5 Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM
Manfaat digital marketing untuk UMKM, dapat dilakukan sendiri dengan modal kecil, bahkan terkadang bisa tanpa biaya sedikitpun.

Manfaat digital marketing untuk UMKM, dapat dilakukan sendiri dengan modal kecil, bahkan terkadang bisa tanpa biaya sedikitpun. Meski begitu, dampak yang dihasilkan bisa sangat besar untuk jangka panjang.
Semakin populernya penggunaan fasilitas digital saat ini, justru akan memberikan dampak yang positif bagi pelaku usaha UMKM. Salah satu contohnya, yaitu dengan memanfaatkan Search Engine Optimization atau SEO untuk kampanye digital.
Pengertian secara sederhananya, yaitu melakukan upaya promosi maupun branding secara online, agar produk tampil di posisi teratas Google.
Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM
Sebagai pelaku usaha UMKM, memanfaatkan media online atau digital untuk pemasaran, merupakan cara promosi dan branding yang efektif. Beberapa diantaranya, akan dijelaskan lebih rinci berikut ini.
1. Hemat Biaya
Cukup banyak manfaat digital marketing bagi pelaku usaha UMKM. Salah satunya, karena menggunakan media digital relatif lebih murah, dibandingkan dengan sistem pemasaran konvensional. Selain itu, metode pemasaran digital dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Anda dapat menggunakan website, email, maupun berbagai platform online lainnya seperti media sosial. Pemasaran produk secara online juga lebih efektif, karena dapat menjangkau pasar yang lebih besar.
2. Sebagai Sarana Interaksi
Manfaat digital marketing untuk UMKM berikutnya adalah sebagai sarana Interaksi dengan konsumen. Cara ini terbilang cukup efektif, karena dapat dilakukan dengan mudah melalui media media sosial maupun website.
Konsumen dapat berinteraksi dengan pengusaha dengan berbagai cara. Namun secara online umumnya melalui platform media sosial, alamat email, fitur chat, dll. Interaksi ini juga menguntungkan bagi pengusaha, karena bisa mendapatkan pasar yang lebih besar.
Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat membaca pasar dengan lebih baik, memberikan respons, hingga memperbaiki, dan memberikan solusi yang tepat. Jika dilakukan secara konsisten, hal ini dapat berdampak positif terhadap bisnis yang sedang dibangun.
3. Melakukan Promosi Secara Mandiri
Para pengusaha UMKM juga dapat melakukan promosi dan pemasaran, melalui berbagai macam teknik digital marketing. Salah satunya dengan memaksimalkan SEO atau Search Engine Optimization, yang dapat membuat produk jual menjadi lebih mudah dicari.
SEO juga dapat membuat produk maupun informasi promosi yang ingin disampaikan, berada di urutan teratas pencarian Google. Teknik ini cukup mudah untuk dipelajari, dan dapat dilakukan secara mandiri.
Cukup dengan banyak membuat konten berkualitas, pengusaha UMKM dapat menarik perhatian target market yang ingin dituju. Baik itu kalangan anak -anak, remaja, maupun dewasa golongan tertentu.
Teknik lainnya, yaitu dengan memanfaatkan program afiliasi, discount, dan berbagai trik lainnya. Membuat promosi secara mandiri, bisa berdampak positif terhadap perusahaan maupun produk yang diperkenalkan.
Apabila memiliki budget lebih, tidak salahnya untuk menggunakan jasa iklan berbayar online yang banyak ditawarkan. Karena umumnya, setiap penyedia jasa memiliki teknik promosi yang lebih banyak pilihannya.
4. Pemasaran Yang Lebih Efektif
Manfaat digital marketing untuk UMKM yang berikut adalah, dapat memberikan hasil analisa pasar dan penjualannya secara real time. Selain itu, penyebaran informasi secara digital juga terbilang lebih cepat dan efektif.
Contoh hasil analisa pasar dan penjualan yang bisa didapat oleh pengusaha, diantaranya seperti jumlah pengunjung, respons iklan, hasil penjualan, dll. Semua hasil laporan tersebut, dapat dilihat langsung secara online.
Dengan semua data tersebut, pengusaha dapat menentukan strategi pemasaran maupun promosi yang dirasa lebih efektif. Tentunya, setelah berbagai penyesuaian, koreksi dan lain sebagainya.
5. Membuka Target Pasar Baru
Membuka dan mendapatkan target pasar baru seluas - luasnya, adalah manfaat digital marketing yang terakhir. Selain itu, juga dapat digunakan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran.
Para pengusaha UMKM bisa menentukan target pasarnya sendiri, berdasarkan geografis, perilaku, hingga karakteristik konsumennya. Pemasaran melalui digital marketing, juga bisa menjangkau pasar lebih luas dengan biaya murah.
Salah satu target dari pasar tersebut adalah pengguna smartphone, karena memiliki tingkat konversi yang cukup tinggi.
Demikianlah 5 manfaat digital marketing untuk UMKM, yang dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa biaya besar. Terlebih lagi, seluruh mekanismenya dapat dilakukan secara mandiri dan lebih efektif. Semoga bermanfaat!