3 Jenis Bahan Sepatu yang Perlu Kamu Ketahui serta Cara merawatnya

3 jenis bahan sepatu

Sepatu merupakan salah satu benda penting yang menjadi pelengkap keseharian seseorang. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya memiliki hobi untuk mengkoleksi sepatu. Terdapat beberapa variasi bahan yang digunakan untuk membuat sepatu. Berikut ini akan dibahas sedikit mengenai 3 jenis bahan sepatu dan bagaimana cara merawatnya. Berikut Ulasannya!

3 Jenis Bahan Sepatu

Berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat sepatu, diantaranya adalah suede, denim, dan Canvas.

Jenis Bahan Sepatu Suede

satu dari 3 jenis bahan sepatu yang akan kita bahas adalah bahan Suede. Bahan suede merupakan bahan sepatu yang sudah sering kita jumpai dan menjadi semakin populer karena tampilannya yang terlihan begitu menarik dan elegan.

Bahan Suede memang banyak disukai sekaligus dihindari karena sifatnya yang cukup sulit dibersihkan dan tidak bisa terkena air. Bisa dikatakan bahwa cara perawatannya cukup sulit. Jika salah dalam membersihkan dan menyimpan, kemungkinan besar sepatu berbahan suede akan cepat rusak.

Untuk membersihkan sepatu berbahan Suede ini, anda tidak perlu mencucinya. Anda juga perlu membeli sikat khusus suede agar lebih mudah dalam membersihkan sepatu. Untuk membersihkan kotoran pada sepatu, anda hanya perlu menyikatnya perlahan berulang kali hingga kotoran tersebut hilang.

Dan untuk noda yang membandel, anda bisa menggunakan stain remover khusus untuk Suede, sehingga sepatu anda lebih terjaga. Dan ingat untuk tidak mencucinya, karena air akan dengan mudah merusak sepatu berbahan suede anda.

Bahan Denim

Bahan sepatu lain yang sudah tidak asing dan menjadi favorit adalah bahan denim. Berbeda dengan bahan suede, bahan denim lebih sering digunakan pada sepatu sneakers. Bahannya yang lebih kuat menjadikan sepatu ini lebih mudah dirawat ketimbang bahan suede.

Anda tentu sering melihat sepatu ini dengan berbagai macam sneaker. Selain mudah dirawat, sepatu berbahan Denim juga lebih nyaman untuk digunakan dalam keadaan dan cuaca apapun. Anda juga bisa mencucinya ketika dirasa sepatu anda sudah terlalu tidak nyaman karena terasa kotor.

Namun, terlalu sering mencucinya juga bukan merupakan hal yang disarankan. Anda bisa membersihkannya dengan sedikit air dan sabun kemudian dijemur. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada bagian dalam sepatu, anda bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan deterjen dan air, maka bau tersebut akan hilang.

Bahan Canvas

Selanjutnya, bahan lain yang juga banyak disukai untuk sepatu adalah bahan Canvas. Bahan canvas memiliki sifat dan karakter yang mirip dengan bahan Denim. Perbedaannya adalah ada pada warna. Bahan Denim biasanya memiliki warna abu – abu atau biru jeans, sedangkan bahan canvas memiliki warna yang lebih banyak seperti warna pastel atau warna cerah lainnya.

untuk membersihkannya juga cukup mudah.Sama seperti sepatu berbahan denim, anda bisa dengan mudah mencucinya ketika sepatu anda kotor atau terkena noda. Anda bisa mencucinya dengan deterjen dan air hangat.

Untuk membersihkannya, gunakan sikat halus dan gosok secara perlahan agar bahan canvas tidak rusak. Setelah dicuci, anda perlu menjemurnya ditempat yang tepat. Meskipun anda ingin sepatu anda cepat kering, tidak disarankan untuk menjemurnya ditempat yang terlalu panas karena hal itu bisa menyebabkan warna dari sepatu anda pudar.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai 3 jenis bahan sepatu yang paling umum digunakan yaitu suede, denim dan canvas. Masih ada bahan lain yang biasa digunakan seperti kulit sintetis dan kulit asli. Untuk merawat sepatu tentu perlu di perhatikan jenis dari bahan sepatu tersebut, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *