4 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Yang Wajib Anda Sambangi

Ternyata Papua Barat juga memiliki jajaran pesona wisata yang menggiurkan untuk Anda jelajahi. Ini dia 4 tujuan wisata terkenal di Papua Barat di antaranya.

4 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Yang Wajib Anda Sambangi
istock

Indonesia adalah negara yang sangat luas dengan pesonanya yang melimpah. Salah satu yang belum banyak tereksplorasi adalah Papua Barat. Ada banyak tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang patut menjadi destinasi perjalanan Anda berikutnya.

Wisata Papua Barat Paling Ternama di Raja Ampat

Ketika menyebut tujuan wisata terkenal di Papua Barat, rasanya memang Raja Ampat tidak bisa luput dalam daftar. Namanya sudah mendunia berkat pesona landmarknya yang mirip negeri antah berantah.

Berlokasi sekitar 3 jam perjalanan kapal cepat dari Sorong. Memasuki kawasan ini Anda akan disambut gugusan kepulauan dengan jajaran bukit karang yang seolah mencuat dari dalam lautan yang biru kehijauan.

Di sini terdapat 4 pulau utama yang bisa Anda jelajahi. Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Setiap kawasan memiliki deretan goa karang dan taman laut yang menjadi salah satu dari jajaran taman laut terindah di dunia.

Danau Framu Ayamaru di Pedalaman Papua Barat

Danau Framu merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang tidak kalah memikat. Berada di tengah pedalaman lengkap dengan hutan hujan tropis dari kawasan tengah Papua Barat.

Untuk mencapai lokasi Anda perlu menempuh perjalan darat selama 4 jam dari kota Sorong. Perjalanan sedikit menantang karena memasuki jalur kendaraan di tengah pedalaman hutan.

Namun begitu berhadapan dengan danau Framu, perjalanan Anda terasa tak percuma. Pesona danau dengan permukaan air yang tampak seperti cermin, berbingkai lebatnya pepohonan pinus dan udara yang sejuk.

Anda bisa mencoba berenang di tepiannya, mencoba menjelajahinya lebih jauh dengan sampan yang disewakan atau menikmati tepian danau yang terasa syahdu. Semua pilihan bisa Anda coba.

Desa Sawinggrai desa wisata terkenal di Papua Barat

Sebenarnya desa wisata ini masih satu wilayah dengan Raja Ampat. Tepatnya berlokasi di Distrik Meos Mansa, Raja Ampat, Papua Barat.

Lokasi ini terkenal dengan pemukiman penduduk yang masih sarat dengan gaya hidup tradisional khas penduduk pesisir Papua. Di sini juga dapat Anda jumpai pertunjukan cendrawasih menari yang melegenda.

Mereka juga menyuguhkan sejumlah tarian tradisional dan beragam penganan khas Papua pesisir untuk tamu-tamu yang datang. Menjadi alternatif untuk Anda yang ingin suasana lain dari sekedar pesona alam dari Raja Ampat.

Situs Purbakala Tapurarang di Semenanjung Fak-fak

Berlokasi di kabupaten Fak-fak Papua Barat, situs ini terkenal dengan goa yang memiliki banyak sisa sisa peninggalan era prasejarah. Termasuk pula lukisan berwarna kemerahan yang menoreh indah di dinding goa.

Anda bisa melihat sejumlah lukisan prasejarah yang masih bisa bertahan utuh hingga kini. Beragam bentuk terlihat mulai dari aneka hewan, mata, telapak tangan, bumerang, manusia dan beberapa gambar flora.

Banyak yang mengira lukisan ini terbuat dari darah, tetapi sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna yang mereka gunakan adalah sari dari jenis tanaman yang banyak tumbuh di kawasan tersebut.

Lokasinya hanya sekitar 2 jam dari kota Fak-fak. Jadi tidak sulit untuk Anda tempuh. Setiba di kawasan Kokas, Anda harus menempuh perjalanan laut sekitar 1 jam untuk mencapai pulau dimana situs ini berada.

Itu sebagian tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang sayang untuk Anda lewatkan. Menjelajahi pesona Indonesia memang tidak ada habisnya. Atur waktu liburan Anda kali ini untuk menikmati keseruan wisata menuju sisi timur Indonesia. Ada jajaran surga yang siap menyambut Anda.