8 Penyebab Rasa Ngantuk Berlebih Pada Pagi Hari

Terdapat beberapa faktor penyebab rasa ngantuk berlebih pada pagi hari, bisa saja menjadi pertanda masalah kesehatan. Ketahui penyebabnya di sini!

8 Penyebab Rasa Ngantuk Berlebih Pada Pagi Hari
Ilustrasi Rasa Kantuk Berlebih pada Pagi Hari (freepik.com)

Saat bangun di pagi hari, seharusnya badan akan terasa segar, rileks, dan siap untuk menjalani aktivitas. Namun, rasa kantuk yang berat masih dirasakan oleh sebagian orang, meskipun jam tidur malam sudah cukup. Apakah hal tersebut wajar? Bisa jadi, rasa kantuk berlebihan yang dirasakan pada pagi hari merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Penyebab Rasa Ngantuk Berlebih

Menderita Penyakit Tertentu

Mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, asma, gagal jantung, anemia, gangguan pencernaan, dan gangguan tiroid dapat menyebabkan masalah tidur pada malam hari.

Kurang Tidur

Durasi tidur malam yang kurang dapat menyebabkan rasa kantuk pada pagi atau siang hari. Sejatinya, setiap individu memiliki durasi tidur yang ideal. Durasi tersebut berbeda-beda tergantung dari usianya. Kebiasaan begadang hanya akan membuat durasi tidur menjadi lebih sedikit sehingga kamu akan lebih mudah merasa lelah pada siang hari.

Gangguan Tidur

Beberapa gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan narkolepsi dapat memengaruhi kualitas tidur malam sehingga kamu akan merasa mengantuk pada siang hari.

Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan rasa ngantuk berlebih pada pagi hari. Contoh obat yang dapat menyebabkan rasa kantuk seperti obat asma, antidepresan, dan obat penyakit tiroid.

Dehidrasi

Dalam buku Herbal Remedies, Phaya Brands mengungkapkan bahwa idealnya di dalam tubuh manusia terdapat 75 persen air. Dengan rutin minum air putih, kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan aliran darah ke otak menjadi menurun dan hal inilah yang menjadi penyebab ngantuk berlebih pada siang hari. Selain itu, dehidrasi juga menurunkan kualitas tidur karena dapat menyebabkan kaki kram, mulut, serta saluran pernapasan menjadi kering.

Konsumsi Kafein

Teh dan kopi termasuk dalam minuman yang mengandung kafein. Minum kafein sebelum tidur hanya akan menghambat zat kimia dalam tubuh yaitu adenosine yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk. Efek kafein dapat dirasakan oleh tubuh sesaat minuman dikonsumsi. Setengah dari kafein bertahan mulai dari tiga sampai lima jam dan sisanya masih berada di dalam tubuh hingga 14 jam. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkafein sebelum jam tidur.

Kekurangan Oksigen

Kekurangan sel darah merah atau anemia bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Karena fungsi utama dari sel darah merah yaitu mendistribusikan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Saat kekurangan oksigen, tubuh akan terasa lesu, letih, dan lelah.

Gaya Hidup yang Buruk

Gaya hidup seperti mengonsumsi makanan dalam porsi banyak atau makanan yang pedas, minuman beralkohol, serta kebiasaan untuk melakukan olahraga yang mendekati jam tidur hanya akan membuat kamu kesulitan untuk tidur. Setelah berolahraga, tubuh akan menjadi lebih segar sehingga kantuk pun hilang. Begitu pun dengan kebiasaan makan makanan pedas atau makan dalam porsi banyak akan mengganggu sistem pencernaan saat tidur. Selain itu, rutinitas memainkan gadget sebelum tidur dan durasi tidur siang yang terlalu lama hanya akan membuat jam tidur kamu menjadi tidak teratur.

Untuk mengatasi rasa kantuk berlebih, kamu harus mengetahui dahulu apa penyebabnya dan mencari solusinya. Jika rasa ngantuk berlebih disebabkan karena terlalu lama menatap gadget sebelum tidur, berarti kamu harus menjauhkan gadget minimal 1 jam sebelum jadwal tidur.

Jadi, itulah 8 penyebab rasa ngantuk berlebih yang dirasakan pada pagi atau siang hari. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kesehatan ke dokter.