10 Cara Menambah Nafsu Makan Agar Berat Badan Kembali Ideal

Penurunan berat badan termasuk salah satu dampak dari hilangnya nafsu makan. Dengan cara menambah nafsu makan ini, berat badanmu akan menjadi stabil kembali.

10 Cara Menambah Nafsu Makan Agar Berat Badan Kembali Ideal
Ilustrasi Nafsu Makan yang Hilang (unsplash.com)

Nafsu makan yang menurun dapat berakibat pada rendahnya berat badan. Hilangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh stres, opsi makanan yang ada tidak bervariasi, atau karena efek samping obat-obatan. Apabila hal ini dibiarkan, maka tubuh akan kekurangan nutrisi dan berat badan pun jauh dari kata ideal. Untuk mengatasinya, terdapat cara menambah nafsu makan yang sudah dirangkum di bawah ini!

10 Cara Menambah Nafsu Makan

Sebelum keadaan tubuh semakin mengkhawatirkan, nafsu makan yang menurun harus segera diatasi agar tidak mengalami gangguan kesehatan. Berikut merupakan cara menambah nafsu makan!

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Berserat

Makanan yang kaya akan serat sangatlah bagus dan baik untuk tubuh, seperti buah, gandum, dan sayuran. Namun, makanan berserat akan lebih lama untuk dicerna sehingga akan menimbulkan efek kenyang. Untuk menambah nafsu makan, sebaiknya jumlah makanan tinggi serat yang dikonsumsi harus dibatasi.

  1. Rutin Olahraga Ringan

Dengan berolahraga, rasa lapar akan timbul dan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik. Cukup dengan melakukan olahraga ringan 1 jam sebelum waktu makan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, hingga berenang. Selain itu, olahraga juga membuat kalori dalam tubuh terbakar dan membuat suasana hati menjadi senang.

  1. Konsumsi Vitamin

Nafsu makan yang menurun juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi suplemen makanan atau penambah nafsu makan seperti multivitamin, zinc, dan minyak ikan. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin.

  1. Hindari Hal yang Membuat Diri Terdistraksi

Saat waktu makan tiba, fokus pada kegiatan makan dan cobalah untuk menikmati makanan. Hindari melakukan kegiatan lain misal memasak, bekerja, hingga bermain gadget.

  1. Biasakan untuk Sarapan

Waktu sarapan jangan sampai terlewat! Dengan begitu, kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Membiasakan sarapan juga akan membantu proses pembakaran kalori sehingga nafsu makan akan bertambah.

  1. Makan dengan Porsi Kecil

Makanlah dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering. Kamu bisa memulainya dengan membagi tiga kali makan besar menjadi 6 hingga 7 porsi kecil dalam satu hari. Dengan cara menambah nafsu makan seperti ini, kebutuhan kalori akan tetap terpenuhi.

  1. Hindari Minum Air Putih Berlebihan

Minum air putih memang bagus untuk menghidrasi tubuh jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Minum air putih yang terlalu banyak sebelum waktu makan hanya akan menimbulkan efek kenyang dan pada akhirnya nafsu makan pun berkurang. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi air putih 30 menit sebelum waktu makan.

  1. Makan Pada Jam yang Sama

Coba untuk menentukan jadwal makan mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam agar lebih teratur. Dengan begitu, nafsu makan akan lebih stabil.

  1. Sediakan Makanan Favorit

Simpan stok bahan makanan yang menjadi favoritmu untuk diolah dengan berbagai resep. Cara ini juga cukup ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kadar gizi seimbang, batasi konsumsi gula dan makanan instan.

  1. Memilih Camilan Sehat

Camilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah dapat menambah nafsu makan. Kamu juga bisa menambahkan susu dalam daftar camilan sehatmu yang bisa dikonsumsi menjelang tidur.

Demikian 10 cara menambah nafsu makan yang dapat kamu coba di rumah. Jika nafsu makan tak kunjung kembali normal, silakan berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apa penyebab dan cara mengatasinya.