8 Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan, setelah mengetahui penyebab serta tingkat kerusakannya dengan pasti.

8 Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan, setelah mengetahui penyebab dan tingkat kerusakannya. Karena, cara penanganannya bisa saja berbeda pada setiap orang, meski memiliki masalah yang sama.

Salah satu caranya, seperti menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, serta mengkonsumsi makanan bernutrisi. Selain itu, bisa juga menggunakan pengobatan medis, hingga mengelola stres dengan baik.

Agar lebih jelas, berikut adalah cara mengatasi ketombe dan rambut rontok secara alami dan juga medis.

1. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan bernutrisi, merupakan salah satu cara mengatasi ketombe dan rambut rontok yang efektif. Sedangkan jenis makanan bernutrisi yang baik untuk merawat kesehatan rambut, diantaranya seperti:

  • Zinc
  • Zat besi
  • Selenium
  • Niacin
  • Vitamin A, D, dan E
  • Asam Amino
  • Biotin
  • Protein

Saat tengah mengkonsumsi semua makanan tersebut, sebaiknya hindari penggunaan suplemen tanpa resep dokter. Karena terkadang, suplemen yang berlebihan bisa memperparah kerontokan rambut.

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Cara mengatasi mengatasi ketombe yang menyebabkan rambut rontok, dapat juga dengan menggunakan shampo. Namun pastikan sebelumnya, shampo memiliki kandungan Selenium dan Zinc yang efektif untuk mengobati ketombe.

Manfaat dari kedua zat tersebut tidak hanya untuk melembabkan, tapi juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala.

 3. Mengoleskan Minyak Esensial

Rajin mengoleskan minyak alami ke kulit kepala, merupakan cara mengatasi ketombe dan rambut rontok secara alami. Meski belum teruji secara ilmiah, namun tidak sedikit orang yang sudah merasakan khasiatnya.

Beberapa minyak esensial yang banyak digunakan, diantaranya seperti peppermint dan rosemary oil. Kedua minyak tersebut dipercaya, dapat memperlambat kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Sebelum mengoleskan minyak esensial ke kulit kepala, campurkan terlebih dahulu dengan minyak pelarut. Contohnya seperti minyak zaitun, virgin coconut oil, dan juga minyak jojoba.

4. Terapi Pijat Kulit Kepala

Ada penelitian yang mengatakan, bahwa cara mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan dengan terapi pijat kulit kepala. Cara ini terbilang efektif, untuk meningkatkan kinerja aliran darah serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, juga bisa membantu memperkuat akar rambut, sehingga tetap tumbuh lebat dan tidak mudah rontok.

5. Dapatkan Asupan Sinar Matahari Yang Cukup

Agar tidak mudah berketombe dan menghindari kerontokan rambut, pastikan kulit kepala selalu mendapat asupan sinar matahari yang cukup. 

Namun sebelum menerapkan nya, pastikan untuk menggunakan tabir surya, agar kulit wajah tidak langsung terkena paparan secara langsung. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

Selain itu, sebaiknya tidak berjemur terlalu lama, dan hindarkan paparan matahari langsung antara pukul 10.00 - 16.00.

6. Gunakan Conditioner Secara Teratur

Menggunakan conditioner secara teratur penting untuk dilakukan, mengingat shampo mengandung asam salisilat yang bersifat mengeringkan. Gunakan conditioner sehabis keramas, agar rambut tetap lembab dan tidak mudah rontok.

Setelah itu, bilas rambut hingga bersih, agar tidak ada residu yang tertinggal di kulit kepala,dan menyebabkan ketombe. Gunakan conditioner hanya di bagian rambut, dan tidak langsung menyentuh kulit kepala.

 7. Hindari Produk Yang Menyebabkan Iritasi

Produk seperti pewarna rambut, umumnya mengandung campuran bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Terutama pada kulit kepala yang terbilang sensitif, bahkan bisa menyebabkan ketombe dan membuat rambut rontok.

Selain itu, terdapat pula beberapa jenis bahan lain, yang dapat memicu kondisi tersebut. Contohnya seperti produk yang mengandung wewangian, pewarna, pemutih, formaldehida, detergen, dll.

Namun jika tidak memiliki kulit kepala yang sensitif, semua zat tersebut tidak menyebabkan iritasi maupun kerusakan rambut.

8. Gunakan Cara Medis

Jika cara alami tidak berhasil dalam menanggulangi ketombe dan rambut rontok, maka tidak ada salahnya mendapatkan bantuan medis. Beberapa cara yang banyak digunakan, contohnya seperti:

  • Transplantasi rambut.
  • Finasteride untuk mengatasi kebotakan.
  • Imunoterapi.
  • Penggunaan obat anti jamur untuk mengobati infeksi jamur penyebab ketombe dan rambut rontok.
  • Minoxidil untuk menghambat kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Steroid untuk mengurangi peradangan.

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok, tidak hanya dapat dilakukan dengan bantuan medis, tapi juga dengan menggunakan bahan alami. Semuanya bisa berhasil, selama melakukannya dengan cara yang benar. Semoga bermanfaat!