7 Pinjaman Modal Usaha Syariah Bebas Riba

Pinjaman modal usaha syariah, merupakan suatu sistem pembiayaan bebas riba yang sedang banyak dicari, karena menawarkan dana sesuai ajaran Islam.

7 Pinjaman Modal Usaha Syariah Bebas Riba
Pinjaman Modal Usaha Syariah Bebas Riba - Photo by iBest

Pinjaman modal usaha syariah, merupakan suatu sistem pembiayaan bebas riba yang sedang banyak dicari. Pasalnya, selain dapat menawarkan pinjaman sesuai dengan ajaran Islam, fintech P2P syariah juga dapat menjadi instrumen investasi.

Perbedaannya dengan pinjaman modal usaha konvensional, syariah mengenakan sistem murabahah dan ijarah sebagai perhitungan keuntungannya. Perbedaan inilah yang menjadi dasar pinjaman syariah bebas riba.

Sistem murabahah sendiri, merupakan akad jual beli antara nasabah dengan bank syariah. Sedangkan sistem ijarah, adalah akad untuk mendapatkan manfaat atas layanan yang digunakan.

Jika tengan mencari pinjaman modal usaha syariah bebas riba, berikut adalah beberapa pilihan yang dapat menjadi rekomendasi.

1. Dana Syariah

Dana Syariah merupakan pinjaman modal usaha syariah, yang menyediakan produk Layanan Pendanaan Syariah  serta Pembiayaan Syariah. Kedua produk syariah tersebut, dapat ditawarkan untuk pribadi maupun pemilik usaha.  

Selain  itu, P2P milik PT Dana Syariah Indonesia ini, juga menyediakan pinjaman syariah untuk properti bisnis. Contohnya seperti ruko, maupun bangunan lain yang akan dijadikan sebagai tempat usaha.

Untuk mendapatkan pinjaman jenis tersebut, pemilik dana syariah akan melakukan survey propertinya terlebih dahulu. Adapun tujuannya, yaitu untuk mendapatkan manfaat serta bagi hasil yang halal serta bebas riba.

2. Investree

Salah satu dari pinjaman modal usaha syariah yang dapat menawarkan sistem bagi hasil hingga 20% adalah Investree. Nilai yang dapat diberikan untuk memfasilitasi pembiayaan, yaitu hingga mencapai 80%, atau hingga Rp. 2 miliar dari setiap nilai invoice.

Selain menawarkan sistem pendanaan secara syariah. Investree juga menawarkan pinjaman, dimana pembiayaan modal usahanya dihitung berdasarkan tagihan berjalan. Dengan kata lain, produknya merupakan pinjaman produktif untuk usaha.

Sedangkan Jangka waktu dari Pembiayaan Syariah tersebut, akan disesuaikan dengan waktu jatuh tempo invoice yang diterbitkan. Atau maksimum selama 6 bulan, yang juga disertai dengan laporan analisa usaha dari team Investree.

3. Alami Sharia

Alami Sharia merupakan aplikasi pinjaman online untuk pinjaman modal usaha yang berbasis syariah dan bebas riba. Khususnya, bagi pelaku usaha UMKM yang membutuhkan dana untuk memulai maupun mengembangkan usaha.

Nilai yang ditawarkan, biasanya antara Rp. 50 juta - Rp. 2 miliar. Namun sebelum melakukan pengajuan, para pengusaha harus mengunduh aplikasinya dulu.

Sedangkan persyaratan yang dibutuhkan, diantaranya seperti perusahaan sudah berbentuk PT untuk UMKM dan CV untuk BUMN. Selain itu, melampirkan buku rekening bank 6 bulan terakhir.

4. Duha Syariah

Duha Syariah juga merupakan aplikasi pinjaman online lain, yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin operasi dari OJK. Fintech P2P ini akan mempertemukan pemilik modal, dengan pihak yang membutuhkan modal atau sebagai peminjam.

Pinjaman tanpa riba ini juga memberikan dua jenis produk lainnya, yaitu berupa Pinjaman Konsumtif dan juga Pinjaman Pembiayaan Religi. Pinjaman yang dapat ditawarkan hingga maksimal Rp. 20 juta, dengan perhitungan timbal balik sekitar 20% per bulannya.

5. Amanna

Ammana adalah pinjaman modal usaha syariah milik PT. Ammana Fintek Syariah, yang  menghubungkan pemilik modal dengan peminjamnya. Sedangkan sistem kerjasama  keduanya adalah murni bagi hasil.

Pinjaman bebas riba ini, hanya dikhususkan untuk pengusaha UMKM yang membutuhkan modal usaha, melalui program pendanaan bersama.

Selain itu, pinjaman yang menggunakan sistem non direct funding ini memiliki aturan khusus untuk para peminjam. Yaitu, pengusaha yang membutuhkan pinjaman, wajib menjadi anggota dari organisasi syariah mikro Ammana.

6. Danako Syariah

Danakoo adalah pinjaman online Peer to Peer yang  sudah terdaftar OJK. Produk pinjaman syariah yang ditawarkan oleh fintech P2P ini, yaitu Pinjaman Multiguna Syariah dan Multijasa Syariah.

Namun selain pinjaman bebas riba, Danako juga memiliki produk yang non syariah. Adapun dana yang dapat disetujui, yaitu sebesar Rp. 1 juta - Rp. 10 juta, dengan tenor 3 - 12 bulan.

7. Papitupi Syariah

Papitupi Syariah merupakan pinjaman online tanpa riba, bagi pengusaha yang sedang membutuhkan modal usaha maupun untuk kebutuhan konsumtif. 

Untuk produknya sendiri, Papitupi Syariah memiliki dua jenis produk pinjaman, yaitu Papifund dan Papiplayfund. Kedua produk tersebut bebas riba, dengan nilai pinjaman hingga Rp. 10 juta.

Demikianlah rekomendasi 7 pinjaman modal usaha syariah bebas riba, bagi pelaku bisnis yang ingin memulai maupun mengembangkan usahanya. Semoga bermanfaat!