7 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Yuk Cari Tahu

Kulit berminyak dapat menimbulkan sejumlah permasalahan. Ketahui penyebab dan cara mengatasinya di sini yuk!

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Yuk Cari Tahu
ilustrasi penyebab dan cara mengatasi kulit berminyak (freepik)

Kulit berminyak adalah salah satu tipe jenis kulit yang dimiliki oleh sebagian orang. Kondisi kulit berminyak tersebut terjadi karena terlalu banyaknya produksi sebum di kulit. Sebum sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat, terhidrasi, dan terlindungi.

Kendati demikian, kelebihan produksi sebum justru dapat berakibat buruk pada kulit. Selain menyebabkan kulit berminyak, hal itu juga mengakibatkan pori-pori tersumbat. Pada akhirnya, kondisi tersebut bisa menjadi penyebab munculnya jerawat dan tampilan wajah tampak lebih kusam.

Oleh karena itu, seseorang berupaya untuk mengatasinya kulitnya agar tidak berminyak. Terkait hal tersebut sebenarnya ada berbagai faktor penyebab kulit berminyak. Ketahui sejumlah faktor tersebut beserta cara mengatasinya melalui ulasan berikut.

Penyebab Kulit Berminyak

Berikut sejumlah penyebab umum kulit berminyak:

 1. Usia

Usia remaja dan dewasa umumnya lebih mudah memiliki kulit berminyak dibandingkan dengan orang yang sudah lanjut usia. Kendati demikian, hal tersebut bukan berarti bahwa orang-orang yang sudah berusia senja terbebas dari kulit berminyak. Tentu ada faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan hal itu tetap terjadi.

 2. Genetika

Turunan dari keluarga menjadi penyebab berikutnya seseorang memiliki tipe kulit berminyak. Artinya, jika ada salah satu orang tua yang tipe kulitnya berminyak, maka besar kemungkinan hal itu pun akan diturunkan kepada anaknya.

 3. Iklim

Kondisi cuaca di sekitar tempat tinggal juga mempengaruhi tipe kulit kita loh. Nah, jika kamu tinggal di suatu daerah yang iklimnya lembab dan panas, maka kulit akan cenderung menghasilkan minyak yang lebih banyak. Hal itu berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di daerah yang iklimnya didominasi oleh musim dingin.

 4. Pori-pori membesar

Pori-pori yang besar akan membuat kulit cenderung memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, orang dengan kulit berminyak umumnya pasti memiliki banyak pori-pori yang besar. Adapun pori-pori itu sendiri muncul disebabkan karena berbagai hal seperti jerawat, penuaan, hingga fluktuasi berat badan.

 5. Keliru dalam merawat kulit

Salah dalam merawat kulit juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Tak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki kulit berminyak cenderung lebih sering mencuci muka dengan harapan minyak di wajahnya dapat terkontrol. Faktanya hal itu berlangsung sementara saja dan kebiasaan mencuci muka terlalu sering justru hanya menyebabkan kulit semakin memproduksi lebih banyak minyak.

 6. Salah dalam memilih produk perawatan

Selain keliru dalam merawat kulit, salah dalam pemilihan produk perawatan juga menjadi penyebab kulit berminyak. Tergiur akan janji manfaat yang diperoleh membuat seseorang biasanya langsung tertarik untuk menggunakan suatu produk tanpa memperhatikan cocok tidaknya produk tersebut dengan kondisi kulit. Terkait hal itu, maka pastikan bahwa kamu memilih produk perawatan yang memang khusus untuk kulit berminyak.

 7. Tidak menggunakan pelembab

Seseorang yang memiliki kulit berminyak sering salah paham bahwa mereka tidak perlu menggunakan pelembab. Padahal produk tersebut tetap penting digunakan. Hanya saja kamu perlu memilih pelembab khusus untuk kulit berminyak yakni yang berbahan dasar air yang ringan.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Setelah mengetahui sejumlah faktor penyebab kulit berminyak, berikutnya yuk cari tahu cara untuk mengatasinya.

- Cuci wajah maksimal dua kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah ringan

- Hindari menyentuh kulit wajah apalagi jika tangan dalam keadaan kotor

 - Bersihkan riasan makeup sebelum tidur

 - Gunakan produk perawatan khusus untuk kulit berminyak

 - Jauhkan rambut dari wajah karena kotoran dan minyak dari rambut dapat membuat kulit berminyak

 - Kurangi konsumsi makanan berminyak

 - Minum air putih yang cukup setiap hari

Itulah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi kulit berminyak. Semoga bermanfaat.