5 Media Online Berbayar Yang Menerima Kiriman Puisi, Nomor 2 & 3 Berikan Honorarium Sampai Ratusan Ribu

5 Media Online Berbayar Yang Menerima Kiriman Puisi, Nomor 2 & 3 Berikan Honorarium Sampai Ratusan Ribu

Puisi menjadi salah satu karya sastra yang banyak disegani anak muda, bisa dipastikan sejak dibangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah familiar dengan yang namanya puisi.

Selain menjadi salah satu bahan materi di sekolah, puisi juga sering dijadikan ajang perlombaan. Di lain sisi, puisi juga bisa dijadikan bahan penelitian di jenjang Perguruan Tinggi oleh para akademisi. 

Salah seorang penulis puisi yang terkenal di Indonesia adalah Chairil Anwar, kata-kata dalam puisi yang ditulisnya sangat bermakna, dan dengan mudah bisa meresap ke dalam telinga pendengarnya. Itu kenapa sampai sekarang puisi-puisi ciptaanya tetap laris dilantunkan di panggung-panggung teater, dan dalam acara-acara serupa. 

Tapi, sayangnya ditengah banyaknya orang yang membuat puisi, khususnya dari kalangan mahasiswa, masih banyak dari mereka yang masih bingung akan dibuat apa puisi yang sudah mereka buat. Alih-alih dibukukan atau dikirim ke media, masih banyak dari mereka yang pada akhirnya  hanya "nganggurin"  tulisannya, atau paling-paling hanya mengunggah puisinya di status, atau story media sosial mereka. 

Padahal jika kalian tahu, ada banyak lho media yang menerima kiriman karya puisi, bahkan beberapa diantara mereka mau memberikan honorarium(bayaran) yang lumayan tinggi. Kalau dipikir-pikir lumayan kan, apalagi buat mahasiswa yang mau mencari tambahan uang jajan atau tambahan untuk bayar sewa kos.

Jadi langsung saja, bagi kalian yang punya banyak karya puisi, atau yang sering buat puisi, cus segera kirim puisi kalian ke media-media berikut. 

1. Catatan Pringadi

Catatan pringadi adalah sebuah website yang dimiliki oleh seorang laki-laki bernama Pringadi Abdi Surya, dia merupakan salah seorang yang aktif dalam dunia menulis (puisi, cerpen, novel). Dalam website yang dibuatnya, tertulis jika catatanpringadi.com menerima kiriman puisi dengan ketentuan mengirimkan 3-5 puisi (per sekali mengirim), dengan tema yang tidak ditentukan (bebas).

Mengenai honorarium, tertulis dalam website tersebut apabila penulis akan mendapatkan bayaran berupa pulsa sebesar Rp.25.000. Dengan catatan jika tulisan yang kalian kirim tembus 500 viewers dalam rentang waktu 7 hari, dan berlaku juga kelipatannya. 

2. Berita baru.co 

Beritabaru.co merupakan sebuah media online yang dinaungi oleh PT. Semesta Informedia Indonesia, media ini hadir dengan tujuan untuk meluruskan distorsi informasi, sehingga masyarakat terselamatkan dari serbuan berita bohong dan hoax.

Media beritabaru.co memiliki ketentuan agar mengirimkan minimal 5 judul puisi yang ditulis dengan format Ms. Word dan dengan tema bebas, namun media ini lebih memprioritaskan puisi dengan tema sejarah, eksistensialisme, dan postmodernisme. Honor yang diberikan media beritabaru.co sebesar Rp.150.000.

3.Sastra Media.com

Sastramedia.com merupakan sebuah media yang berorientasi pada karya dan berprioritas pada kualitas, media ini memiliki konsep untuk mendokumentasikan karya sastra lama secara selektif dari sumber cetak yang valid, dan mempublikasikan karya sastra terkini berdasarkan kurasi dan apresiasi yang baik. 

Dalam ketentuan penerimaan karya puisi, sastramedia.com memiliki aturan bahwa maksimal boleh mengirimkan 7 buah judul puisi. Untuk format penulisannya bisa ditulis dalam file Ms. Word, kertas A4, spasi 1,5, Arial, dengan ukuran tulisan 12 ppt. Dalam keterangan website terkait, setiap sajak puisi yang lolos kurasi, maka si pengirim berhak mendapat bayaran Rp.100.000.

4. Kotomono.co 

Kotomono.co merupakan sebuah startup media online yang mewadahi tulisan para penulis berjiwa muda untuk berkarya. Media yang memiliki tagline beropini semampunya & seperlunya ini menerima kiriman puisi dalam rubrik nyastra.

Menurut tulisan dalam website resminya, tertulis apabila setiap tulisan yang berhasil diterbitkan (kecuali rubrik release & kilasan) di kotomono.co  penulis berhak mendapatkan satu poin, yang mana setiap poinnya penulis sama dengan mendapatkan uang RP.15.000. 

5. Kantor Bahasa Provinsi Banten

Kantor Bahasa Provinsi Banten memiliki satu program pembuatan majalah bernama Majalah Sastra Kandaga, majalah ini diterbitkan 3 kali setiap tahun. Dalam informasi di website Kantor Bahasa Provinsi Banten dijelaskan apabila mereka menerima beberapa tulisan, salah satunya berupa puisi.

Bagi siapapun yang berminat dipersilahkan untuk mengirim karya ke email majalah.kandaga@gmail.com. dan bagi para penulis yang karyanya dimuat, berhak untuk mendapatkan honorarium dengan jumlah yang tidak disebutkan. 

Ayo segera hubungi mereka, dan dapatkan manfaatnya, selain karya kalian dimuat di website mereka, kalian juga berhak mendapatkan hadiah utama berupa honorarium dengan jumlah yang sudah ditentukan. 

Oh iya, tapi ingat setiap media memiliki masing-masing aturan ya. Untuk mengantisipasi jika sekiranya terdapat perubahan aturan pada media di atas, atau jika kalian memerlukan informasi lebih, bisa langsung mengunjungi ke laman website media online mereka, dan menghubungi kontak mereka. Selamat mencoba!