4 Media Online Yang Menerima Artikel Tentang Drama & Artis Korea, Kpopers Wajib Tahu!

4 Media Online Yang Menerima Artikel Tentang Drama & Artis Korea, Kpopers Wajib Tahu!

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna aktif internet terbesar di dunia. Dengan banyaknya pengguna internet, tentu membantu informasi & kebudayaan luar tersebar dengan mudah di Indonesia. Contohnya Korea yang sangat terkenal dengan Drama Korea (Drakor) dan para artis mereka.

Bukan hanya kalangan masyarakat biasa, di Indonesia topik soal Korea seolah tidak ada habisnya. Bahkan banyak artis di Indonesia sendiri yang juga menggilai Drakor, makanan Korea, artis Korea, budaya Korea dan semua hal berbau Korea.

Sampai-sampai Twitter pernah membuat sebuah riset, dan menurut laporan resmi dari #KpopTwitter tahun 2020, menyebut jika Indonesia sebagai negara teratas yang paling banyak melakukan cuitan tentang Kpop. Di susul negara ASEAN lain seperti Phillipina dan Thailand.

Dengan besarnya peminat Drakor, tak heran jika para artis-artis korea sering datang ke Indonesia. Dua diantaranya seperti Lee Min Ho, dan Cha Eun Woo.

Kedatangan dua bintang Drakor itu menjadi secuil bukti, jika Indonesia sangat cocok dijuluki sebagi surganya bagi para Kpopers (penggemar budaya pop Korea). Hampir fanbase Drakor, fanbase couple, fanbase solois, sampai fanbase grub idol Korea semua tersebar luas di Indonesia.

Dari banyaknya jumlah penggemar drama dan artis Korea yang semakin membludak, membuat banyak perusahaan, brand, TV sampai media berbondong-bondong update & menjalin kerja sama dengan artis-artis Korea.

Media daring semacam website juga tidak mau ketinggalan. Mereka menjadi salah satu media terdepan yang banyak memberitakan soal Korea.

Bahkan beberapa di antara media online tersebut juga membuka peluang bagi para Kpopers untuk mengirimkan karya tulisan mereka mengenai semua hal berbau Korea, khususnya soal Drakor dan artis Korea.

1. Kotomono.co

Kotomono merupakan salah satu media anyar di Indonesia, bisa dikatakan jika Kotomono sebagai start up media digital yang fokusnya sebagai wadah bagi semua penulis yang memiliki semangat muda untuk berkarya.

Dalam halaman kirim tulisan, media Kotomono menuliskan jika mereka menerima beberapa kiriman karya, salah satunya dalam rubrik K-popers.

Rubrik K-popers membahas mengenai semua hal tentang dunia Idol, k-pop, drakor, beserta gosip-gosipnya yang akan disampaikan secara santuy kepada pembaca. Dan sesuai namanya rubrik ini dibuat khusus bagi kalian yang merupakan peminat dunia Korea.

Jika Anda tertarik, silahkan untuk melakukan registrasi pada link bit.ly/kotomonomenulis, dan submit tulisan di website resmi Kotomono.

2. Campusnesia.co.id

Campusnesia adalah media daring yang berbasis di Tembalang Semarang, media ini memiliki fokus pada konten berbau pendidikan dan hiburan. Yang mana target pembacanya adalah kalangan mahasiswa, pelajar dan akademisi (pengajar).

Sebagai media start up, Campusnesia juga turut memberikan ruang bagi para pembaca yang mau menyumbangkan karya tulis mereka. Satu diantaranya dalam rubrik hiburan.

Sesuai namanya tujuan dari adanya keberadaan rubrik ini sebagai salah satu sesi yang mampu memberikan hiburan, di samping keberadaan rubrik-rubrik lain yang terkesan "serius". Artikel yang diterima dalam rubrik hiburan seperti tentang review buku, film, Drakor, dan sebagainya.

Terdapat ketentuan dalam menulias artikel di sini, di mana setiap penulis harus menyertakan biodata penulis, dan foto dalam setiap artikel yang ingin penulis kirimkan. Dan artikel itu harus dikirim ke email yang bernama Campusnesia@gmail.com disertai dengan subjek yang telah ditentukan.

3. Kpopchart.net 

K-popchart adalah sebuah media asal Indonesia yang fokus membahas mengenai Korea. Media ini didirikan tahun 2012, dan berdiri di bawah naungan PT Ultima Digital Indonesia.

Sesuai dengan misi mereka sebagai media yang menjembatani hubungan antara Indonesia dan Korea, dengan menyajikan konten-konten dari Korea Selatan ke audiens Indonesia, dan sebaliknya dengan menyajikan konten-konten dari Indonesia kepada audiens Korea Selatan.

Maka dari itu media K-popchart juga memberikan kesempatan bagi para penikmat Korea diseluruh Indonesia untuk mengirimkan karya tulisan mereka ke media ini. 

Bagi Anda yang tertarik mengimkan artikel, bisa melakukan registrasi, dan bisa mensubmit artikel di website K-popchart. Ingat, dalam satu hari setiap penulis hanya berhak menulis 1 tulisan, meskipun begitu media ini memberi kemudahan  dengan memperbolehkan menulis artikel dengan gaya tulisan yang semi formal.

4. Mojok.co

Mojok merupakan salah satu media keren dan digandrungi anak muda. Banyak tulisan dari penulis mereka yang booming, dan direpost oleh berbagai public figure, maupun para penikmat literasi.

Media yang berbasis di Yogyakarta ini mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih.

Sampai sekarang sudah tidak terhitung berapa banyak penulis yang telah mengirimkan tulisan ke media ini. Dan tulisan tentang Korea menjadi salah satu yang paling banyak diunggah.

Banyak dari penulis yang suka melakukan review tentang Drakor yang sudah mereka lihat, dua contohnya tentang Drakor Under the Queen's Umbrella dan If You Wish Upon Me.

Tulisan tentang Korea umumnya termasuk dalam rubrik hiburan, dan Anda bisa menulis di media Mojok setelah melakukan registrasi di website ini.

Ternyata, ada banyak media yang mau menerima tulisan tentang drama & artis Korea. Bagi kalian penikmat drakor, maupun penikmat para artis-artis Korea, buruan kirim karya kalian ke media-media di atas.

Selain bisa dapat uang, siapa tau karya kalian jadi viral. Untuk informasinya sila kunjungi semua website di atas, dan segera kirim tulisan Anda!