3 hikmah di balik perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

3 Hikmah di Balik Perintah Berbuat Baik kepada Kedua Orang Tua

sejumlah anggota pramuka memeluk ibunya usai membasuh 161221184938 996
Berbuat baik kepad kedua orang tua kewajiban setiap anak

REPUBLIKA.CO.ID, —Seorang anak meski telah menikah hendaknya harus berbuat baik kepada kedua orang tuanya, baik itu anak laki-laki maupun perempuan. Kewajiban berbuat baik tersebut ditegaskan dalam Alquran.   

Ulama asal Institut Islam Toronto Kanada, Syekh Ahmad Kutty, sebagamana dilansir askthescholar.com, menjelaskan beberapa dalil tentang berbuat baik kepada orang tua di antaranya yaitu sebagai berikut: 

Pertama, menghormati orang tua dan berbuat baik kepada mereka adalah salah satu perintah Islam. Dalam surat Al Isra ayat 23, Allah ﷻ berfirman: 

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” 

Kedua, hak orang tua atas anak-anak tidak dapat dicabut atau dikurangi dengan cara apa pun bahkan jika mereka bukan muslim sekalipun. Dalam surat Luqman ayat 15 disebutkan sebagai berikut: 

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beri tahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. 

Ketiga, karena memperlakukan orang tua dengan penuh kebaikan adalah salah satu kewajiban utama dalam Islam, siapa pun yang mengabaikan kewajiban penting ini menimbulkan dosa besar.  

Imam Bukhari dan Imam Muslim serta sejumlah perawi hadits lainnya mengabarkan hadits dari Abu Bakar. Dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: 

ألا أنبئكم بأكبر الكبائر ثلاثا ؟ قلنا بلى يا رسول الله قال الإشراك بالله وعقوق الوالدين ، وكان متكئا فجلس فقال : ألا وقول الزور وشهادة الزور ، فما زال يكررها حتى قلنا ليته سكت

‘Maukah aku ceritakan kepada kalian dosa besar yang paling besar, yaitu tiga perkara? Kami menjawab, Ya, Rasulullah. Rasulullah berkata: Menyekutukan Allah, dan mendurhakai dua orang tua. Rasulullah sedang bersandar lalu duduk, maka berkata Rasulullah: Tidak mengatakan kebohongan dan kesaksian palsu. Beliau terus mengulainya sampai kami berkata semoga beliau berhenti.”

Sumber: askthescholar       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email
Line
Messenger
Telegram
WhatsApp
Messenger
WhatsApp
Line
Email
Telegram