5 Media Online yang Menerima Kiriman Cerpen, Ada yang Memberikan Poin dan Honorarium Gede

5 Media Online yang Menerima Kiriman Cerpen, Ada yang Memberikan Poin dan Honorarium Gede

Cerpen merupakan salah satu karya yang memiliki banyak penggemarnya. Karena memiliki banyak peminat, membuat banyak media online mau menerima kiriman cerpen dari para penulis. 

Dilansir dari website kbbi.kata.web.id menjelaskan bahwa cerpen adalah Istilah sastra kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pd suatu ketika). 

Genre dari cerpen sendiri ada bermacam-macam, yang mana berkembang mengikuti perkembangan zaman. Di Indonesia ada beberapa aplikasi yang terkenal dikalangan cerpenis, seperti Wattpad, dan NovelMe. 

Selain keberadaan aplikasi, banyak juga media online yang menyajikan rubrik berupa cerpen. Yang mana umumnya para redaktur media terkait mengunggah karya cerpen setiap minggu, bahkan ada yang setiap hari. 

Mengingat semakin meningkatnya peminat cerpen dari tahun ke tahun, maka dari itu semakin banyak juga penulis cerpen. Dan bagi Anda yang termasuk sebagai salah satunya, bisa mengirim cerpen ke media-media berikut ini. 

1. Sastramedia.com

Sastramedia.com merupakan sebuah media yang diakuisisi oleh Jagat Sastra Milenial (JSM). Media ini memiliki visi sebagai media yang menjadi e-jurnal (jurnal elektronik), sastra terdepan di Indonesia yang mempublikasikan karya yang berkualitas, dan mengapresiasi sastrawan dengan layak sehingga ikut serta memajukan kesusastraan Indonesia. 

Pada halaman kirim naskah website resmi mereka, tertulis apabila sastramedia.com menerima berbagai kiriman tulisan termasuk cerpen. Terdapat ketentuan bagi penulis yang ingin mengirim cerpen ke media ini, seperti kertas harus berukuran A4, dengan format 1,5 spasi, Arial, 12 ppt, dan margin normal. 

Setiap cerpen yang sudah selesai ditulis, bisa dikirim langsung ke email redaksisastramedia@gmail.com. Untuk karya cerpen,  sastramedia.com memberikan honorarium sebesar Rp.100.000.

2. Femina.co.id

Siapa yang tidak tau Femina? Media yang terkenal dengan majalahnya ini sering kali membuka sesi bincang-bincang dengan artis ternama, dan pesohor lainnya. 

Pada halaman website di rubrik community, bagian writer's club media ini tertulis bahwa mereka menerima kiriman cerpen dari para kontributor. 

Tidak ada peraturan khusus yang harus dipenuhi oleh penulis cerpen, yang ingin mengirimkan cerpen ke media yang beroperasi di bawah naungan PT Prana Dinamika Sejahtera ini. Hanya saja jika ingin mengirim karya diharuskan melakukan registrasi di website Femina.co.id terlebih dahulu. 

3. Projectwithus.id

Projectwithus.id merupakan sebuah media yang bertujuan sebagai Wadah bagi generasi muda yang berfokus pada pengembangan diri dan isu-isu yang sedang terjadi. 

Media ini menerima kiriman karya-karya ringan dari para penulis untuk diunggah di website projectwithus.id. Satu diantara beberapa karya yang diterima adalah kiriman cerpen. 

Dalam ketentuan penulisan, tertulis jika projectwithus.id menerima kiriman cerpen dengan tema bebas, selain itu mereka juga tidak memberikan batasan jumlah kata maupun halaman. Jika Anda tertarik, silahkan untuk mengirim cerpen Anda ke email redaksipwu@gmail.com.

Benefitnya jika berhasil lolos proses kurasi, maka cerpen Anda berhak diunggah di website media projectwithus.id, dan Anda berhak mendapatkan 1 poin, atau jika dirupiahkan sama dengan Rp.10.000.

4. Jatimzone.com

Jatimzone.com merupakan sebuah media portal berita yang menyajikan informasi terhangat (aktual) baik yang berhubungan dengan peristiwa politik, bisnis, hukum, sepak bola, hiburan, gaya hidup, otomotif, sains & teknologi maupun yang berhubungan dengan jurnalisme warga. 

Media jatimzone.com menjadi salah satu media yang menerima kiriman cerpen dari penulis manapun. Menurut keterangan resmi website ini, tertulis apabila mereka menerima kiriman cerpen untuk mengisi bagian rubrik nyastra. 

Segmen penayangan karya cerpen akan diunggah setiap seminggu sekali, dan ada ketentuan jika karya cerpen memiliki batas maksimal 1500 kata, dan minimal 600 kata. 

Setiap penulis bisa mengirim cerpen ke email ptmediainsanpers@gmail.com. Jika cerpen lolos tahap peninjauan, maka penulis berhak mendapatkan uang Rp.10.000. per sekali karya yang telah berhasil dimuat. 

5. Inspiringmy.id

Inspiringmy.id merupakan media yang diciptakan oleh santri dari Pondok Modern Darussalam Gontor, yang bernama Faaza Muhammad Athaya. 

Dalam laman website ini, di bagian kirim artikel, tertulis jika selain menerima tulisan Islami, media inspiringmy.id juga menerima kiriman cerpen dengan panjang 900-1200 kata. 

Media yang memiliki motto “Penulis berkarakter adalah dia yang ikhlas dan jujur dalam menuangkan idenya untuk disebarluaskan” ini, mewajibkan setiap kontributor penulis untuk melakukan registrasi akun di website mereka, sebelum melakukan submit tulisan yang ingin dikirim penulis. 

Itulah daftar 5 media online yang menerim kiriman cerpen. Buat Anda, khususnya para pelajar dan cerpenis pemula yang memang suka menulis cerpen silahkan segera mencoba mengirimkan tulisan Anda. 

Sila kunjungi website mereka untuk mengetahui ketentuan, dan keterangan lebih lanjut mengenai setiap aturan yang diberlakukan pada media-media terkait.