentingnya fungsi media sosial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern, maka keamanannya menjadi penting untuk diperhatikan.

Akan tetapi, pakar menyebutkan bahwa akun Instagram rupa-rupanya sangat mudah untuk disusupi aktivitas dari pihak ketiga di luar izin sang pemilik.

Salah satu contoh tindakan merugikan yang dilakukan peretas antara lain membanjiri pengikut Anda dengan postingan sampah, seperti mengiming-imingi followers dengan hadiah yang tidak betul-betul nyata.

Contoh lainnya adalah mengganti caption dari satu atau beberapa postingan dengan perkataan yang tidak Anda maksudkan.

Jenis-jenis kegiatan ini tentunya dapat merusak reputasi digital Anda. Akun Anda bahkan dapat berujung pada penangguhan apabila peretas mengunggah media yang menyalahi aturan Instagram.

Oleh karena itu, selalu sedia payung sebelum hujan. Berikut lima cara mencegah akun di-hack yang dapat Anda coba untuk mengamankan akun Instagram Anda.

1. Buat Kata Sandi yang Kuat

Langkah pertama ini merupakan langkah preventif terbaik untuk melindungi akun Anda dari serangan hacker.

Jika Anda mempunyai lebih dari satu akun, maka pastikan setiap akun memiliki kata sandi yang berbeda dari satu sama lainnya.

Juga, hindari untuk berbagi kata sandi dengan siapa pun, baik itu saudara, orang tua, maupun rekan kerja.

Anda dapat memanfaatkan fitur password generator untuk memperoleh kombinasi kata kunci 15 digit yang unik.

Alat-alat semacam ini secara otomatis membuat password dengan menggabungkan simbol, angka, dan karakter.

Untuk berjaga-jaga, simpan kata kunci Anda agar Anda tidak melupakan akses ke akun Anda sendiri suatu saat nanti.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Selanjutnya, gunakan autentikasi dua faktor untuk melindungi akun Instagram Anda setiap kali Anda masuk.

Cara mengaktifkan fitur ini pun tidak sulit. Di akun Instagram Anda, masuk ke “Settings”. Kemudian, pilih “Two-Factor Authentication”.

Ubah setelan bagaimana Anda ingin menerima kode keamanan Anda, entah itu melalui sebuah aplikasi autentikasi yang terpasang di perangkat Anda atau lewat SMS.

Sekarang, kapan pun Anda masuk ke akun Anda, Instagram akan mengirimkan kode keamanan ke ponsel Anda untuk mengonfirmasikan identitas Anda.

3. Hapus Aplikasi Pihak Ketiga

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin telah mencoba berbagai macam aplikasi pihak ketiga untuk mengelola akun Instagram Anda.

Sehubungan dengan ini, tidak ada salahnya untuk mencopot pemasangan aplikasi-aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan yang memiliki akses ke akun Anda.

Pasalnya, hacker dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi-aplikasi ini untuk menyelinap ke akun Instagram Anda, apalagi jika mereka masih menyimpan kredensial Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke “Settings”, pilih “Security” lalu “Apps and websites”. Di bagian ini, Anda dapat mengecek apa saja aplikasi-aplikasi yang pernah Anda gunakan.

4. Periksa Keamanan Email

Instagram meminta seluruh penggunanya untuk menghubungkan akun mereka ke email saat sign up. Ini menjadikan email sebagai bagian penting dari keamanan akun Instagram.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengaktifkan autentikasi dua faktor dan membuat password yang unik untuk email Anda juga.

Di samping itu, hindari mengunjungi sembarang tautan yang dikirimkan ke email Anda.

Ini adalah cara paling mudah bagi hacker untuk membobol akun Anda yang terhubung ke email tersebut.

5. Simpan Foto dan Video Instagram

Apabila peretas berhasil mendapatkan akses ke akun Instagram Anda, besar kemungkinannya mereka akan menyembunyikan atau menghapus beberapa konten Anda.

Alhasil, selalu simpan foto dan video yang akan Anda unggah untuk berjaga-jaga.

Sementara itu, bagi pemilik akun bisnis, ambil tangkapan layar dari feed Instagram Anda secara teratur.

Anda dapat menggunakan dokumentasi ini untuk menunjukkan kepada pihak Instagram bahwa akun tersebut adalah benar milik Anda kalau-kalau hacker menyerang.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang sudah terlanjur di-hack?

Pertama-tama, jangan panik. Berikutnya, periksa email Anda untuk mengecek apakah Anda menerima pesan dari security@mail.instagram tentang perubahan alamat email untuk akun Anda.

Apabila Anda tidak melakukan perubahan apa pun terkait informasi log in akun Anda, Anda dapat membatalkan aksi tersebut dengan memilih opsi “Pulihkan perubahan ini” pada pesan tersebut.

Jika cara tadi tetap tidak berhasil, Anda sebaiknya segera melaporkan perihal kejadian tersebut ke Instagram untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Tetapi, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya apabila Anda secara aktif menerapkan cara melindungi akun Instagram dari hacker di atas.