5 Cara Liburan Murah ke Luar Negeri a la Backpacker

Jalan-jalan ke luar negeri tidak harus menguras isi dompet. Berikut lima cara liburan murah ke luar negeri a la backpacker dengan anggaran terbatas.

5 Cara Liburan Murah ke Luar Negeri a la Backpacker

Semua orang pasti memimpikan untuk menjejakkan kaki di negeri nun jauh di sana sekali seumur hidup. Akan tetapi, keterbatasan dana biasanya menjadi penghalang bagi mereka untuk mewujudkan impian tersebut. Padahal, ada sederet cara liburan murah ke luar negeri yang dapat dicoba untuk bepergian dengan modal cekak.

Tertarik untuk menjelajahi destinasi wisata impian Anda walau dengan anggaran terbatas? Berikut tipsnya.

1. Rencanakan Liburan Bersama Teman

Tidak ada liburan yang seseru liburan bersama teman. Barangkali belakangan ini grup chat Anda bersama sahabat-sahabat Anda tidak pernah bosan membahas tentang healing. Nah, Anda sebaiknya menggunakan kesempatan tersebut untuk mengajak mereka travelling ke luar negeri bersama Anda!

Dengan mencoba trik ini, Anda dapat berhemat dengan berbagi biaya selama bertamasya. Alih-alih membayar semua pengeluaran dengan uang Anda sendiri, kini setiap orang sama-sama berkontribusi untuk pembelian apa pun.

Alhasil, makan malam di restoran seharga $70 akan menjadi lebih murah dengan lebih banyak orang per meja. Akan tetapi, bukan berarti berlibur ramai-ramai bukan tanpa tantangan. Anda harus memastikan semua orang menikmati kegiatan yang ada demi pengalaman terbaik.

2. Sesuaikan Destinasi dengan Anggaran Anda

Kunci dari liburan murah ke luar negeri adalah untuk bersikap realistis. Dengan kata lain, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengunjungi negara yang Anda tahu terlalu mahal untuk budget Anda.

Saat memilih lokasi untuk dituju, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Beberapa faktor tersebut mencakup biaya transportasi, penginapan, makanan, dan tiket masuk atraksi wisata.

Ambil Benua Eropa sebagai contoh. Kawasan Eropa Utara memang terkenal memiliki biaya hidup yang tinggi, seperti Islandia dan Denmark. Sebaliknya, Anda tidak perlu mencemaskan soal biaya saat mendatangi Eropa Timur.

3. Pilih Penerbangan Termurah

Rasa-rasanya pengeluaran termahal dari sebuah perjalanan adalah transportasi. Lebih-lebih lagi jika Anda berencana untuk pergi jauh, Anda harus cerdas dalam memilih maskapai dan jadwal penerbangan untuk memperoleh harga paling rendah.

Beberapa penerbangan menawarkan tiket termurah selama off-season, seperti pertengahan tahun. Dengan kata lain, hindari musim liburan seperti menjelang Natal atau Tahun Baru agar Anda dapat menghemat uang untuk transportasi dan mengalokasikannya untuk keperluan lain.

4. Manfaatkan Transportasi Umum

Layanan raid-hailing seperti Uber memang dapat menghemat waktu Anda, terlebih jika Anda terlambat bangun karena jetlag dan harus berpindah ke lokasi berikutnya dalam 15 menit. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri juga bahwa layanan semacam ini mematok tarif yang tinggi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk berkeliling dengan memanfaatkan transportasi umum.

Juga, jika jarak dari penginapan ke tempat wisata tujuan Anda tidak terlampau jauh, tidak ada salahnya untuk berangkat lebih awal dan berjalan kaki. Di samping hemat ongkos, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan menarik di sepanjang perjalanan yang mungkin akan terlewat jika Anda berkendara.

5. Kunjungi Lokasi Tanpa Tiket Masuk

Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu Anda di negeri orang adalah dengan mencoba budayanya yang berbeda. Eksplorasi lingkungan baru di sekitar Anda dan berinteraksilah dengan penduduk setempat untuk memperkaya wawasan Anda.

Anda mungkin tergiur untuk mendaftar ke aktivitas-aktivitas yang ditawarkan biro perjalanan. Sayangnya, jasa-jasa seperti ini biasanya dipatok dengan harga tinggi.

Beruntungnya, ada alternatif bagi backpacker yang ingin bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Di pusat kota, Anda biasanya dapat menjumpai tempat-tempat yang membebaskan tiket masuk, seperti taman, perpustakaan, atau museum.

Nah, sekarang apakah Anda sudah siap untuk mengemas koper dan pergi berkeliling dunia? Jangan lupa untuk mencoba kelima cara liburan murah ke luar negeri di atas dan nikmati waktu Anda tanpa perlu mencemaskan soal uang, uang, dan uang.