6 Tempat Kuliner Halal di Bali Dengan Sertifikat MUI

Memang tidak mudah mencari tempat kuliner halal di Bali, khususnya yang sudah mengantongi sertifikat MUI. Meskipun ada, namun belum bersertifikasi halal.

6 Tempat Kuliner Halal di Bali Dengan Sertifikat MUI
Tempat Kuliner di Bali Dengan Sertifikat Halal - Photo by Good News From Indonesia

Memang tidak mudah mencari tempat kuliner halal di Bali, khususnya yang sudah mengantongi sertifikat MUI. Meskipun tetap ada tempat makan yang tidak menggunakan bahan dasar daging babi, namun belum bersertifikasi halal. 

Artikel ini dapat menjadi referensi, jika membutuhkan kedai makan otentik Bali yang halal, dan juga sudah terdaftar di MUI. Beberapa menu yang disajikan oleh tempat kuliner ini, bahkan sudah cukup terkenal dikalangan para turis.

Bagi traveller yang tengah berlibur dan mencari tempat kuliner halal di Bali, berikut adalah rekomendasinya.

1. Ayam Betutu Men Tempeh 1978

Ayam Betutu Men Tempeh merupakan tempat kuliner halal di Bali, yang sudah memiliki sertifikat MUI. Resto yang sudah berdiri sejak 1978 ini, juga cukup populer di kalangan para traveller yang sering berkunjung ke Bali. 

Jika tertarik untuk merasakan lezatnya Ayam Betutu, traveller perlu menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Denpasar ke kawasan Gilimanuk. Meski begitu, kelezatan dari hidangan ini akan menghapus kelelahan selepas perjalanan.

Ayam Betutu Men Tempeh 1978

Alamat: Jl. Rajawali, Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali

Jam Buka: 07.00 - 21.30 

No Telp: 0859 5406 8992

2. Rumah Makan Sari Dharma 

Rumah Makan Sari Dharma yang terletak di daerah Kintamani, merupakan tempat kuliner halal di Bali yang wajib dikunjungi. Menu otentik dari daerah ini terbuat dari ikan, atau yang dikenal dengan nama Mujair Nyat - Nyat. 

Sambil menikmati hidangan yang menggugah selera ini, traveller juga bisa berfoto dengan latar keindahan Gunung Batur. Selain itu, rumah makan Sari Dharma sudah memiliki sertifikat MUI untuk setiap menu yang dijual

Rumah Makan Sari Dharma Kintamani

Alamat: Jl. Raya Penelokan, Batur Tengah, Kintamani, Bangli, Bali

Jam Buka: 08.00 - 16.00 

Nomor Telp: 0819 9939 3559

3. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Tempat kuliner halal di Bali berikutnya adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, yang telah berjualan sejak tahun 1963. Ibu Mangku adalah pengusaha yang membuka rumah makan ini, dengan sertifikat MUI.

Meski awalnya wanita ini belum memiliki tempat jualan yang tetap, tapi akhirnya berhasil memiliki tempat di lokasi saat ini. Sebagai sedikit informasi, tempat usaha kuliner ini sekaligus adalah rumah dari sang pemiliknya.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku 

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud, Gianyar, Bali

Jam Buka: 07.00 - 21.00

Nomor Telp: (0361) 974795

4. Nasi Pedas Bu Andika

Bagi traveller yang cukup sering berlibur ke Bali, tentunya sudah tidak asing dengan tempat kuliner halal Nasi pedas Bu Andika. Meski kedai nya menggunakan judul nasi pedas, namun menu yang dijual tidak seluruhnya pedas.

Berbagai jenis hidangan rumahan yang tersedia, diantaranya berupa ayam, sayur lodeh, urapan khas Bali, kulit ayam goreng kering, dll. Harga makanannya cukup bervariasi, tergantung dari jenis lauk yang dipilih.

Nasi Pedas Bu Andika

Alamat: Jl. Blambangan No.55, Kuta, Badung, Bali.

Jam Buka: 24 jam

Nomor Telp: 0813 5301 9123

5. Warung Bebek Tepi Sawah

Warung Bebek Tepi Sawah, merupakan restoran halal dengan sertifikat MUI yang ada di Bali. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner ini khusus menyajikan menu utama dari daging bebek. Harganya mulai dari  Rp. 75 ribuan hingga Rp. 140 ribuan.

Warung Bebek Tepi Sawah

Alamat: Jl. Raya Goa Gajah, Banjar Teges, Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali

Jam Buka: 10.00 - 22.00

Nomor Telp: 0815 58070210

6. Mak Beng Sanur

Sup Kepala Ikan merupakan hidangan otentik Bali, yang sudah cukup terkenal dikalangan para traveller. Dan salah satu tempat kuliner halal di Bali yang menyediakannya adalah Mak Beng Sanur. 

Kepala ikan pada menu khas ini memakai ikan cakalang atau tenggiri. Selain itu, terdapat juga campuran timun rebus di dalam kuahnya, dan dihidangkan dengan nasi panas.

Mak Beng Sanur

Alamat: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar, Bali

Jam Buka: 08.00 - 22.00 

Nomor Telp: (0361) 282633

Demikianlah, sedikit ulasan tentang 6 tempat kuliner halal di Bali dengan sertifikat MUI, yang sudah banyak dikenal oleh banyak traveller. Semoga bermanfaat!