6 Pekerjaan Teknologi Informasi (IT) yang Paling Dicari

Perkembangan teknologi merubah cara atau pola hidup manusia, sehingga menjadi ketergantungan terutama dalam bidang teknologi informasi.

6 Pekerjaan Teknologi Informasi (IT) yang Paling Dicari

Perkembangan teknologi merubah cara atau pola hidup manusia, sehingga menjadi ketergantungan terutama dalam bidang teknologi informasi. Semakin hari, semakin banyak muncul penemuan yang berhubungan dengan teknologi seperti artificial Intelligence (AI), kendaraan listrik, smartphone, dan sebagainya. Begitupun dengan pekerjaan, teknologi hampir masuk ke semua aspek, maka IT akan terus dan selalu berkembang dan saling bersaing.

6 Pekerjaan Teknologi Informasi yang Paling Dicari

Teknologi akan terus mengalami perkembangan, sehingga pekerjaan di bidang ini juga akan membutuhkan para ahli teknologi. Beberapa daftar pekerjaan di bawah ini akan memberikan sedikit atau banyak gambaran tentang pekerjaan di bidang IT yang sering dicari. Berikut ulasannya:

Insinyur Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) Engineer

Pekerjaan di bidang IT pertama yang paling dicari yaitu Artificial Intelligence (AI) atau sering disebut insinyur kecerdasan buatan. Artificial Intelligence (AI) Engineer merujuk kepada bagian dari pengembang yang menerapkan dan mengoperasikan jaringan atau aplikasi. 

Beberapa keterampilan yang dibutuhkan seorang insinyur antara lain:

Insinyur DevOps 

Tugas seorang insinyur DevOps yaitu bertanggung jawab merancang dan memelihara infrastruktur dalam penerapan. Selain itu, insinyur DevOps juga bertugas mengintegrasikan layanan cloud, dari itu proses dapat di otomatisasikan.

Information Security Analyst (ISE)

Analisis keamanan informasi atau sering disebut dengan Information Security Analyst (ISE) adalah sebuah teknologi informasi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Hal ini karena informasi dan komputer digital senantiasa merambah dan menjangkau hampir seluruh dunia bisnis. Selain itu, analisis keamanan informasi juga berfungsi melindungi sistem informasi dari kejahatan dunia maya.

Blockchain Engineer

Menjadi insinyur Blockchain (Blockchain Engineer) harus bisa mengembangkan serta mengimplementasikan arsitektur dan cara menggunakan teknologi blockchain.

Insinyur blockchain mengkhususkan diri dalam mengembangkan dan mengimplementasikan arsitektur menggunakan teknologi blockchain.

Selain itu, seorang insinyur blockchain juga harus terampil memprogramkan crypto coin seperti Ripple, Ethereum, R3, dan Bitcoin. Rata-rata gaji insinyur blockchain adalah sekitar 150.000 dollar AS per tahun. 

Arsitektur perangkat lunak 

Pekerjaan di bidang Teknologi informasi yang sering dicari berikutnya adalah arsitek software (perangkat lunak). Seorang arsitek perangkat lunak atau software harus mampu mengoptimalkan proses pengembangan dengan cara  mendesain serta mendikte standar teknis meliputi platform, alat, dan pengkodean.

Engineer IoT solutions

Engineer IoT solutions merupakan pekerjaan di bidang teknologi yang paling banyak dicari. Peran daripada engineer IoT solutions ini sendiri adalah memimpin dan mengawasi strategi pengembangan solusi IoT. Selain itu, seorang engineer IoT solutions juga harus terampil memahami dan melakukan pemrograman tentang pemahaman sebuah machine learning atau pembelajaran mesin serta desain dan arsitektur hardware. Engineer IoT solutions juga memiliki tanggung jawab memimpin dan beraktivitas dalam membantu mengembangkan ekosistem IoT.

Data Scientist

Dari sekian banyak sektor industri, seorang data scientist yang tanpa meragukan merupakan suatu pekerjaan yang memberikan bayaran tertinggi. Peningkatan permintaan ilmuwan data yang terjadi sejak tahun 2013 adalah sekitar 29% setiap tahunnya hingga tahun 2021 mencapai 344%. 

Seorang data scientist harus memiliki kemampuan memahami algoritma mesin pembelajaran (Machine Learning), membuat model data, kode SAS, Python, R dan analisis yang lainnya. Gaji seorang data scientist sangat variatif tergantung dari perusahaan dalam setiap tahunnya. Namun demikian, pekerjaan yang satu ini memiliki gaji tertinggi mengingat ilmu data merupakan pekerjaan di bidang teknologi informasi yang paling diminati.