Jangan Panik, Ini 5 Cara Cepat Melunasi Hutang Menumpuk

Stres dan lelah membayar cicilan hutang yang seolah tidak ada habisnya? Berikut lima cara cepat melunasi hutang menumpuk untuk Anda coba.

Jangan Panik, Ini 5 Cara Cepat Melunasi Hutang Menumpuk

Berhutang adalah solusi ketika Anda membutuhkan uang dengan cepat untuk keperluan mendesak. Sayangnya, melunasi hutang tidak semudah kelihatannya, apalagi jika kondisi keuangan Anda sedang tidak baik-baik saja.

Walaupun demikian, itu bukan berarti tidak ada cara cepat melunasi hutang. Faktanya, berhutang tidak hanya memengaruhi kesehatan mental Anda-pikirkan tentang stres yang ditimbulkan tiap kali Anda mesti memutar otak untuk mengatur budget Anda-tetapi juga berdampak pada kesejahteraan finansial Anda ke depannya.

Jika Anda ingin segera terbebas dari jerat hutang, ikuti cara agar bisa cepat melunasi hutang di bawah ini.

1. Kurangi Pengeluaran

Mayoritas orang terjerat hutang dikarenakan kecenderungan mereka untuk memborong apa pun yang mereka inginkan tanpa berpikir panjang. Nah, lain kali Anda tergiur untuk membeli sesuatu, tahan diri Anda supaya tidak tergoda untuk membelinya kecuali Anda betul-betul punya uang.

Untuk sementara waktu, Anda sebaiknya mengalokasikan lebih sedikit dana ke anggaran Anda dibandingkan biasanya. Dengan pengeluaran yang lebih kecil, Anda dapat menggunakan sisa uang yang ada untuk membayar hutang.

Saat nanti hutang Anda berhasil terlunasi, Anda barangkali telah terbiasa untuk tidak secara sembrono membelanjakan uang Anda. Alhasil, secara tidak langsung Anda pun telah mengubah gaya hidup Anda agar lebih hemat.

Salah satu trik cerdas untuk mengurangi pengeluaran Anda yakni membayar secara cash daripada menggunakan kartu kredit ataupun memanfaatkan layanan pay later. Sejumlah penelitian sepakat bahwa konsumen cenderung lebih boros ketika membayar segala sesuatu secara kredit.

Jadi, jika Anda ingin terbebas dari jerat hutang lebih cepat, mulailah untuk menggunakan uang tunai lebih sering. Juga, hindari membeli barang dengan menyicil sampai Anda melunasi hutang Anda.

2. Lunasi Hutang Terbesar Lebih Dulu

Cara cepat melunasi hutang yang menumpuk yang tidak banyak orang tahu adalah dengan fokus untuk melunasi hutang dengan nominal yang paling membebani Anda terlebih dahulu. Kemudian, apabila Anda masih memiliki hutang lainnya, lanjutkan untuk melunasi hutang terbesar berikutnya.

Terapkan metode ini hingga hanya hutang dengan nominal atau bunga terkecil saja yang tersisa. Trik ini juga akan memberikan Anda kepuasan sekaligus dorongan untuk membayar semua hutang Anda lebih cepat.

Di samping strategi di atas, ada pula variasi berbeda yang disebut Metode Bola Salju. Berkebalikan dari cara sebelumnya, Metode Bola Salju mengharuskan Anda untuk melunasi hutang dengan nominal terkecil lebih dulu.

Masing-masing metode punya kelebihan dan kekurangannya, jadi pilih yang menurut Anda paling cocok dengan preferensi dan kondisi finansial Anda saat ini.

3. Cari Pekerjaan Sampingan

Banyak orang mengaplikasikan cara ini untuk membayar hutang-hutang mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan sampingan atau menambah jam kerja di pekerjaan Anda sekarang.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa strategi ini tidak serta-merta cocok untuk semua orang. Walaupun demikian, apabila Anda berhasil menekuninya, dijamin Anda akan mampu melunasi satu-persatu hutang Anda dalam hitungan bulan atau tahun (tergantung pada besarnya hutang Anda).

Gunakan penghasilan tambahan Anda untuk membayar hutang. Anda tidak perlu melakoni pekerjaan atau usaha sampingan Anda secara permanen. Begitu hutang-hutang Anda berhasil dilunasi, Anda dapat kembali ke pekerjaan utama Anda atau meneruskannya untuk dialokasikan ke tabungan Anda.

4. Hindari “Gali Lubang Tutup Lubang”

Cara agar cepat melunasi hutang berikutnya adalah dengan tidak mengambil hutang lagi dari pihak mana pun selagi Anda belum melunasi hutang-hutang saat ini. Kebiasaan ini dikenal dengan nama “gali lubang tutup lubang” di mana orang menggunakan pinjaman yang diperoleh dari pihak lain untuk melunasi hutang yang ada.

Dengan kata lain, Anda sebaiknya tidak mengajukan pinjaman lagi, baik itu dari bank, pinjaman online, maupun keluarga atau teman. Alih-alih meringankan beban Anda, pinjaman baru tersebut justru akan memperbesar nominal yang harus Anda keluarkan setiap kalinya untuk membayar cicilan.

Memang sulit untuk bertahan hidup terlebih lagi dengan penghasilan pas-pasan. Namun, jika Anda sungguh-sungguh ingin terbebas dari jerat hutang, maka Anda harus menemukan cara untuk memanfaatkan penghasilan Anda sebaik-baiknya.

5. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tahukah Anda? Terlambat membayar cicilan Anda akan berdampak buruk pada progress pelunasan hutang Anda. Di samping harus membayar cicilan dua kali lipat, Anda juga akan dibebani dengan denda yang tentunya tidak sedikit.

Ditambah lagi, semakin sering Anda mengelak dari kewajiban Anda, reputasi Anda akan menurun. Inilah sebabnya mengapa bank atau pinjaman online tidak meloloskan pengajuan pinjaman untuk kedua kalinya.

Jadi, biasakan untuk membayar cicilan Anda tepat waktu atau lebih awal jika memungkinkan. Dengan begitu, secara otomatis Anda dapat mempercepat pelunasan hutang Anda.

Kelima cara cepat melunasi hutang menumpuk di atas akan membantu Anda untuk terbebas dari jerat hutang yang selama ini membelenggu. Walaupun cara-cara di atas tidak lantas menghapus beban Anda secara sekaligus, Anda dapat merasa lega setiap kali melunasi satu-persatu hutang Anda.

Lacak kemajuan Anda dan jangan lupa untuk merayakan kesuksesan Anda begitu semua hutang Anda terpangkas hingga ke akar.